Mohon tunggu...
Cindy Simbolon
Cindy Simbolon Mohon Tunggu... Lainnya - Komunikasi

Fan fanatik musik klasik!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Menjadi "Online Volunteer" di Wahana Visi Indonesia

11 Mei 2024   17:08 Diperbarui: 11 Mei 2024   17:19 82
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Apakah kamu pernah mendengar tentang Wahana Visi Indonesia? Wahana Visi Indonesia atau WVI adalah organisasi kemanusiaan Kristen yang berfokus pada anak-anak kurang mampu meliputi kehidupan juga pendidikan anak. Organisasi ini membuka kesempatan lebar untuk bisa mendaftar sebagai sukarelawan dalam pelayanan kemanusiaan.

Di tahun 2021, saya beruntung mendapat kesempatan menjadi sukarelawan daring atau online volunteer di WVI sebagai Public Engagement Officer. Informasi lowongan volunteer saya temukan di LinkedIn. Waktu itu ada beberapa pilihan posisi dan jobdesc Public Engagement paling sesuai dengan latar belakang saya.

Saya apply posisi itu lewat LinkedIn yang kemudian diarahkan ke website mereka. Tidak lama saya diajak untuk interview yang terdiri dari 2 tahap, interview HRD lalu interview user. Pertanyaan interview kurang lebih sama dengan pertanyaan umum interview kerja, ada juga pertanyaan seputar motivasi bergabung menjadi volunteer di WVI. 

Setelah kurang lebih 2 minggu, WVI memberi saya kesempatan untuk menjadi online volunteer sebagai Public Engagement Officer. Tugas seorang Public Engagement Officer mirip dengan Telemarketing, mencari kontak orang yang berwenang di suatu sekolah lalu menjelaskan program WVI dan mengajak kesediaan mereka untuk mendukung program WVI dalam melayani anak-anak di Indonesia bagian Timur.

Jika kontak berkenaan untuk mengetahui program tersebut lebih lanjut, maka saya akan informasikan ke supervisor saya dan supervisor saya yang adalah pegawai di WVI akan melakukan presentasi online.

Walaupun pekerjaan sukarelawan tidak punya target, namun pekerjaan yang kita lakukan cukup profesional. Kerjaan yang saya lakukan sehari-hari saya masukkan dalam spreadsheet untuk bisa dipantau oleh supervisor saya.

Selain bekerja, tiap minggu ada sesi online meeting. Meeting ini berbeda dengan meeting korporat. Tujuan dari meeting ini untuk saling bertukar kabar, apa yang terjadi selama sepekan ini, apakah ada yang sakit, mengingat waktu itu masih musim Covid.

Zaman itu, program volunteer memiliki batas waktu sekitar 1-2 bulan. Di akhir masa volunteer, HRD dan supervisor saya melakukan exit interview dan menyampaikan sertifikat dalam bentu PDF sebagai bentuk penghargaan dari organisasi atas kerja sukarelawan yang dilakukan untuk mensupport anak-anak di Indonesia khususnya bagian Timur.

Selama menjadi volenteer tidak ada benefit apa pun yangg kita dapatkan namun jika niat kita tulus pasti akan dicukupkan. Jika teman-teman sedang mencari kerja volunteer online, silahkan kunjungi website Wahana Visi Indonesia. Ada banyak kesempatan yang tersedia bagi teman-teman, mulai dari kesempatan menjadi Sponsor Anak, menjadi Volunteer (online dan field) juga ada kesempatan berkarir di Wahana Visi Indonesia.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun