Hallo teman-teman online...
Saya Marchella ingin berbagi pengetahuan yang saya dapat melalui mata kuliah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).
Dengan dosen pengampuh : Dr. Juliana Margareta Sumilat, M.Pd
Pada hari selasa tanggal 12 september tahun 2023 adalah jadwal perkuliahan mata kuliah TIK yang kedua dan dilaksanakan diruang kelas B104 UNIMA Tomohon dengan waktu pelaksanaan yaitu pukul 16.00-selesai.
Dengan bahasan materi yaitu :
- Shortcut Word
- Merge and Center Excel
- Rumus Excel
- Penggabungan Excel ke Word
Pembahasan pertama dimulai dengan pengenalan Shortcut dan fungsinya. Shortcut dapat berfungsi dengan cukup menekan kombinasi tombol yang terdapat di keyboard laptop atau komputer. Berikut ini Shortcut dan fungsinya yang bisa kita gunakan di Microsoft word:
- Ctrl + A = memilih atau memblok semua teks
- Ctrl + B = menebalkan teks
- Ctrl + C = menyalin teks
- Ctrl + D = membuka jendela font formatting
- Ctrl + E = membuat tulisan jadi tengah
- Ctrl + F = mencari kata dalam tulisan
- Ctrl + G = ke halaman tertentu file
- Ctrl + H = mengganti kata/kalimat dengan kata/kalimat lain
- Ctrl + I = membuat tulisan jadi miring atau italic
- Ctrl + J = membuat tulisan rata kiri dan kanan
- Ctrl + K = menambah hyperlink
- Ctrl + L = membuat tulisan rata kiri
- Ctrl + M = membuat paragraf dari kiri
- Ctrl + N = membuat file baru
- Ctrl + O = membuka file
- Ctrl + P = print atau mencetak file
- Ctrl + Q = menghapus editan
- Ctrl + R = membuat tulisan rata kanan
- Ctrl + S = menyimpan file
- Ctrl + T = membuat paragraf menggantung
- Ctrl + U = membuat tulisan memiliki garis bawah
- Ctrl + V = menempel tulisan yang disalin
- Ctrl + W = menutup jendela Word
- Ctrl + X = memotong tulisan
- Ctrl + Y = mengembalikan tindakan yang sudah dibatalkan sebelumnya
- Ctrl + Z = membatalkan tindakan yang baru dilakukan
Pembahasan kedua yaitu kami diajarkan pada Microsoft excel mengenai penggunaan Merge and Center untuk membuat daftar nilai siswa. Berikut ini cara penggunaan merge and center:
- Kita buka Microsoft Excel lalu siapkan tabelnya.
- Pilih (blok) cell yang akan digabungkan (C1, D1, E1, F1, G1)
- Klik Tab Home pada Ribbon
- Klik Merge and Center pada Alignment Group. Berikut hasilnya:
Pembahasan ketiga yaitu rumus penjumlahan, minimum, maksimum, dan rata-rata pada excel.
- Rumus Penjumlahan
- =SUM(pilih cell yang pertama : sampai cell yang ingin dijumlahkan)
- Contohnya sebagai berikut: Rumusnya =SUM(H3:H12)
- Rumus Minimum
- =MIN(pilih cell yang ingin diinput : cell terakhir yang ingin diinput)
- Contohnya sebagai berikut: Rumusnya =MIN(C3:C12)