Mohon tunggu...
Christoforus Kevin
Christoforus Kevin Mohon Tunggu... Konsultan - Christoforus Kevin S. Tr. par

Mahasiswa Program Magister Pariwisata Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Ingin Menjadi Hotelier? Wajib Hukumnya Paham Service Management

18 Februari 2022   14:05 Diperbarui: 18 Februari 2022   14:25 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Ingin menjadi hotelier? Wajib hukumnya paham Service Management 

Industri hotel merupakan industri yang berkembang sangat pesat dan membutuhkan sumber daya manusia yang sangat banyak. Kamu, mungkin salah satu dari sekian banyak yang ingin bekerja di industri hotel atau menjadi hotelier. Industri hotel sangat erat kaitannya dengan pelayanan atau service, oleh karena itu sebagai seorang atau calon hotelier, wajib hukumnya untuk memahami service management

Tentunya kita sudah sering mendengar istilah “service”, istilah yang sering kita temui dan akrab di telinga para sumber daya manusia di industri pariwisata dan perhotelan. Secara umum service atau servis itu tidak ada wujudnya, namun dapat dirasakan dan menjadi suatu pemenuhan kebutuhan hidup manusia. Seperti contohnya dalam industri hotel, service merupakan pelayanan dari hotelier yang diberikan kepada tamu. Berikut karakter yang wajib dimiliki oleh seorang hotelier agar dapat memberikan service yang terbaik:

1. Profesional dan memiliki etika kerja yang baik

Selain ahli dalam bidangnya dan sebagai individu yang berkompeten serta berkualitas,  profesional juga berarti bahwa individu tersebut memiliki etika kerja yang baik, seperti bertanggung jawab, jujur, memiliki kemauan belajar, daya saing dan komitmen yang tinggi. Sebagai hotelier tentunya kita harus bekerja sebaik mungkin dengan menjunjung tinggi nilai yang ada di tempat kita bekerja dengan menunjukkan kinerja sebaik mungkin.

2. Memiliki jiwa pelayanan yang tulus dan customer-oriented 

Pelayanan yang diberikan juga harus berasal dari hati yang tulus. Selain itu, pelayanan yang diberikan juga harus diberikan secara maksimal kepada semua pelanggan. Pelayanan yang kita berikan juga harus menempatkan pelanggan sebagai prioritas utama kita.

3. Ramah dan murah senyum 

Tidak cukup dengan pelayanan dari hati yang tulus, pelayanan yang diberikan juga pastinya harus diberikan secara ramah dan murah senyum. Tapi kalau untuk masalah ini sepertinya orang Indonesia juara 1 deh! Banyak turis yang menyatakan bahwa Orang Indonesia memang dikenal ramah & murah senyum, belum kenal tapi sudah disapa saat mereka datang berkunjung ke Indonesia.

4. Memiliki semangat belajar yang tinggi 

Industri service yang terus berkembang dan berevolusi adalah hal yang mutlak dan tak terhindarkan, jadi kita tidak bisa diam saja tanpa upgrade pengetahuan kita. Sebagai hotelier yang baik pastinya kita harus punya semangat belajar tinggi, tidak cepat puas dengan apa yang sudah kita ketahui, dan tentunya mau menerima masukkan dari orang lain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun