Pada hakekatnya, jurnalisme multimedia juga memiliki prinsip yang bisa diterapkan oleh media yang berada dalam era new media. Apa sajakah prinsip BASIC tersebut? serta bagaimana contoh penerapannya? Yuk simak artikel ini sampai akhir yaa!Â
Paul Bradshaw (2012) merumuskan bahwa terdapat lima prinsip jurnalisme multimedia yang meliputi: (B)revity, (A)daption, (S)cannability, (I)nteractivity, (C)ommunity and Conversation atau BASIC.Â
Suatu media dapat dikatakan media yang baik jika dalam penerapan kesehariannya mereka menerapkan BASIC tersebut.
Salah satu media yang hendak kita analisis bersama adalah media Suara.com.
Suara.com merupakan salah satu portal berita lokal yang berbasis di Jakarta yang menyajikan berbagai berita atau informasi terkait dunia politik, kesehatan, hukum, kriminal, entertaiment, gaya hidup dan sebagainya.
Suara.com resmi didirikan pada 11 Maret 2014 dan dikelola oleh PT Arkadia Media Nusantara di bawah naungan induk perusahaan PT Arkadia Digital Media Tbk.
Suara.com mampu dianggap mampu bersaing dengan berbagai portal berita sudah lebih dulu ada di Indonesia.
Suara.com mengangkat slogan "jujur, berimbang, independen" serta menggunakan tagline "Tanpa Suara Beda Artinya" dalam upaya menunjukkan eksistensi mereka.
Namun kendati demikian, apakah Suara.com telah menerapkan BASIC sebagai prinsip di keseharian mereka?
Yuk langsung saja kita bahas!