Mohon tunggu...
Cindy Sinurat
Cindy Sinurat Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa UKI, Ilmu Komunikasi 2022

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kreativitas Menjadi Modal Utama bagi Mahasiswa Menuju Dunia Kerja Public Relations

11 Juni 2024   09:00 Diperbarui: 11 Juni 2024   09:42 77
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai mahasiswa ilmu komunikasi yang mengambil peminatan public relations kita tahu bahwa kita akan menjadi seseorang yang menjembatani perusahaan dan masyarakat dan juga sebagai citra dari sebuah perusahaan. Dimana kita yang harus menjaga agar reputasi dari perusahaan agar tetap baik namun bukan hanya itu kita juga dituntut untuk menjadi kreatif agar bisa menjalankan tugas sebagai seorang public relations. Pada hari senin terdapat kelas penulisan kreatif humas (PKH) bersama kak Marshelia Gloria Narida,S.S.,M.A. sebagai dosen di Universitas Kristen Indonesia. Dimana dalam kelas PKH Kak Marshelia menceritakan pengalamannya sebagai seorang public relations yang sudah terjun lama sebagai seorang public relation dan sudah memiliki banyak pengalaman dalam dunia public relations.

  Dalam kelas PKH Kak Marshelia menjelaskan bahwa kreativitas itu penting dalam dunia public relations, itu karena kreativitas dapat membantu public relation untuk menarik audiensnya. Bukan hanya itu sebagai seseorang yang menjembatani antara perusahaan dan masyarakat public relation harus bisa memberikan ide-ide yang kreatif dimana seperti yang pernah dijelaskan oleh Kak Marshelia bahwa sebagai seorang PR kita bahkan bisa saja mendapatkan pertanyaan yang out of the box dan kita sebagai seorang pr juga harus berfikir out of the box agar menghasilkan ide --ide yang kreatif.

  Dalam kelas penulisan kreatif humas Kak Marshelia juga menjelaskan bahwa sebagai seorang PR kita juga harus kritis dalam berfikir," banyak sekarang mahasiswa yang peminatan nya PR malah lulusnya tidak menjadi public relation" kata Kak Marshelia, yang dimana jika kita benar-benar ingin menjadi seorang PR kita harus memahami betul bahwa perusahaan membutuhkan calon PR yang mampu berfikir kritis dan kreatif. Sebagai calon PR tentu hal itu tidak mudah dan pastinya membuat kita jadi memiliki banyak tantangan dan tuntutan dimana sebagai mahasiswa kita harus sudah bisa bahkan mampu membuat suatu kreativitas yang menarik, mampu menganalisis dan berpikir kreatif agar dapat menciptakan ide-ide yang menarik bagi perusahaan, bukan hanya itu kita juga akan lebih mudah mengatasi krisis yang terjadi, dan bisa meningkatkan hubungan yang lebih baik dengan masyarakat maupun perusahaan. 

  Maka dari itu pada pengajaran dalam kelas Kak Marshelia kita sudah diberikan beberapa tugas atau kegiatan yang bisa mengembangkan kreativitas mahasiswa seperti dengan adanya tugas-tugas humas digital, konten dimana kita dituntut harus sudah mampu menganalisis suatu konten dan juga bisa menulis konten dengan baik dan benar dan juga ada nya kelas praktisi yang membuat mahasiswa bisa mendapatkan pengetahuan dan inovasi yang lebih luas. Bukan hanya itu dengan mengikuti kegiatan seperti seminar dan juga proyek yang mampu meningkatkan kreativitas mahasiswa.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun