Mohon tunggu...
Christina Titi
Christina Titi Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Search Engine Optimisation (SEO) dan Strategi Penggunaannya

27 Februari 2018   17:22 Diperbarui: 28 Februari 2018   09:03 365
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
http://www.dmnews.com/marketing-strategy/7-quick-tips-for-boosting-your-seo-a-beginners-guide/article/746464/

                

Salah satu cara untuk meningkatkan peringkat website adalah menggunakan search engine optimization (SEO) dengan memperhatikan nama domain, link, keywords, tittle tags, meta description tags, alt tags, dan submite website to search engine.

Pengertian dan Manfaat SEO

Setiap orang yang memiliki sebuah situs menginginkan agar situsnya berada pada peringkat teratas. Oleh karena itu, pemilik website harus melakukan suatu cara agar situsnya berada pada urutan teratas. Terdapat dua cara untuk meningkatkan peringkat website, yaitu dengan menggunakan search engine optimization (SEO) dan search engine marketing (SEM). Menurut Tay (2004), SEO merupakan modifikasi yang dilakukan untuk meningkatkan peringkat di website tanpa menggunakan biaya. Sedangkan SEM merupakan cara meningkatkan peringkat website dengan mengeluarkan biaya, misalnya dengan memasang iklan.

Strategi marketing internet untuk meningkatkan peringkat website dapat memberikan beberapa keuntungan bagi pemilik website (Tay, 2004), yaitu :

  • Dapat meningkatkan kunjungan customers pada suatu website.
  • Meningkatkan hasil penjualan dari produk dan jasa yang dicari oleh customers.
  • Dapat membangun brand mereka secara online dengan mengkomunikasikan pesan pemasaran kepada target audiens.
  • Meningkatkan profil mereka supaya dapat mengalahkan kompetitor.
  • Dapat menjadikan audiens global sebagai target melalui search engine internasional.

Cara Kerja SEO

SEO mempunyai cara kerja tersendiri sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya. Spider atau crawler yang merupakan komponen dari search engine mengumpulkan daftar kata yang dicari secara otomatis. Kemudian spider mengikuti link ke halaman website, membuat salinan dari halaman website dan menyimpannya dalam indeks search engine. Setelah itu, search engine memberikan peringkat pada website yang ada di indeks tersebut. 

Strategi SEO

Terdapat beberapa teknik atau strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan peringkat website (Tay, 2004), antara lain:

  • Domain Name Strategies : Domain yang digunakan adalah domain yang sederhana, singkat, tidak ada tanda hubung, dan tidak ada angka. Nama domain harus menggunakan kata kunci, kata umum, nama produk, dam kata-kata dalam istilah iklan. 
  • Linking Strategies: Supaya dapat meningkatkan link maka harus memiliki konten yang bagus, outbound link yang baik, menargetkan daftar situs yang dapat terhubung dengan situs kita, dan memperhatikan bahwa tautan demi tautan dapat merusak peringkat pencarian kita.
  • Keywords: Kata kunci merupakan hal yang penting dalam mengoptimalkan peringkat website. Hal ini karena kata kunci adalah kata-kata yang paling banyak muncul di halaman. Spider memilih kata kunci yang sesuai untuk setiap halaman dan mengirimkannya kembali ke search engine. Setelah itu, website akan diindeks berdasarkan kata kunci. Jangan menggunakan kata kunci seperti 'the'dan 'of' karena spiderakan mengabaikan kata tersebut.
  • Tittle Tags: Tittle tags juga penting untuk mengoptimalkan peringkat. Setiap halaman website harus diberi judul tersendiri agar memudahkan pencarian oleh search engine.
  • Meta Description Tags: Meta description tags ditampilkan di bawah judul dari hasil pencarian, sehingga harus menggunakan kata kunci dan bahasa promosi yang dinamis. 
  • Alt Tags : Alt tags meliputi kata kunci yang ada di dalam alt tags.
  • Submit your website to Ses for Indexing : Mengirimkan website kepada direktori mesin pencari, situs direktori dan situs portal. Hal ini karena pengindeksan membutuhkan waktu selama satu sampai tiga bulan.

SEO Copywriting

SEO copywriting menurut Neilpatel.com yaitu menciptakan konten yang bermanfaat, menarik dan bernilai dengan kata kunci tertentu agar dapat dipromosikan di media sosial. Di bawah ini merupakan elemen SEO copywriting seperti yang ada dalam Neilpatel.com:

  • Site Speed: Meskipun konten website menarik, tetapi jika membutuhkan waktu yang lama untuk dibuka maka pengunjung akan meninggalkan website tersebut. Cara yang dapat dilakukan untuk mengukur kecepatan situs adalah dengan menggunakan Pingdom's website speed test.
  • Headline: Headline(judul) harus menarik perhatian pengunjung website, sehingga mereka membuka website tersebut dan membaca lebih jauh. Headline yang menyampaikan pesan atau gagasan spesifik lebih banyak mengundang perhatian pengunjung.
  • Konten: Orang melakukan pencarian di search engine untuk mencari konten yang bermanfaat. Hal ini membuat konten menjadi elemen vital dalam copywriting SEO.  Konten website harus diperbarui secara konsisten karena search engine juga memberi sesuatu yang baru. 
  • Meta Description: Meta description berupa deskripsi kata di halaman sebagai cuplikan saat orang mencari kata kunci yang relevan dengan halaman tersebut. Sebaiknya meta description terdiri dari 150-160 karakter.
  • Keyword Frequency: Keyword frequency berarti berapa kali kata kunci yang kita pilih muncul di halaman website. Frekuensi kata kunci merupakan salah satu hal yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan peringkat website.
  • Page Links: Link atau tautan adalah dasar dari halaman web. Tautan dapat membuat orang-orang mengakses konten bermanfaat dari situs kita yang lain atau dari situs orang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun