Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Sudah Pensiun Sebagai Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Multi Manfaat Penerapan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran Berdiferensiasi

12 Mei 2023   10:09 Diperbarui: 12 Mei 2023   10:10 1338
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi langkah mendiferensi kemampuan siswa memberikan jawaban dalam pembelajaran. Dokpri

Metode tanya jawab bagi guru sudah sangat akrab. Walaupun sudah akrab, namun jangan lupa memahami pernak dan perniknya agar dalam implementasinya bisa memperoleh hasil yang maksimal, secara khusus dalam pembelajaran berdiferensiasi.

Pada tataran praktik, metode ini dapat digunakan oleh guru untuk mengembangkan dimensi pengetahuan baik yang faktual, konsepsual, prosedural bahkan metakognitif.  Dengan demikian penerapan metode tanya jawab dalam pembelajaran dapat menggali potensi berpikir siswa secara maksimal, apabila penerapannya dapat dilakukan secara maksimal juga.

Selanjutnya, apakah metode tanya jawab bisa mewujudkan pembelajaran berfokus pada materi yang esensial dan fleksibel sesuai dengan minat, bakat, dan kebutuhan dari masing-masing karakteristik siswa yang menjadi konsep merdeka belajar? Jawabnya bisa. Sebab sisi positip metode tanya jawab relevan dalam mewujudkan praktik pembelajaran yang sesuai dengan konsep tersebut. Oleh sebab itu perlu kiranya guru mereview tentang pernak-pernik yang terkait dengan metode tanya jawab.

Langkah-langkah Penerapan  Metode Tanya Jawab dalam Pembelajaran

Sub ini  akan mengulas tiga hal yaitu tahap pra pembelajaran, tahap pelaksanaan metode tanya jawab, dan multi manfaat metode tanya jawab bagi siswa. Tahap pra pembelajaran antara lain mengulas: pengertian, kelebihan, memahami teknik bertanya yang baik, langkah teoritis menerapkan metode tanya jawab. Tahap kedua, mengulas pelaksanaan pembelajaran yaitu menerapkan metode tanya jawab dalam pembelajaran berdiferensiasi. Tahap ketiga, membahas multimanfaat penerapan metode tanya jawab.

A. Pra pembelajaran 

Sebelum menerapkan metode tanya jawab perlu kiranya guru memahami tentang hal-hal yang berkaitan dengan metode tanya jawab. Langkah ini bertujuan agar guru dapat memperoleh pengetahuan tentang konsep, langkah maupun aspek-aspek yang berkaitan dengan metode tanya jawab secara utuh. Seperti halnya metode lainnya, tanya jawab juga membutuhkan pengetahuan yang utuh agar dalam penerapannya dalam dapat berjalan secara maksimal.

1. Memahami Pengertian Metode Tanya Jawab

Sebelum guru menerapkan metode tanya jawab, ada baiknya terlebih dahulu memahami konsep atau pengertian metode tanya jawab. Hal ini agar guru bisa memahami tentang ciri utama atau karakteristik metode tersebut. Sehingga tidak terjadi overlapping dengan penerapan metode yang lain.

N. Ardi Setyanto (2017) menyatakan bahwa metode tanya jawab diartikan sebagai cara mengajar yang memungkinkan terjadinya interaksi dua arah (twoway traffic) secara langsung antara guru dengan murid. Pendapat ini menekankan tanya jawab adalah cara yang digunakan guru mencapai tujuan pembelajaran dengan membangun interaksi dua arah (guru dan siswa).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun