Mohon tunggu...
cipto lelono
cipto lelono Mohon Tunggu... Guru - Sudah Pensiun Sebagai Guru

Menulis sebaiknya menjadi hobi

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Pembelajaran Daring, Bagaimana Guru Tetap Bisa Melakukan Penilaian Sikap yang Transparan dan Akuntabel?

17 Juli 2021   07:19 Diperbarui: 22 Juli 2021   19:08 3420
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi anak sedang mengikuti pembelajaran daring. Sumber: SHUTTERSTOCK/Travelpixs via Kompas.com

Penilaian sikap itu bersifat kategoris. Penilaian sikap mempunyai aspek yang kompleks. Maka memerlukan langkah-langkah dan instrumen yang dapat dijadikan pegangan dalam memberikan nilai sikap terhadap peserta didik. Semua itu dilakukan agar guru dalam memberikan nilai sikap pada peserta didik tidak jauh dari kondisi riilnya.

Mengingat penilaian sikap merupakan bagian integral dalam proses penilaian yang harus dilakukan oleh guru, maka dalam kondisi apapun guru dituntut memberikan penilaian. Secara khusus dalam pembelajaran daring, guru juga dituntut melakukan peilaian sikap, di tengah problematika yang dihadapi dalam pembelajaran daring.

Maka pembelajaran daring tidak hanya menuntut guru cerdas dalam melakukan rekayasa kurikulum, namun guru dituntut cerdas melakukan cara memberikan nilai kepada peserta didik, khususnya nilai sikap. Sebab pemberian nilai sikap guru kepada peserta didik, merupakan pengakuan guru terhadap sikap/perilaku peserta didik selama mengikuti pembelajaran.

Lalu, langkah apa saja yang perlu dilakukan agar tetap bisa melakukan penilaian sikap di tengah banyaknya masalah dalam pembelajaran daring yang terus dihadapi guru? Secara teoritis dapat dilakukan sebagai berikut:

1. Pahami konsep penilaian sikap

Penilaian sikap mengacu pada dua sikap:

  • Sikap spiritual mengacu pada Kompetensi Inti-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
  • Sikap sosial mengacu pada Kompetensi Inti-2: menghargai dan menghayatiperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

 Secara teknis-proseduran penilaian sikap dilakukan bersamaan dengan kegiatan pembelajaran yang dirancang dari KD yang          berasal dari KI-3 dan KI-4 yang berpasangan.

sumber: infobanknews.com
sumber: infobanknews.com

2. Pahami instrumen-instrumen penilaian sikap dan fungsinya

Memahami aneka instrumen penilaian sikap sangat dibutuhkan oleh guru. Sebab instrumen tersebut akan membantu guru dalam melakukan penilaian sikap. Termasuk dalam pembelajaran daring.

Ada beberapa instrumen yang dapat digunakan dalam penilaian sikap:

a). Lembar observasi yaitu lembar yang berisi aspek-aspek sikap peserta didik yang perlu diamati selama proses pembelajaran. Lembar observasi digunakan oleh guru dalam setiap proses pembelajaran. Lembar observasi berfungsi memberikan data tentang sikap peserta didik selama mengikuti kegiatan pembelajaran.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun