Mohon tunggu...
Christopher Vincentius Gunawan
Christopher Vincentius Gunawan Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Halo, saya adalah seorang pelajar yang senang mencoba hal-hal baru. Saya tertarik pada sektor pembangunan dan menekuni bidang teknik sipil di universitas saya. Hobi saya meliputi beberapa aktivitas fisik seperti bulu tangkis, basket, dan berenang. Saya juga senang melakukan perjalanan wisata bersama orang-orang terdekat saya. Karena hobi saya yang senang berwisata, saya suka konten mengenai pariwisata dan kuliner.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Keragaman Indonesia

8 September 2022   15:08 Diperbarui: 8 September 2022   17:39 43
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Tema yang ingin saya angkat dari ide karya saya ini adalah Keragaman Indonesia. 

Output karya akan berupa seni pertunjukan

Latar Belakang

Belakangan ini, banyak generasi milenial yang sudah mulai meninggalkan/melupakan kebudayaan Indonesia dan terpengaruh oleh budaya barat. Lagu dan tarian tradisional tiap daerah mulai dilupakan karena ada pengaruh media sosial (Lagu barat, dance tiktok, kpop, dll). Dengan ide saya ini, saya mau mencoba untuk mengangkat kembali keragaman budaya, suku, dan ras Indonesia yang beragam dan indah. Jadi saya terpikir untuk membuat suatu pertunjukan tarian tradisional yang diiringi lagu tradisional juga. Saya terinspirasi dari channel Elsi Sastia yang saya cantumkan di refrensi. Saya punya ide supaya kita membuat lagu yang diremix dari segala daerah Indonesia juga tarian tradisional dari tiap daerah yang menjadi satu koreografi (seperti contoh di referensi). Jadi saat misalnya lagu dari jawa tengah, koreografi tarian juga ciri khas jawa tengah, kemudian dilanjut daerah lain sampai semua daerah Indonesia ada dalam pertunjukan tersebut. Dengan adanya pertunjukan ini, kita bisa pentaskan di panggung pertunjukan untuk mengingatkan kembali masyarakat terhadap keragaman Indonesia.

Referensi : https://youtube.com/shorts/jJp4IoyiVEA?feature=share

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun