Mohon tunggu...
Cindy Callysta
Cindy Callysta Mohon Tunggu... Mahasiswa - Perempuan

Hanya seorang mahasiswi baru yang lebih suka fangirling.

Selanjutnya

Tutup

Trip

Pengalaman OKK bersama Wisata Kreatif Jakarta

24 Desember 2021   18:20 Diperbarui: 24 Desember 2021   18:32 300
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Virtual tour ke Venezia

Halo semuanya! Sebelumnya pasti pada bertanya-tanya ya, OKK itu kepanjangan dari apa, sih? OKK sendiri merupakan suatu mata kuliah bernama Olah Kreativitas dan Kewirausahaan yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru di Universitas Padjadjaran. Oh ya, sebelumnya saya akan memperkenalkan diri terlebih dahulu. Saya Cindy Callysta, salah satu mahasiswa baru di Universitas Padjadjaran yang sedang menekuni program studi hubungan internasional. 

Di tanggal 30 Agustus 2021 yang mana merupakan hari pertama kuliah, semua mahasiswa baru diminta buat memilih salah satu dari 400 program OKK. Pilihan saya jatuh kepada RK 190 dengan tema Pariwisata, Kreativitas, dan Inovasi yang akan diajar oleh Wisata Kreatif Jakarta. Bersama teman saya yang bernama Karlina, saya pun memantapkan diri. Kenapa sih, kok saya bisa memilih tema ini? Hm… mungkin karena saya melihat ada kata wisata dan Jakarta. 

Di pandemi seperti ini, saya sedikit berharap untuk bisa menjalankan mata kuliah ini secara offline dan tema ini seperti mendukung harapan saya. Apalah daya, hingga OKK ini berakhir, saya belum pernah bertemu dengan teman-teman OKK saya karena pandemi yang masih menjadi ancaman. 

Pada awalnya saya bertanya-tanya dalam hati, programnya akan seperti apa? Kemudian di hari pertama kami melakukan zoom, kami berkenalan satu sama lain dan kemudian mendapat penjelasan mengenai bagaimana OKK ini akan bekerja. Institusi yang akan mengajar kami merupakan suatu perusahaan tour. 

Sebelum pandemi ini, seringkali mengadakan tour secara offline ke berbagai destinasi wisata. Sayangnya semenjak pandemi, Wisata Kreatif Jakarta tidak bisa membawa wisatawan untuk jalan-jalan. Tetapi, Wisata Kreatif Jakarta mempunyai caranya sendiri untuk mengatasinya, yaitu virtual tour. 

Virtual tour merupakan kegiatan berkeliling tempat wisata dengan menggunakan Zoom atau Live Instagram. Mentor yang akan mengajar kami juga merupakan pendiri dari Wisata Kreatif Jakarta sendiri, yaitu Ira Lathief, M. Si. Wah, saya pikir ini menarik banget. 

Dengan ikut virtual tour doang, bisa lulus mata kuliah ini. Virtual tournya pun bermacam-macam tempatnya, mulai dari wisata dalam negeri seperti Taman Mini Indonesia Indah, Bukittinggi, Raja Ampat, dan masih banyak tempat lain, hingga ke wisata luar negeri seperti Venezia, Singapura, Jepang dan lain-lain. 

Terdengar seru, bukan? Tak hanya itu, bahkan kami diajak untuk mengikuti napak tilas peristiwa Gerakan 30 September. Selain diajarkan untuk mengenal tempat-tempat baru di berbagai pelosok dunia, kami juga diajarkan untuk selalu tetap mengenang peristiwa penting yang pernah terjadi di Indonesia. Serunya dapat, sejarahnya dapat, ilmunya juga dapat. 

Ilmunya dapat darimana, tuh? Kami diajarkan cara membuat Google Earth, Canva Slide, serta Google Slide yang mana sangat membantu di era online seperti ini. Saya yang tadinya sangat asing dengan aplikasi-aplikasi tersebut (kecuali Canva), jadi bisa memanfaatkannya untuk tugas kuliah saya. 

Oh iya, selama mengikuti virtual tour ke tempat-tempat wisata, saya dan teman-teman OKK saya tidak hanya sendirian. Ada berbagai macam orang yang ikut, seperti para dokter yang ingin berwisata, field trip yang diikuti oleh anak-anak SD atau SMP, dan lain-lain. Jadi, kami dijamin tidak akan bosan karena selain mendengar penjelasan dari tour guide yang disediakan, kami bisa mendengar komentar dari para peserta. Yang paling lucu menurut saya, kalau pesertanya merupakan anak SD. Rasa penasaran mereka yang besar membuat mereka terus-menerus untuk melontarkan pertanyaan, ditambah dengan muka-muka mereka yang masih lucu. Ini merupakan suatu hiburan tersendiri menurut saya. 

Setiap akhir bulan, kami harus melaporkan apakah kami sudah mengikuti ketentuan tour yang harus diikuti apa belum. Untuk membuktikannya, kami harus membuat story atau post yang berisikan komentar kami. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun