PEMROGRAMAN GRAFIS MIDLET
Dengan hal level API pemrogram dapat membuat berbagai antar muka MIDlet standar yang digunakan untuk menerima masukan teks, password, menampilkan image dan lain sebagainya. Pemrogram hanya mendefinisikan ”isi” dari user interface tersebut, menampilkan kepada pengguna dan kemudian mendapatkan hasilnya.
Namun jika diperhatikan secara lebih seksama, komponen-komponen tersebut tidak akan cukup memadai dalam hal-hal lain semacam untuk keperluan game, seperti mengetahui penekanan tombol oleh pengguna maupun mengakses pixel pada layar. Dan low level API pun hadir sebagai solusi dari permasalahan tersebut.
Low Level API menyediakan fungsi-fungsi untuk mengakses grafis pada layar aplikasi, menggambat dan mengolah sesuatu yang level-nya sudah pixel-pixel gambar serta pembacaan event penekanan tombol maupun pointer pada perangkat handheld devices yang mendukung input touch-screen. Pemrogram bertanggung jawab sepenuhnya pada interaksi dari layar aplikasi yang menggunakan low level API dalam menyediakan interaksi yang nyaman bagi pengguna.
Selain menangani fungsi-fungsi untuk antar muka berbasis window, package javax.microedition.lcdui juga menyediakan fungsi-fungsi untuk menangani antar muka berbasis canvas, seperti menggambar garis (line), titik, lingkaran, ellips, persegi panjang, mewarnai canvas dan elemen-elemen dasar lain.
8.1. CLASS CANVAS
Class canvas merupakan class yang menyediakan fungsi-fungsi dan lingkungan yang tepat bagi aplikasi yang membutuhkan manaje-men antar muka dan event pada level rendah hendeld devices (low level user interface dan low level event). Penggunaan yang utama dari class canvas ini adalah pada aplikasi game, karena class canvas men-dukung penempatan objek-objek grafis dan pembacaan tombol.