Mohon tunggu...
Cindy Cornelia
Cindy Cornelia Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengalaman Magang di PT Pegadaian (Persero) UPC Kapas Krampung Surabaya: Melayani Nasabah dan Memasarkan Produk Pegadaian

14 Mei 2024   11:10 Diperbarui: 14 Mei 2024   13:04 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Magang merupakan salah satu program yang penting bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman kerja nyata sebelum memasuki dunia profesional. Sebagai mahasiswa, saya memiliki kesempatan untuk melakukan magang di PT Pegadaian (Persero) UCP Kapas Krampung Surabaya. Selama magang, saya terlibat dalam berbagai kegiatan operasional perusahaan, mulai dari melayani nasabah yang ingin menggadaikan barang hingga memasarkan produk-produk Pegadaian.

Melayani Nasabah yang Ingin Menggadaikan Barang dok/.pri
Melayani Nasabah yang Ingin Menggadaikan Barang dok/.pri
Salah satu tugas utama saya selama magang adalah melayani nasabah yang ingin menggadaikan barang. Hal ini melibatkan proses wawancara untuk mengetahui kebutuhan nasabah, menaksir nilai barang yang akan digadaikan, serta memproses pengajuan gadai. Saya belajar untuk bersikap profesional, ramah, dan komunikatif dalam melayani nasabah agar mereka merasa nyaman dan puas dengan layanan yang diberikan. 

Canvasing / bagi brosur dok/.pri
Canvasing / bagi brosur dok/.pri

Survey ke rumah warga yang menjadi agen pegadaian dok/.pri
Survey ke rumah warga yang menjadi agen pegadaian dok/.pri

Selain melayani nasabah yang ingin menggadaikan barang, saya juga diberikan tugas untuk memasarkan produk-produk Pegadaian. Hal ini dilakukan dengan cara menginformasikan kepada nasabah bahwa Pegadaian tidak hanya menyediakan layanan gadai, tetapi juga memiliki berbagai produk lainnya, seperti Tabungan Emas dan Mulia. Saya belajar untuk menyampaikan informasi secara jelas dan menarik agar nasabah tertarik untuk menggunakan produk-produk Pegadaian.

Mengentry data nasabah Pegadaian dok/.pri
Mengentry data nasabah Pegadaian dok/.pri

Selain melayani nasabah dan memasarkan produk, saya juga diberikan tugas untuk melakukan entri data nasabah yang ingin menjadi agen Pegadaian. Selain itu, juga diminta untuk menghubungi nasabah yang sudah jatuh tempo pembayaran. Kegiatan ini membantu saya untuk memahami proses administrasi dan pengelolaan data nasabah di Pegadaian.


Pengalaman magang di PT Pegadaian (Persero) UCP Kapas Krampung Surabaya memberikan banyak manfaat bagi saya. Saya belajar untuk melayani nasabah dengan profesional, memasarkan produk-produk Pegadaian, serta mengelola data nasabah. Pengalaman ini akan sangat berguna bagi saya dalam mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja setelah lulus nanti.

Nama : Cindy Cornelia Achmad 

Dosen Pembimbing : Dra. Awin Mulyati, MM.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun