Nama: Nur Cindy Alicia
Kelas : 01SMJM004
NIM : 211010550779
Tugas : Pengantar Ilmu Ekonomi
Dosen : Andri Priadi S,E M.M
Sejak dimulainya pandemi Covid-19, pola komsumsi masyarakat banyak berubah jadi serba online. Karena pandemi inilah, bisnis baru banyak bermunculan bagi siapapun yang mau membukanya. di tahun 2020-2021 semua orang terdampak karena pandemi Covid-19. Sehingga pemerintah dan aparat menerapkan lockdown. Sampai terpaksa memberlakukan PPKM untuk menekan lonjakan kasus virus corona.
Nah, ditahun 2022 ini penambahan kasus positif Covid di Indonesiasemakin berkurang. Daerah yang mencatatkan penurunan kasus Covid-19 pun semakin banyak. Akankah pandemi berakhir?
Meskipun begitu, kita harus tetap memberlakukan prokes dimanapun dan kapanpun. agar kasus Covid-19 di Indonesia semakin berkurang. Karena inilah banyak bisnis-bisnis berkembang kembali.
Dibawah ini kita akan memprediksikan bisnis-bisnis yang akan booming ditahun 2022.
1. Netflix Trend
Kita sudah lihat sebelumnya bahwa serial netflix yang berjudul "Squid Game" dimana-mana. Serial Netfix yang berasal dari Korea selatan tersebut, menjasi serial netflix yang paling banyak ditonton diseluruh dunia. Di Indonesia pun trend "Squid Game" juga menjadi sangat besar. Sampai banyak diluaran sana yang menjual permen "dalgona khas korea" itu. permen tersebut yang muncul di scene serial "Squid Game" itu sendiri.
Bukan hanya itu, baju khas serial tersebut juga menjadi peluang usaha bagi banyak orang. banyak yang menjual baju berwarna hijau tersebut.Â
Dari sini diperkirakan pada tahun 2022 akan ada palagi trend yang bermunculan. Serial mana lagi yang akan booming. jika kita bergerak cepa, kita bisa jual merch-merch yang terdapat di serial tersebut. Dan itu akan menjadi peluang yang sangat besar bagi orang-orang yang ingin memulai atau mengembangkan usahanya.
2. Industri Retail.
pata tahun 2020-2021 industri retail menjadi salah satu bisnis yang paling terdampakpada masa pandemi. dimana orang-orang tidak bisa berbelanja langsung ketoko, hanya bisa berbelanja online. Jadi banyak sekali toko-toko retail yang tutup karena himbauan pemerintah juga. Karena keadaan sudah mulai membaik, dan kita berharap tetap patuhi protokol kesehatan agar komdisi ini cepat berakhir.Â
Nah, di tahun 2022 ini, jika kondisi tetap stabil atau tidak ada lonjakan kasus lagi, industri retail akan bangkit. karena banyak sekali orang-orang yang sudah mulai bosan berbelanja online.Â
Mereka ingin ke toko/mall nya langsung. Melihat sambil memegang barang yang ingin mereka beli secara langsung. Jadi diprediksi industri retail ini akan bangkit kembali di tahun 2022.
3. Drive Thru Business
Seperti yang kita tahu bahwa drive thru adalah layanan pesan bawa pulang yang disediakan suatu bisnis, dimana pelanggan tidak perlu meninggalkan mobil atau sepeda motor mereka ketika membeli suatu produk. Di Indonesia sendiri masih jarang restorsan-restoran yang mempunyai teknologi drive thru business ini. Hanya beberapa saja yang mempunyai fasilitas untuk customer thru. Karena masih jarang, menjadikan peluang yang sangat besar.Â
terbukti juga pasa 2021 kemarin, seperti "cinema" yang menyediakan fasilitas "drive in" untuk membuat pengalaman baru bagi semua orang. pelanggan tidak perlu meninggalkan mobil mereka disaat ingin menonton bioskop.
Dari ketiga bisnis di atas, kita bisa menggunakan otak produktif kita untuk membuka peluang bisnis. bergerak cepat agar peluang yang kita ambil tidak sia-sia begitu saja.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H