Mohon tunggu...
Cindy Claudia Oktaviana
Cindy Claudia Oktaviana Mohon Tunggu... Administrasi - UNIVERSITAS DIAN NUSANTARA

Cindy Claudia Oktaviana Nim 121211005 jurusan akuntansi fakultas ekonomi bisnis dan ilmu sosial mata kuliah pengukuran kinerja sektor publik nama dosen : Prof. Dr. Apollo Daito, M. Si. Ak

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Ruang Publik Menurut Pierre Bourdieu

15 Oktober 2024   14:10 Diperbarui: 15 Oktober 2024   14:24 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Publik Menurut Pierre Bourdieu: Pemahaman, Relevansi, dan Penerapan

Pendahuluan

Pierre Felix Bourdieu (pengucapan bahasa Prancis: [budj]) lahir pada 1 Agustus 1930 di Denguin (Pyrnes-Atlantiques),[dan meninggal karena kanker paru-paru pada 23 Januari 2002 di Paris. Dia merupakan salah satu filsuf, sosiolog, dan antropolog penting di paruh abad ke-20; yang berpengaruh besar dalam ilmu sosial seperti kajian filsafat, sosiologi, antropologi, sejarah, ilmu politik, ekonomi politik, teori pendidikan, feminisme, teori sastra, kritik seni, dan teori komunikasi. Bourdieu menamatkan SMA-nya di Lyce Louis Le Grand, kemudian melanjutkan kuliah dengan mengambil jurusan filsafat di Ecole Normale Suprieure, yaitu universitas prestisus bagi calon intelektual di Prancis. Setelah menamatkan kuliahnya, dia mulai berkarier dengan menjadi pengajar di Lyce de Moulins, kemudian menjadi asisten Raymond Aron, sambil mengajar secara paralel di Universitas Lille dan Universitas Paris,dan menyunting serial "Le Sens Commun".Bourdieu mulai tertarik dengan sosiologi setelah melakukan studi etnografi pada petani di Kabylia, ketika dia melaksanakan tugas militer di Aljazair.

Bourdieu adalah filsuf yang terkenal dengan komitmennya sebagai 'intelektual publik' hingga akhir hayatnya. Gagasan utamanya terdiri dari "habitus", "modal", "ranah" atau "arena", dan "kekerasan simbolik." Konsep "habitus" Bourdieu dikenal karena kebaruannya yang dapat mengatasi dualisme antara individu dan masyarakat; struktur dan agen; serta objektivisme dan subjektivisme yang disebut juga sebagai strukturalisme genetik atau konstruktivisme strukturalis.Konsep "habitus" Bourdieu dapat digunakan pula sebagai analisis mekanisme dominasi. Dalam pandangannya dominasi tidak lagi diamati hanya dari akibat-akibat luar, melainkan juga dari akibat-akibat yang dibatinkan. Pemikiran Bourdieu juga membangun suatu pandangan sosiologi pada berbagai bidang seperti ekonomi, budaya, politik, dan seni dengan memperhatikan dimensi simbolik yang tidak dibahas dalam tradisi sosiologi klasik Karl Marx; serta mengembangkan pendekatan sosiologi Weber dalam menjelaskan teori mekanisme-mekanisme dominasi.Namun, pemikiran Bourdieu tidak terlepas dari berbagai kritik misalnya penggunaan gaya bahasa yang sulit dimengerti; serta penggunaan analogi pada konsep "habitus" dan "ranah" yang dianggap terlalu menitikberatkan pada determinisme sehingga mereduksi realitas dan mengabaikan dimensi-dimensi lain dalam kehidupan.

Pierre Bourdieu, seorang sosiolog Prancis yang berpengaruh, telah memberikan kontribusi besar terhadap pemahaman kita mengenai ruang publik. Konsep ruang publik yang dikemukakan oleh Bourdieu tidak hanya terbatas pada arena fisik, tetapi juga meliputi aspek sosial, budaya, dan ekonomi. Dalam tulisan ini, akan dibahas mengenai apa itu ruang publik menurut Bourdieu, mengapa konsep ini penting untuk dipahami, dan bagaimana konsep tersebut dapat diterapkan dalam konteks masyarakat modern.


Apa Itu Ruang Publik?

Ruang publik menurut Bourdieu adalah arena di mana individu dan kelompok bertemu untuk berinteraksi, berbagi ide, dan membentuk opini. Bourdieu menganggap ruang publik sebagai ruang yang memungkinkan terjadinya dialog dan negosiasi antar individu dengan latar belakang yang berbeda. Dalam konteks ini, ruang publik bukan hanya sekadar tempat fisik, tetapi juga mencakup berbagai bentuk komunikasi dan interaksi sosial yang terjadi di dalamnya.

Aspek Ruang Publik

1. Ruang Fisik: Ruang publik dapat mencakup tempat-tempat seperti taman, alun-alun, dan ruang terbuka lainnya di mana masyarakat dapat berkumpul.

2. Ruang Simbolik: Ini mencakup media, seni, dan bentuk komunikasi lainnya yang membentuk persepsi dan ide masyarakat. Dalam ruang simbolik, berbagai kekuasaan dan dominasi dapat dipertaruhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun