Mohon tunggu...
Cindy Merliana
Cindy Merliana Mohon Tunggu... Administrasi - Mahasiswa Universitas Siber Asia

Saya adalah orang yang hobi memasak dan mencoba resep baru!

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur Pilihan

Mau Coba Bisnis di Media Online? Kamu Harus Tau Beberapa Hal Ini, Lho!

24 November 2022   19:55 Diperbarui: 24 November 2022   20:02 268
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berbisnis dengan memanfaatkan digital marketing sangat menggiurkan karena memiliki peluang kesuksesan yang cukup besar. Digital marketing itu sendiri merupakan suatu aktivitas pemasaran ataupun promosi produk atau sebuah brand yang memanfaatkan media digital atau internet yang tujuannya untuk memperkenalkan produk atau brand kepada masyarakat yang luas sehingga mampu menjangkau konsumen secara pribadi, relevan dan tepat sasaran sesuai dengan kebutuhan konsumen.

Dewasa ini begitu maraknya orang-orang yang berjualan di Media Sosial tanpa mereka mengetahui hal-hal yang penting dalam Digital Marketing. Tanpa memahami strategi-strategi dalam Digital Marketing yang tadinya niatnya untung, eh malah jadi buntung. 

Kita bisa melihat contohnya di salah satu aplikasi TikTok. Betapa banyaknya yang berjualan secara Live, memang ada yang dagangannya sangat laku, namun banyak pula yang dagangannya tidak laku bahkan viewers live nya pun hanya 1 atau 2 orang atau bahkan tidak ada yang menonton. 

Belum lagi maraknya pembeli yang menipu ketika barang sudah diantarkan mereka tidak mau membayar dan dikirimkan lagi kepada penjual. Hal tersebut terjadi karena kurangnya pengetahuan mengenai Digital Marketing. 

Berikut akan kita bahas mengenai keunggulan, resiko, dan juga cara kerja penerapan sebelum memulai untuk terjun ke dunia digital marketing.

Keunggulan Digital Marketing

  • Biayanya relatif murah

Pemasaran yang dilakukan secara digital relative memakan  biaya yang lebih kecil dan murah dibandingkan dengan periklanan konvensional, jangkauan calon konsumen juga menjadi lebih luas dan cepat serta konsumen juga diuntungkan karena dapat memeriksa dan membandingkan produk yang diinginkan.

  • Muatan informasi yang besar

Memberikan beragam keuntungan seperti penyediaan informasi dengan jumlah yang besar dan banyak dan mampu menyajikan, mengolah, dan menyimpan data perusahaan ataupun pelanggan dalam sebuah data base secara akurat dan terjamin

  • Jangkauan konsumen yang luas dan mendunia

Dengan memanfaatkan Teknik seperti Teknik SEO (search Engine Optimization) pada mesin pencari google, iklan di media online, hingga iklan di media social tentu bisa menjangkau konsumen tidak hanya yang di dalam negeri bahkan hingga luar negeri

  • Memperkirakan jumlah dan spesifikasi jangkauan calon konsumen

Kelebihan yang sangat menguntungkan bagi pebisnis adalah bisa memprediksi jangkauan konsumen. Bisa menargetkan calon pembeli atau konsumen berdasarkan usia, peminatan, tingkat Pendidikan, gender, hingga perilaku keseharian yang terpantau di social media.

Tantangan / resiko Digital Marketing

  • Kompetitor yang semakin banyak

Teknologi canggih tentu sudah mampu dalam mengintegrasi saluran bisnis sehingga tidak ada batas ruang dan waktu dalam melakukannya.

  • Semua serba cepat

Konsumen menginginkan sesuatu serba cepat jika pelaku bisnis tidak dapat memandingi kecepatan bisnis digital yang lain, maka bisa saja kalah dari persaingan

  • Kurangnya inovasi

Jika tidak memiliki banyak inovasi dalam mengembangkan bisnis tentu saja akan berjalan sulit untuk bertahan. Karena pebisnis tidak dapat melakukan perkembangan bisnisnya dengan  baik.

  • Fraud (penipuan)

Dimana terjadi aksi kejahatanb yang dilakukan oleh pihak penjual maupun pihak pembeli. Peretasan sata pemilik system juga bisa saja terjadi dimana pemilik system tidak memiliki aturan yang jelas terkait dengan pengelolaan dan penggunaan data pemiliknya.

Adapun langkah-langkah yang perlu dipahami sebelum memulai berbisnis berbasis pemasaran digital :

  • Membahas secara matang dan menyeluruh mengenai bisnis yang akan dilakukan
  • Mengulas interaksi dengan pelanggan di website dan social media baik melalui komentar atau email. Pastikan layanan untuk konsumen yang terbaik dan memuaskan.
  • Memonitoring penjualan dan pemasaran, penjualan harus memenuhi permintaan konsumen dimanapun konsumen berada baik online maupun offline.
  • Memahami konsumen yang membutuhkan produk atau jasa yang ditawarkan dan mendorong konsumen untuk membuat keputusan pembelian.
  • Membuat bisnis plan dan manajemen usaha yang terukur
  • Kemampuan sumberdaya untuk memberikan pelayanan terbaik, ketersediaan produk dan pendistribusian produk hingga konsumen akhir dimiliki oleh setiap pemasaran.

Jika ingin terjun ke dunia bisnis berbasis digital marketing, pastikan untuk memahami dengan baik seluk beluk bisnis sejak awal, pahami  dengan cermat setiap langkah-langkahnya, juga pertimbangkan keunggulan dan tantangan yang terdapat didalamnya sehingga bisa mengambil keputusan yang paling tepat dan menguntungkan.

Sumber :

Musnaini. (2020). Digital Marketing. Purwokerto: CV. Pena Persada.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun