Ekonomi kreatif merupakan kekuatan baru Indonesia akan menumbuh kembangkan orang kreatif, serta media yang dapat mendorong distribusi serta pengetahuan dan informasi kepada masyarakat. Ekonomi ini juga merupakan sebuah konsep di era ekonomi baru yang didukung oleh informasi dan kreatifitas, di mana ide dan pengetahuan SDM menjadi faktor produksi utama dalam kegiatan ekonomi. Sebuah konsep ekonomi yang mengintensifkan informasi dan kreativitas dengan mengandalkan ide dan pengetahuan dari sumber daya manusia sebagai faktor produksi utama Ekonomi kreatif telah menjadi fokus penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di Indonesia sejak diperkenalkan pada tahun 2006. Studi ini bertujuan untuk lebih memahami keberadaan ekonomi kreatif sebagai talenta baru yang diprediksi mampu memicu daya saing daerah. Ekonomi kreatif merupakan alternatif solusi permasalahan perekonomian.
 Namun, dalam penyelenggaraannya seringkali menemui kendala. ekonomi kreatif dapat menjadi pilar pembangunan ekonomi bagi Indonesia, dimana hal itu perlu dukungan dari segenap bangsa Indonesia dalam bersinergi untuk melakukan "lompatan" dengan fokus pada penciptaan barang dan jasa yang dibarengi dengan keahlian, bakat dan kreativitas serta kekayaan intelektual. Kendati begitu, masih ada tantangan yang dihadapi sektor ini, seperti kekurangan infrastruktur pendukung, akses pembiayaan yang terbatas, dan rendahnya tingkat pendidikan kreatif. Hingga saat ini, pengangguran, kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi masih menjadi persoalan klasik yang memerlukan solusi.  Meskipun demikian, dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, subsektor digital seperti aplikasi dan permainan telah menguasai panorama ekonomi kreatif. Industri dalam ekonomi kreatif sangat mengutamakan manusia sebagai faktor produksinya, dan mesin penggerak utama manusia dalam menciptakan kreatifitas adalah ide serta gagasan manusia itu sendiri. Untuk memaksimalkan potensi ekonomi kreatif di masa depan, diperlukan strategi yang menyeluruh dan kerjasama antara pemerintah, industri, dan masyarakat.  Maka jika ingin menjadi seorang distruptor dalam ekonomi kreatif, jadilah seseorang yang mampu terus melahirkan ide-ide dan gagasan baru.  Untuk memaksimalkan potensi ekonomi kreatif di masa depan, diperlukan strategi yang menyeluruh dan kerjasama antara pemerintah, industri, dan masyarakat.
Direkomendasikan kepada Pemerintah maupun pemerintahan daerah agar segera membangun komitmen, membenahi regulasi, dan mengaktualisasikan ekonomi kreatif, sehingga keberadaan ekonomi kreatif dapat menstimulasi pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya saing daerah dan bahkan nasional. Pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi saat ini mampu mendorong tumbuhnya kegiatan usaha memasuki era ekonomi kreatif menjadi sangat elastis dan dinamis dalam menghadapi tantangan globalisasi dan modernisasi.
 Hasil analisis menyatakan bahwa ekonomi kreatif merupakan manifestasi dari upaya mencari formula untuk pembangunan yang berkelanjutan melalui gagasan dan kreativitas. Ekonomi kreatif menjadi alternatif solusi dalam mensejahterakan masyarakat dalam meningkatkan perekonomian menjadi berdaya saing. Indonesia sudah menyadari bahwa ekonomi kreatif beserta bagiannya, yaitu industri kreatif, bisa menjadi harapan untuk bisa bangkit, bersaing dan meraih keunggulan dalam ekonomi ASEAN dan global. Bentuk kolaborasi antara para cendekiawan, pelaku bisnis, dan pemerintah disesuaikan dengan peraturan perundang-undangan, prosedur dan realitas politik yang ada, karena menjadi dasar pengembangan ekonomi kreatif agar berjalan selaras dan saling tumpeng tindih Kolaborasi dapat meralisasikan pergerakan ekonomi kreatif ke arah sasaran yang dituju secara lingkup nasional. Kolaborasi juga berperan dalam pengembangan 15 kelompok industri kreatif yang memiliki beberapa tantangan utama.
 Sektor ekonomi kreatif mutlak harus mendapat perhatian. Hal ini karena sektor ini memiliki peranan penting terhadap perekonomian nasional. Namun upaya mengembangkan sektor ekonomi keratif kini dan mendatang masih menghadapi permasalahan. Kreativitas usaha yang semakin tak terbatas secara tidak langsung mempengaruhi pemanfaatan sumber daya secara optimal dari yang tidak bernilai jual menjadi memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dan Ekonomi kreatif membutuhkan kreativitas, inovasi dan ketrampilan dalam pengembangannya.
Ekonomi kreatif dan sektor pariwisata merupakan dua hal yang saling mempengaruhi, berkaitan satu dan lainnya yang jika dikelola secara optimal akan saling bersinergi sehingga mampu memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Hasil penelitian dari metode riset kepustakaan dari berbagai data, menunjukkan bahwa pengembangan ekonomi kreatif akan mampu mendukung transformasi ekonomi melalui penerapan ide-ide kreatif serta inovatif guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan sektor pariwisata memegang peranan penting untuk menyatukan individu melalui kunjungan wisatawan dalam menggunakan kreativitas tersebut.
 Hingga hari ini, Ekonomi kreatif dipahami tidak hanya mengenai penciptaan nilai tambah secara ekonomi, tetapi juga penciptaan nilai tambah secara sosial dan mental. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pelaku industri, pemerintah, dan masyarakat dalam mendorong dan mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif melalui kebijakan akselerasi transformasi digital.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H