Mohon tunggu...
Chyntia Ika Pertiwi
Chyntia Ika Pertiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Digitech University

Senang berbisnis kuliner

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Strategis Kualitas Pelayanan Klinik

2 September 2024   22:11 Diperbarui: 2 September 2024   22:12 15
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

2.1  Pengertian Strategi 

Menurut Tjiptono, 2007:177 yang dapat dilihat melalui indikator-indikator sebagai berikut :
Mengidentifikasi determinan utama kualitas pelayanan / jasa, mengelola harapan pelanggan, mengelola bukti kualitas pelayanan/jasa, mendidik pelanggan / konsumen tentang pelayanan
/ jasa, mengembangkan budaya kualitas, menciptakan Automating, Quality, menindaklanjuti pelayanan / jasa dan mengembangkan sistem informasi kualitas pelayanan / jasa.


Strategi tersebut akan memiliki pengaruh yang cukup luas terutama pada budaya organisasi secara keseluruhan Pemilihan
strategi yang telah dijelaskan diatas dipilih oleh peneliti karena hal ini mampu diterapkan pada pelayanan kesehatan di Klinik Healthy Life. Pada proses perencanaan strategi ini harus mencakup kepada tujuan kualitas yang dipergunakan dalam mengarahkan perusahaan untuk mencapai tujuan kualitas pelayanannya.

2.2  Pengertian Kualitas Pelayanan 

Sudah menjadi keharusan perusahaan melakukan kualitas Kualitas Pelayanan yang terbaik supaya mampu bertahan dan tetap menjadi kepercayaan pelanggan. Terciptanya Kepuasan Pelanggan dapat memberikan manfaat diantaranya hubungan antara Perusahaan dan Pelanggan menjadi harmonis, Pelanggan akan melakukan pembelian ulang hingga terciptanya loyaitas Pelanggan, dan membentuk suatu rekomendasi dari mulut ke mulut yang menguntungkan Perusahaan. 

Menurut Arianto (2018:83) kualitas Kualitas Pelayanan dapat diartikan sebagai berfokus pada memenuhi kebutuhan dan persyaratan, serta pada ketepatan waktu untuk memenuhi harapan pelanggan. Kualitas Pelayanan berlaku untuk semua jenis layanan
yang disediakan oleh perusahaan saat klien berada di perusahaan.

Sedangkan menurut Aria dan Atik (2018:16) kualitas Kualitas Pelayanan merupakan komponen penting yang harus diperhatikan dalam memberikan Kualitas Pelayanan prima. Kualitas Kualitas Pelayanan dmerupakan titik sentral bagi perusahaan karena mempengaruhi kepuasan konsumen dan kepuasan konsumen akan muncul apabila kualitas Kualitas Pelayanan yang diberikan dengan baik.

2.3  Pengertian Pelayanan Kesehatan 

Pelayanan kesehatan juga diartikan sebagai setiap upaya yang diselenggarakan secara sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit, serta memulihkan kesehatan yang dilakukan oleh pemerintah dan/atau masyarakat (Depkes RI, 2009).

2.4  Pengertian Klinik

Klinik adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang menyediakan pelayanan medis dasar dan/atau spesialistik. Klinik adalah pelayanan kesehatan yang menyelenggarakan pelayanan kesehatan perorangan yang bersifat promotif, preventif, kuratif dan rehabilitative. Klinik dapat dilaksanakan dalam bentuk rawat jalan, rawat inap, pelayanan satu hari (one day care) dan/atau home care. Klinik dapat dimiliki oleh Pemerintah, Pemerintah Daerah, atau masyarakat. Klinik yang dimiliki oleh masyarakat yang menyelenggarakan rawat jalan dapat didirikan oleh perorangan atau badan usaha (Permenkes No. 9 Tahun 2014).

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun