Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Hobby Pilihan

"Filateli Kreatif" Itu Harus Sebebas Burung di Udara atau Paus yang Berimigrsi ke Seluruh Samudra

18 November 2019   10:35 Diperbarui: 18 November 2019   10:42 75
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi pribadi | Koleksi Jepangku bertema SAKURA, dengagn larat kertas A4 warna shocking pink, menjadi "point of interest" mata kita

By Christie Damayanti

Awalnya, ketika aku baru bergabung ke komunita Filateli, aku bingung, bagaiana aku bisa memamerkan koleksi2ku yang sudah ribuan jumlahya, sejak aku masih SD. Melihat2 di beberapa grup filateli di Facebook, atau datang ke undangan Pameran Filateli di Jakarta, sampai akhirnya aku menemukan ide untuk ikut serta memamerkan koleksi2ku.

Awalnya juga, aku belum berpikir untuk pameran pribadi. Lah, mau ikut pamean bersama saja, aku tidak bisa, setelah aku banyak bertanya kepada senior2 filateli di KFJ (Kantor Filateli Jakarta), waktu itu. Diputar2 sedemikian, sampai akhirnya aku benar2 sadar, memang tidak gampang untuk berpameran, bahkan berpameran bersama .....

Awalnya lagi, aku belum menerti tentang filateli. Aku baru banyak membaca tentang ini, sampai akhirnya akuberada di sebuah titik, bahwa Filateli Indonesia "hanya" diounyai oleh filatelis2 senior dengan dana yang lumayan besar, untuk bisa berpameran.

Itupun, kita harus pnuysk skill khusus untuk bisa "masuk" di komunitas ini. Secara, untuk berpameran pun ada aturan2 yang ketat serta dana yang besar karena kita harus "berburu" prangko2 atau benda2 filateli lainnya, untuk bisa melengkapi dalam 1 tema.

Sebuah pameran filateli secara nasioal atau internasional dan itu semua dilombakan. Padahal, aku hanya ingin berpameran saja, bukan untuk dilombakan .....

Sehingga, pada titik itu aku pasrah, bahwa mungkin aku tidak bisa ikut berpameran ......

Pda suau hari di tahun 2012, tiap Sabtu aku pasti ke KFJ untuk diskusi atau kongkow dengan teman2 filatelis lainnya, sampai Kepalan KFJ, Bp Rizal almarhum, berminat untuk mengadakan pameran tunggal untukku, setelah beliau kagum dan tertarik dengan koleksi dan desain2 ku untuk dipamerkan.

Itulah Pameran Tunggal Pertama, bertema DISNEY di TMII, dan setelah itu berturut2 pameran2 ku bersama atau pribadi sampai sekarang, dan tahun 2019 ini adalah Pameran Filateli Kreatif ku yang ke-18. Dengan rekor, reward dan award dari berbagai intansi serta semua media .....

Tahun 2011, adalah pertama aku keuar dari kepompongku dan menghasilkan Pameran Filateli Kreatif, tetapi yang mendesain adalah PT Pos Indonesia, juga di TMII.

***

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun