Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Karrinyup, Suburb, dan Kota Penyangga Utara Perth City

20 Februari 2021   13:41 Diperbarui: 20 Februari 2021   13:54 465
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pandang burung kota Karrinyup, Perth | Pandang burung kota Karrinyup, Perth

Selama aku kuliah di Perth, pada saat senggang, bukan hanya di saat2 weekend saja, aku pastikan keliling Perth dan sekitarnya.

Mengapa?

Karena, aku kangen rumah. Aku kangen bapak dan ibu. Jadi, jika tidak ada tugas2 atau belajar untuk ujian, aku pasti keluar dari rumah kostku untuk jalan2 kemanapun.

Walau aku juga buta Perth, dan waktu itu belum aba "google map", blum ada handpone tahun 1992 sampai 1993 aku kuliah, aku selalu membawa buku peta Perth besar, untuk mempelajari kota Perth dan sekitarnya termasuk suburb2nya.

Jika ada waktu, aku pasti naik kereta atau bus untuk datang sendirian kesana. Untuk membuang waktu dan untuk survey. Ya, aku sudah mulai keranjingan survey di temoat2 yang baru, untuk informasi, inspirasi dan ilmu2 baru bagiku, sebagai seorang arsitek muda yang baru lulus di tahun 1992 lalu ......

Salah satu suburb Perth City yang aku tertarik untuk kupelajari adala Karrinyup

Karrinyup adalah pinggiran kota Perth, ibu kota Australia Barat, dan terletak 12 km di utara kawasan pusat bisnis Perth Citu. Wilayah pemerintahan lokalnya adalah Kota Stirling.

Nama Karrinyup awalnya berasal dari kata Careniup, nama Noongar untuk rawa di dekatnya, kata Aborigin yang tampaknya berarti "tempat di mana kanguru semak merumput".

Tetapi, keyataanya Karrinyup justru sebuah suburb perkotaan modern, yang tidak banyak terlihat pengjiauan besar, tempat merumput kangguru, hihihi .....

Pusat Perbelanjaan Karrinyup memiliki stasiun bus, pusat komunitas dan perpustakaan serta dua department store besar. Dibangun pada tahun 1973 dan sejak itu telah diperluas untuk menawarkan akomodasi ritel seluas 54.587 m dengan tempat parkir tertutup dan terbuka. Wikipedia.

Jika aku ke Fremantle, dengan kereta pasti aku melewati Karrinyup. Berkali2 aku turun di stasiun Karrinyup, aku cukup tertarik dengan halte bus dan stasiun keretanya, yang di tahun 1993 lalu, baru saat iut aku tahu bagaimana halte bus dengan desain yang cantik .....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun