Kegiatan diawali dengan pemberian pretest sebagai acuan untuk mengukur kemampuan awal guru sebelum materi workshop disampaikan. Eva Lidia, salah satu guru IPA SMAN 2 Muaro Jambi, menyampaikan bahwa workshop ini sangat bermanfaat, khususnya bagi guru IPA dalam menyusun soal argumentasi yang bertujuan meningkatkan kemandirian dan kreativitas siswa dalam berpikir. Ia juga tertarik untuk menerapkan teknik scaffolding dalam proses pembelajaran di kelas.
Materi workshop disampaikan langsung oleh Pak Haris dan diikuti dengan antusias oleh para guru, yang terlihat dari respons aktif mereka terhadap setiap pertanyaan yang diajukan. Ini menunjukkan bahwa guru-guru SMAN 2 Muaro Jambi memiliki kemampuan yang baik dalam menyusun soal argumentasi dan menerapkan teknik scaffolding di kelas. Di akhir workshop, seorang mahasiswa bertanya kepada Pak Haris tentang perasaannya setelah kegiatan ini, dan beliau menyampaikan rasa senangnya terhadap pelaksanaan workshop ini. Kepala sekolah juga menyatakan kegembiraannya, menyebutkan bahwa workshop ini sangat membantu para guru di SMAN 2 Muaro Jambi.
Diharapkan, melalui kegiatan ini, para guru di SMAN 2 Muaro Jambi dapat menerapkan teknik bimbingan scaffolding secara optimal, sehingga siswa menjadi lebih mandiri dan kreatif dalam mengembangkan pemahaman mereka.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI