Mohon tunggu...
Cindi Risma Wati
Cindi Risma Wati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Saya hobi membaca buku dan mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Kampanye Gemarikan: Edukasi Diversifikasi Produk Perikanan Mengenai Abon Ikan Lele oleh Mahasiswa KKN UNDIP

12 Agustus 2022   13:47 Diperbarui: 12 Agustus 2022   14:18 553
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pemaparan materi edukasi diversifikasi produk hasil perikanan, dok. pribadi

Waleng, Girimarto, Kabupaten Wonogiri (4/8/2022) - Masa pemulihan pasca lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi saat ini membuat Pemerintah menghimbau masyarakat untuk tetap menjaga imunitas tubuh melalui penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Penerapan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari menjaga kebersihan lingkungan hingga mengonsumsi makanan yang sehat serta bergizi seperti ikan. Oleh karena itu, Mahasiswa KKN UNDIP berinisiatif untuk melakukan kampanye GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) melalui edukasi diversifikasi produk hasil perikanan.

Kampanye GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) merupakan salah satu program yang digagas oleh KKP (Kementerian Kelautan dan Perikanan) yang bertujuan untuk meningkatkan angka konsumsi ikan di Indonesia. Hal tersebut dicanangkan karena tingkat konsumsi ikan masyarakat Indonesia masih terbilang rendah.

Poster Diversifikasi Abon Ikan Lele, dok. pribadi
Poster Diversifikasi Abon Ikan Lele, dok. pribadi

Kampanye GEMARIKAN yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim II UNDIP berupa Edukasi Diversifikasi Produk Hasil perikanan mengenai Abon Ikan Lele. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sasaran program pelaku UMKM di Desa Waleng, Kecamatan Girimarto pada Hari Kamis (4/8/2022). Tujuan dari kegiatan tersebut untuk mengenalkan produk perikanan kepada masyarakat serta meningkatkan konsumsi ikan pada warga Desa Waleng melalui produk diversifikasi. Sasaran program yang ditujukan kepada pelaku UMKM bermaksud supaya para pelaku UMKM tersebut dapat memasarkan produk secara luas sehingga lebih banyak masyarakat yang mengenal produk perikanan.

Abon Ikan Lele, dok. pribadi
Abon Ikan Lele, dok. pribadi
Kegiatan edukasi terdiri dari pemaparan materi menggunakan PowerPoint mengenai produk perikanan dan manfaatnya, pengenalan produk berupa abon ikan lele, serta penayangan video pembuatan abon ikan lele. Aktivitas edukasi berjalan dengan lancar ditandai dengan tingkat atusiasme pelaku UMKM yang hadir pada kegiatan tersebut. Pelaku UMKM banyak memberikan pertanyaan maupun merespon pertanyaan dari Mahasiswa. Hal tersebut menandakan bahwa kegiatan kampanye berlangsung dengan lancar tanpa hambatan yang berarti.

Foto bersama Pelaku UMKM di Embung Waleng, dok. pribadi
Foto bersama Pelaku UMKM di Embung Waleng, dok. pribadi

Penulis: Cindi Risma Wati - Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan

DPL: Dr. Ir. Suzanna Ratih Sari, MM., MA.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun