Mohon tunggu...
christin yulina
christin yulina Mohon Tunggu... Mahasiswa - pelajar/mahasiswa

hobi membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno

Media Pembelajaran Audio Visual

16 Desember 2023   12:45 Diperbarui: 16 Desember 2023   12:53 54
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Menurut Anderson (1994:99), media audio visual adalah merupakan rangkaian gambar elektronis yang disertai oleh unsur suara audio juga mempunyai unsur gambar yang dituangkan melalui pita video. Rangkaian gambar elektronis tersebut kemudian diputar dengan suatu alat yaitu video cassette recorder atau video player. Sedangkan Barbabara (Miarso, 1994: 41) mengemukakan bahwa media audio visual adalah cara memproduksi dan menyampaikan bahan dengan menggunakan peralatan mekanis dan elektronis untuk menyajikan pesan-pesan audio visual.

Media pembelajaran audiovisual telah memperoleh posisi sentral dalam perkembangan pendidikan modern. Melalui gabungan elemen visual, suara, dan teks dalam format video, podcast, animasi, serta presentasi multimedia, media ini telah menghadirkan revolusi dalam metode pengajaran dan pembelajaran. Salah satu peran utamanya adalah dalam memperkuat pemahaman konsep yang kompleks. Penggunaan kombinasi visual dan suara memungkinkan penyampaian informasi secara lebih dinamis dan terstruktur, memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam bagi para pelajar. Terlebih lagi, media ini mampu meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses belajar. Video edukatif yang memukau, animasi yang menghidupkan materi yang abstrak, dan presentasi multimedia yang interaktif dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang menarik dan memotivasi.

Selain itu, media pembelajaran audiovisual juga menyokong beragam gaya belajar. Setiap individu memiliki preferensi belajar yang berbeda, dan media ini memberikan ruang bagi penyampaian materi secara bervariasi. Siswa yang lebih responsif terhadap visual dapat diakomodasi melalui video atau animasi, sementara podcast cocok bagi mereka yang lebih memilih belajar melalui audio. Dengan demikian, media audiovisual memungkinkan guru untuk memenuhi kebutuhan beragam siswa dalam mencapai pemahaman yang mendalam terhadap materi.

Penggunaan strategis media pembelajaran audiovisual menjadi kunci dalam memaksimalkan potensinya. Diperlukan rencana pembelajaran yang bijaksana untuk mengintegrasikan media ini ke dalam kurikulum. Relevansi materi dengan kurikulum yang ada dan pemilihan media yang tepat sangat penting untuk mencapai efektivitas dalam pembelajaran. Lebih dari itu, aspek aksesibilitas juga tidak boleh diabaikan. Media haruslah dapat diakses dengan mudah oleh semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus.

Dalam konteks yang lebih luas, media pembelajaran audiovisual menjadi tulang punggung dalam menghadirkan pengalaman pembelajaran yang inklusif, dinamis, dan relevan dalam pendidikan. Terus berkembangnya teknologi membuka peluang baru bagi pendidikan untuk menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Dengan memanfaatkan media pembelajaran audiovisual secara efektif, kita dapat melangkah menuju pendidikan yang lebih adaptif, inklusif, dan menyenangkan bagi semua siswa.

Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua. Media ini dibagi lagi ke dalam: (a) Audio Visual Diam, yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti film bingkai suara (sound slides), film rangkai suara, cetak suara; dan (b) Audio Visual Gerak, yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti film suara dan video cassette. Media Audio-Visual ini mengandalkan 2 indera manusia sekaligus yakni pendengaran (Audio) dan Penglihatan (Visual). Alat bantu ini juga merupakan alat yang dipergunakan dalam situasi belajar untuk membantu kata serta tulisan dapat menularkan pengetahuan, ide serta sikap peserta didik. 

Media Audio-Visual terdiri dari:  Media Audio Visual Diam dan Media Audio Visual Gerak Media Audio Visual Diam Yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam, contohnya Sound slide (Film bingkai suara). Sedangkan, Media Audio Visual gerak ialah media yang menampilkan suara dan gambar bergerak, Contohnya seperti film, Televisi dan lain-lain.

Dengan menggunakan media audio visual ini diharapkan lebih memudahkan peserta didik untuk menyerap lebih baik materi yang telah disampaikan oleh guru. Karena kegiatan pembelajaran yang ideal adalah ketika guru mampu menciptakan kondisi dan aktif sehingga materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun