Salam Guru Penggerak.
Refleksi dwi mingguan selalu dilakukan dengan rutin. Tentunya setiap 2 minggu sekali. Dan saya lebih senang menggunakan model 4F. (Facts, Feelings, Findings, Future). Model ini dikembangkan oleh Dr. Roger Greenaway. Ada empat bagian yang akan saya tuliskan dalam refleksi ini.
1. Fact (Peristiwa)
Modul 3.3 merupakan "The Last Modul" pada PGP (Program Guru Penggerak. Selama enam bulan kami bergelut dengan 9 Modul.
Modul 3.3 ini dimulai pada tanggal 15 Mei 2023 lalu. Awal kami harus melalui Mulai dari diri, kami menjawab pertanyaan-pertanaan untuk mengukur seberapa jauh kami tahu tentang materi 3.3 yaitu tentang Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid.
Dalam modul ini, saya sudah mempelajari materi menyusun sebuah program yang berdampak positif pada murid. Di sini kami belajar tentang bagaimana cara menumbuhkan student agency (kepemimpinan murid) dengan:
- Suara (voice)
- Pilihan (choice)
- Kepemilikan (ownership) murid
Materi pada modul 3.3 sangat sulit menurut saya. Sulit bagi saya untuk menemukan kegiatan yang dapat menncakup tiga hal di atas. Maka saya sangat antusias untuk mempelajari materi ini. Saya ingin dapat mempraktikkan hal ini, karena kalau saya melihat dari contoh video yang ada, kegiatan di sekolah sangat menarik. Saya ingin sekali di sekolah saya ada kegiatan yang dapat menyenangkan dan membangun kepemimpinan murid. Tentunya kegiatan yang dicanangkan didukung dengan lingkungan sekitar, sehingga tumbuh kembang kepemimpinan murid dapat benar-benar di realisasikan
Keberadaan rekan-rekan CGP sangat membantu saya, mereka adalah teman yang solid dan saling mendukung ketika ada anggota kelompok yang kesulitan. Begitu juga dalam diskusi yang kami lakukan, hal itu menambahn wawasan kami dengan lebih baik. Â
2. Feelings (Perasaan)
Saya merasa senang ketika mulai belajar tentang modul 3. Saya merasa materi kali ini sangat menarik, selain itu modul ini adalah modul terakhir yang bisa saya pelajari. Banyak hal yang saya peroleh dari semua materi yang saya dapatkan, termasuk materi modul 3 ini, tentunya semua yang saya dapatkan harus diimplementasikan di sekolah saya, pertama di kelas, kemudian kita imbaskan ke kelas lain. Sedikit-sedikit tentu nanti akan semakin berkembang dan akhirnya satu kesatuan dalam sebuah lingkungan sekolah, semua dapat mengimplementasikan. Â