Mohon tunggu...
Cintia Marini
Cintia Marini Mohon Tunggu... Lainnya - mahasiswa

Mahasiswa Universitas Jambi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Workshop Strategi Peningkatan Profesionalisme Guru dalam Penyusunan Soal Argumentasi dan Scaffolding di SMAN 2 Muaro Jambi

28 Oktober 2024   00:44 Diperbarui: 28 Oktober 2024   01:21 157
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

praktik guru membuat soal argumentasi/dokpri
praktik guru membuat soal argumentasi/dokpri
Pada tanggal 24 September 2024, Program Doktor Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (PMIPA) Universitas Jambi mengadakan workshop tentang strategi peningkatan kemampuan profesional guru dalam menyusun soal argumentasi dan memberikan bimbingan scaffolding, bertempat di SMAN 2 Muaro Jambi. Kegiatan ini diprakarsai oleh Muhammad Haris Effendi Hsb, S.Pd., M.Si., Ph.D., dosen S3 PMIPA, dan melibatkan beberapa mahasiswa yang turut berpartisipasi. Tujuan utama workshop ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru IPA dalam menyusun soal argumentasi dan menguasai teknik bimbingan scaffolding. Workshop dihadiri oleh kepala sekolah dan sejumlah guru IPA yang aktif mengikuti rangkaian kegiatan. Kepala SMAN 2 Muaro Jambi sangat mendukung acara ini, yang terlihat dari sambutan positif dan dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah.

Kegiatan diawali dengan pemberian pretest sebagai acuan untuk mengukur kemampuan awal guru sebelum materi workshop disampaikan. Eva Lidia, salah satu guru IPA SMAN 2 Muaro Jambi, menyampaikan bahwa workshop ini sangat bermanfaat, khususnya bagi guru IPA dalam menyusun soal argumentasi yang bertujuan meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa dalam berpikir. Ia juga tertarik untuk menerapkan teknik scaffolding dalam proses pembelajaran di kelas.

Materi workshop disampaikan langsung oleh Pak Haris dan diikuti dengan antusias oleh para guru, yang terlihat dari respons aktif mereka terhadap setiap pertanyaan yang diajukan. Ini menunjukkan bahwa guru-guru SMAN 2 Muaro Jambi memiliki kemampuan yang baik dalam menyusun soal argumentasi dan menerapkan teknik scaffolding di kelas. Di akhir workshop, seorang mahasiswa bertanya kepada Pak Haris tentang perasaannya setelah kegiatan ini, dan beliau menyampaikan rasa senangnya terhadap pelaksanaan workshop ini. Kepala sekolah juga menyatakan kegembiraannya, menyebutkan bahwa workshop ini sangat membantu para guru di SMAN 2 Muaro Jambi.

Diharapkan, melalui kegiatan ini, para guru di SMAN 2 Muaro Jambi dapat menerapkan teknik bimbingan scaffolding secara optimal, sehingga siswa menjadi lebih mandiri dan kreatif dalam mengembangkan pemahaman mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun