Mohon tunggu...
Cici Zuhriah Irfan
Cici Zuhriah Irfan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi Pascasarjana - IAIN Pare-pare

Mahasiswa Pascasarjana komunikasi Penyiaran Islam

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Agar Radio Tetap Eksis sebagai Media Informasi bagi Masyarakat

8 Januari 2024   10:03 Diperbarui: 8 Januari 2024   10:09 132
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Koleksi pribadi penulis

Media penyiaran yang kita tahu berfungsi menyampaikan dan menyebarkan informasi yang disampaikan dan disebarkan melalui bentuk siaran. Radio dan televisi merupakan media massa yang lebih diminati oleh Masyarakat daripada media cetak seperti koran, majalah, dan sebagainya. Hal ini dikarenakan radio dan televisi dalam menyampaikan dan menyebarkan informasi akan lebih cepat ketimbang media cetak yang membutuhkan waktu untuk membuat sebuah tulisan dan radio dan televisi memiliki sistem real time khususnya bagi media radio.

Setiap medium entah itu radio maupun televisi tetap saja ada kelebihan dan kelemahannya. Radio dalam menyiarkan informasi memiliki nilai kesegeraan dan fleksibel. Seolah radio selalu berada disekitar kita. Radio dengan program unggulan biasanya berupa program musik, berita yang biasanya berupa laporan lalu lintas sampai kabar cuaca, talk show, program-program hiburan lainnya. Lahirnya televisi memang membuat pendengar radio menurun karena kesempurnaan televisi dengan audio-visualnya. Televisi bisa lebih menggambarkan sebuah kejadian yang sebenarnya, televisi juga mudah mempengaruhi pemirsa dengan program-programnya dan ini digunakan oleh pihak-pihak untuk mempromosikan sesuatu, maka dari itu pada saat ini tidak ada stasiun televisi yang netral.

Seiring dengan berkembangnya internet, banyak kanal media baru bermunculan. Perkembangan ini juga mengubah pola konsumsi informasi dan hiburan masyarakat. Konsumen tidak lagi menerima begitu saja apa yang disajikan media, tetapi bisa mencari sesuai kebutuhan dan keinginan Di tengah berkembangnya kanal media baru berbasis internet, radio tetap eksis menyapa pendengar. Salah satunya karena radio memiliki karakteristik terasa dekat antara penyiar dan pendengar, sehingga membuat radio masih tetap ada meskipun banyak gempuran media baru di era digitalisasi. Meski demikian, adaptasi dan inovasi sesuai dengan perkembangan zaman terus dibutuhkan agar tetap bertahan.

Hal tersebut menjadi tantangan bagi media konvensional seperti radio. Radio disebut sebagai media konvensional karena dianggap sudah ketinggalan zaman dengan media online.  Namun dengan berkembangnya teknologi saat ini, tentunya berdampak besar pada pengoperasian Radio. Sehingga radio sebagai industri penyiaran membutuhkan kreativitas dan keahlian untuk memenangkan persaingan saat ini.

Menghadapi transformasi digital, radio terus bertahan dan beradaptasi dengan berbagai strategi. Dengan kanal-kanal media baru, radio turut menjajakinya dengan mengisi beragam konten yang diminati masyarakat. Media penyiaran seperti radio perlu membuat terobosan baru untuk merespons perubahan teknologi tersebut agar mampu bertahan di tengah masyarakat. Salah satunya dengan menggabungkan teknologi internet dengan media penyiaran untuk menjangkau jangkauan lebih luas dan mampu menambah khalayak baru, dengan adanya fitur baru yang diberikan media.

Beberapa hal yang dapat dilakukan industri radio agar dapat mempertahankan eksistensinya sebagai media informasi yaitu :

  • Melakukan promosi radio melalui media social secara konsisten

Media social saat ini dapat dikatakan menjadi kebutuhan seluruh lapisan Masyarakat untuk mendapatkan informasi secara cepat dan mudah. Hal yang dapat dilakukan agar eksistensi sebuah radio tetap bertahan di Tengah Masyarakat yaitu dengan melakukan promosi yang masif dan  berkelanjutan terkait program yang akan disiarkan disebuah radio. Kondisi perkembangan zaman yang sebra cepat merubah tatanan nilai di Masyarakat. Masyarakat saat ini cenderung akan melihat media yang aktif memberikan dan menyebarkan informasi atau dengan kata lain viral di berbagai media. Jadi untuk mendapatkan perhatian Masyarakat, media radio harus melakukan promosi secara terus menerus di berbagai media khususnya di media sosial .

Media social selain digunakan sebagai media promosi program siaran radio, juga dapat digunakan untuk mempromosikan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Instansi radio tersebut. Mulai dari program yang sedang berlangsung, program baru dan informasi-informasi lainnya terkait perkembangan radio.  

  • Menyusun program menarik yang sesuai dengan perkembangan

Radio sebagai salah satu media massa yang saat ini masih eksis di Masyarakat. Kekurangan dari radio itu sendiri jika dibandingkan dengan media yang lainnya adalah, tidak adanya visual hanya sebatas suara dari penyiar. Dengan membuat inovasi program yang menarik dan juga penting bagi para pendengar seperti podcast menghadirkan narasumber dengan topik yang aktual, akan membuat media radio tidak ketinggalan zaman dan tetap eksis di tengah-tengah masyarakat. Khususnya program yang dapat dikemas menjadi sebuah program yang dapat melibatkan partisipasi Masyarakat.

Selain program yang menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman, radio juga dapat membuat sebuah inovasi dengan menggunakan media online seperti youtube untuk menyiarkan programnya. Podcast yang dibuat menjadi sebuah program melalui kanal youtube dapat menarik pendengar untuk menyaksikan dialog secara langsung. Konten yang dibuat dan disiarkan melalui youtube dapat menarik pendengar sehingga kanal youtube yang dimonetisasi dapat menghasilkan keuntungan yang dapat digunakan sebagai biaya operasional radio itu sendiri.

  • Lebih dekat dengan pendengar

Radio masa kini selayaknya agar bisa selalu aktif menyapa pendengarnya di media sosial. Yang terjadi saat ini memang hampir seluruh radio sudah memiliki akun di berbagai lintas media sosial. Hanya saja yang saya perhatikan adalah akun media sosial radio tersebut kebanyakan masih jarang untuk update memperbarui postingan serta status/story. Media social sudah seharusnya digunakan sebagai alat komunikasi antar penyiar dan pendengar. Radio yang aktif menyapa pendengar akan membangun kedekatan emosional antara penyiar dan pendengar radio. Kedekatan emosional tersebut akan membuat pendengar setia dengan radio.

  • Kualitas penyiar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun