Setelah menyelesaikan masa studi mungkin banyak dari Gen Z saat ini mulai memasuki fase baru dalam hidup sebagai seorang profesional.
Memulai karier pertama kali bisa saja memberikan kesan menakutkan, tetapi jangan khawatir karena itu perasaan yang wajar.
Bagi Generasi Z yang baru pertama kali memasuki dunia kerja, penulis membagikan beberapa tips yang dapat membantu kamu dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja yang baru.
Cari Tahu Job Description dengan Teliti
Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami dengan baik job description atau deskripsi pekerjaan kamu. Ketahui tugas dan tanggung jawab yang diharapkan dari bidang pekerjaanmu.
Dengan memahami job description dengan baik, kamu akan memiliki gambaran yang jelas tentang peran kamu dalam perusahaan dan dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.
Temukan Mentor dan Kenali Rekan Kerja
Mentor adalah seseorang yang dapat membimbing dan membantu kamu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.
Temukan seseorang di perusahaan kamu yang berpengalaman dan dapat dijadikan mentor, di beberapa perusahaan biasanya mentor adalah atasan di bidang pekerjaan tersebut.
Selain itu, kenali rekan kerja kamu dengan baik. Jalin hubungan baik dengan mereka dan berusaha untuk berkolaborasi dalam tugas-tugas yang diberikan.
Ketika mentor dan rekan kerja sedang menjelaskan sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan, kamu bisa mencatatnya agar dapat dipahami di lain waktu.
Pelajari Tools dan Teknologi yang Digunakan
Di era digital ini, hampir semua perusahaan menggunakan berbagai tools dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas.