Pada artikel ini membahas mengenai hal-hal penting yang perlu diperhatikan untuk kalian yang baru belajar untuk menulis di media online.Â
Simak sampai akhir yaa!
Media online merupakan media massa yang hadir secara online melalui situs website internet.
Media online juga disebut sebagai media massa "generasi ketiga" setelah kehadiran media cetak (printed media) seperti koran, tabloid, majalah dan media elektronik (electronik media) seperti televisi, radio, dan film/video.
Teknisnya, media online merupakan media yang berbasis pada telekomunikasi dan multimedia (berupa komputer dan internet). Media online terdiri dari teks, gambar/visual, audio serta audio-visual.
 Bisa dikatakan bahwa semua jenis channel komunikasi yang terdapat di internat atau yang bisa diakses dengan koneksi internet bisa di sebut sebagai media online.
Karakteristik Media OnlineÂ
Media Online juga memiliki beberapa karakteristik yang menarik untuk kalian ketahui, seperti :
- Waktu pemuatan, editing serta terbit naskah menjadi lebih fleksibel
- Kapasitas luas dari halaman website mampu menampung naskah yang panjang
- Lebih cepat dan bisa diakses oleh siapa saja
- Bisa menjangkau masyarakat dari seluruh dunia yang mempunyai akses internet
- Selalu update karena melakukan pembaruan informasi secara terus menerus karena bisa dilakukan kapan saja.
- Terdapat komunikasi dua arah antara penulis dengan pembaca  (dengan adanya kolom komentar, polling dan sebagainya),
- Terdokumentasi, informasi yang tersimpan di arsip dapat ditemukan melalui "link", "artikel terkait", dan fasilitas "cari" (search).
- Bisa terhubung dengan sumber lain (hyperlink) yang berkaitan dengan informasi tersaji.
Karakter Pembaca Media Online
Selain karakter media online, terdapat juga karakter dari para pembaca media online yang juga menarik untuk para penulis pemula ketahui loh, diantaranya :
- Biasanya menilai situs dalam kurun waktu seperduapuluh detik
- Melihat, pindai, baru kemudian membaca
- Sekitar 80% memindai (melihat dari kiri atas ke kanan), lalu gambar, grafis, desain.
- Membaca tulisan di internet secara cepat (biasanya membaca judul dan lead)
- Pertama kali melihat teks (78%), bukan foto atau grafik.
- Tidak membaca kata per kata, tetapi lebih banyak memindai (scan) (79%, hanya 16% yang membaca kata per kata) tampilan situs, terutama kata-kata yang di-highlight, jenis huruf berbeda, penyajian dengan butir-butir (numerik/bullet/numbering).
- Menyukai judul yang tepat pada sasaran (straightforward) dibandingkan judul yang lucu atau cantik.
- Lebih suka membaca ringkasan atau tulisan pendek (cenderung membaca dari smartphone)
- lebih lambat dibandingkan membaca media cetak.
- Sering berpindah-pindah situs
- Daya tahan mata di depan layar monitor terbatas (biasanya hanya bertahan 5-10 menit).
Cara Menulis di Media Online
BerikutÂ