Abad ke-21 telah membawa sejumlah alat dan teknologi baru yang mengubah cara kita belajar. Perubahan ini telah membuat pendidikan menjadi lebih mudah diakses, namun juga membutuhkan pendekatan baru dalam proses belajar-mengajar. Untuk memastikan siswa dibekali dengan keterampilan yang mereka butuhkan untuk sukses di era baru ini, sekolah harus mengadopsi kerangka kerja TIK yang menggabungkan teknologi baru ini ke dalam lingkungan kelas.
Urgensi keterampilan era TIK abad ke-21 dan kerangka kerja TIK dalam pendidikan dirancang untuk membantu para pendidik menciptakan budaya literasi digital di antara para siswa dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam kehidupan sehari-hari mereka. Hal ini akan memungkinkan mereka untuk menjadi pengguna teknologi yang mahir di berbagai bidang seperti komunikasi, kreativitas, pemikiran kritis, dan kolaborasi.
Abad ke-21 telah tiba, dan membawa serta serangkaian keterampilan dan kompetensi baru untuk dipelajari oleh para siswa. Kerangka kerja TIK dalam pendidikan adalah salah satu cara agar kita dapat membantu para siswa mempersiapkan diri menghadapi masa depan.
TIK, atau teknologi informasi dan komunikasi, mengacu pada perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang digunakan untuk membuat, menyimpan, mengirim, menerima, dan bertukar informasi. Hal ini mencakup semua jenis perangkat digital seperti ponsel pintar, tablet, laptop, dan perangkat elektronik lainnya yang telah dirancang untuk bekerja satu sama lain.
Kerangka kerja TIK adalah pendekatan pengajaran yang berfokus pada penggunaan teknologi dengan cara yang inovatif dengan memberikan strategi kepada para guru untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam praktik pengajaran sehingga para siswa dapat belajar bagaimana menggunakan alat-alat ini secara efektif. Kerangka kerja TIK mencakup empat bidang: keterampilan komunikasi; kreativitas; berpikir kritis; kolaborasi; kemampuan memecahkan masalah; keterampilan kewarganegaraan digital; kesadaran akan keamanan internet; keterampilan literasi digital; keterampilan kewarganegaraan digital (misalnya, penggunaan media sosial).
Fungsi TIK sangat penting bagi abad ke-21. Teknologi ini telah membantu dunia menjadi lebih terhubung, produktif, dan efisien. TIK juga digunakan untuk komunikasi, penyimpanan dan pencarian informasi, serta hiburan.
Kerangka kerja keterampilan abad ke-21 Urgensi dirancang untuk membantu sekolah mengembangkan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berhasil di era baru ini. Kerangka kerja ini mencakup fungsi TIK, manfaat TIK, kerangka kerja untuk mengajarkan TIK, dan banyak lagi!
Abad ke-21 adalah masa perubahan yang cepat, dan penting bagi siswa untuk dapat mengikuti perkembangannya. Hal ini dapat menjadi tantangan tersendiri bagi mereka yang tidak memiliki akses ke teknologi atau fungsi TIK dalam pendidikan mereka.
Fungsi TIK sangat penting untuk kesuksesan siswa di dunia saat ini. Fungsi-fungsi tersebut memungkinkan mereka untuk melakukan hal-hal seperti berinteraksi dengan orang lain, membuat konten, dan mempelajari keterampilan baru dengan lebih cepat daripada sebelumnya. Kerangka kerja TIK dalam pendidikan membantu memastikan bahwa siswa memiliki akses ke alat-alat ini sehingga mereka dapat berhasil dalam studi dan juga kehidupan mereka.
Urgensi abad ke-21 bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang bagaimana kita mengajar dan belajar.
Fungsi TIK sangat penting dalam setiap aspek kehidupan. Kerangka kerja TIK dalam pendidikan penting untuk memastikan bahwa siswa memiliki akses ke alat dan sumber daya yang tepat sehingga mereka dapat berhasil dalam studi mereka.