Mohon tunggu...
Marlistya Citraningrum
Marlistya Citraningrum Mohon Tunggu... Lainnya - Pekerja Millennial

Biasa disapa Citra. Foto dan tulisannya emang agak serius sih ya. Semua foto yang digunakan adalah koleksi pribadi, kecuali bila disebutkan sumbernya. Akun Twitter dan Instagramnya di @mcitraningrum. Kontak: m.citraningrum@gmail.com.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Mengenal IELTS (Writing)

25 Juni 2011   08:19 Diperbarui: 26 Juni 2015   04:11 2070
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_118752" align="aligncenter" width="640" caption="Ilustrasi/Admin (Shutterstock)"][/caption]

Catatan: Ini adalah tulisan bagian kedua. Bagian pertamanya bisa dibaca disini:

http://edukasi.kompasiana.com/2011/06/23/mengenal-ielts-reading-dan-listening/

Setelah Listening dan Reading section, tes IELTS berikutnya adalah Writing. Secara umum, Writing section dalam IELTS dibagi menjadi dua: deskripsi dan opini.

1. Deskripsi

Di soal pertama ini kita diminta untuk menjelaskan/mendeskripsikan suatu tabel/grafik/gambar. Berikut contohnya:

Tips: mulailah dengan kalimat yang menjelaskan grafik tersebut mengenai apa. Dalam kasus ini misalnya: The graph shows global water use by sector during the last a century; while the table depicts water consumption in Brazil and Congo in the year 2000.

Karena di soal ini kita HANYA diminta untuk menjelaskan/mendeskripsikan grafik, maka tuliskanlah informasi apa saya yang bisa kita dapatkan dari grafik tersebut, jangan menambah dengan alasan, opini, atau pemikiran pribadi mengapa data yang disajikan bisa seperti yang diberikan. Examiner yang mengoreksi jawaban kita akan mengurangi nilai jika kita menambahkan sesuatu yang tidak perlu. Cukup tuliskan apakah ada kenaikan, penurunan, atau perbandingan antar grafik. Misalnya, the graph tells us that the largest water consumption is for agricultural use for the last a hundred years. It keeps raising as the year goes by, while water for industrial and domestic use generally minimum until in 1950s, when the uses steadily increase with time.

Hindari menyebutkan mengapa sektor agrikultur membutuhkan lebih banyak konsumsi air dibanding dengan yang lain. Jika kita berkesempatan mengikuti IELTS orientation, kita akan diajarkan untuk menggunakan adverbs (kata keterangan) untuk mendeskripsikan tingkat perubahan suatu data, misalnya dramatically, slowly, sharply, sehingga kita bisa menulis dengan lebih akurat dan sekaligus tidak monoton. Dan perhatikan mengenai penggunaan negative adverb, banyak yang sering ‘kepleset’ di sini. Sesuai dengan namanya, negative adverb mengindikasikan bahwa adverb tersebut pada dasarnya sudah bersifat negatif, sehingga tidak perlu ditambahkan dengan negative indication lain seperti ‘not’. Misalnya, the increase in water consumption of industrial and domestic use are not barely different till 1940s, seharusnya the increase in water consumption of industrial and domestic use are barely different till 1940s (karena barely sendiri sudah bersifat negatif).

Tips ketiga, gunakanlah kata yang berbeda untuk mendeskripsikan perubahan yang sama. Kalimat water consumption for agriculture purpose keeps rising for the past a century, while industrial and domestic use of water only show a steep increase after 1950s akan menunjukkan kemampuan kita menulis dalam bahasa Inggris dan penguasaan pada kosa kata bahasa Inggris yang lebih baik dibandingkan dengan the consumption on agriculture rises over the years, and the domestic use also rises.

2. Opini

Jika di soal pertama kita diminta untuk mendeskripsikan sesuatu, di bagian kedua kita justru diharapkan untuk memberikan opini. Meski begitu, ketika kita tidak diarahkan untuk menunjukkan seberapa kita setuju atau tidak setuju terhadap sesuatu, maka sebaiknya kita menulis dengan berimbang, menjelaskan mengenai satu sisi, dan kemudian meng-cover sisi yang lain. Jika kita diarahkan untuk lebih setuju ke satu sisi, tulislah demikian. Jadi, bacalah direction yang tertulis dengan seksama.

Soal di bawah adalah contoh dimana kita diminta untuk menulis secara berimbang.

Tulislah dahulu mengenai topik atau big picture mengenai apa yang akan kita jabarkan. Setelah itu mulailah menjelaskan mengapa ada orang yang terlalu nyaman berada di kehidupan yang monoton, dan juga sebaliknya, mengapa ada orang yang selalu mencari perubahan. Misalnya:

An anonymous quote say, the only certain thing in this world is uncertainty. It is true that the world keeps changing, technologies stays developing, problems faced by people also in some extent are different from time to time. In accordance to those changes, people may give different responses. There are those who consider changes as somewhat painful, forcedly drive people to get out their comfort zone……. (dan selanjutnya).

Satu tips saja: menggunakan ‘fancy vocabulary’ itu sah-sah saja, asalkan kita benar-benar mengerti penggunaannya. Jika kita ingin mendapatkan band score tinggi dengan menyelipkan ‘fancy vocabulary’ di sana sini tanpa mengerti maksudnya, percuma.

Dan selalu perhatikan berapa jumlah kata yang diminta.

Oke, Speaking test next time yaaaa ^__^

-Citra

P.S. Soal/gambar diambil dari: http://www.ielts-exam.net/IELTS-Writing-Samples/IELTS_Sample_Writing_Academic_Task_1_1.pdf http://www.ielts-exam.net/IELTS-Writing-Samples/IELTS_Sample_Writing_Academic_Task_2_2.pdf

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun