Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Aku dan Kompas

30 Juni 2015   11:18 Diperbarui: 30 Juni 2015   11:25 382
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

  

Aku dan Kompas …..

Umurku ga jauh beda dengan Kompas. Kompas beberapa tahun diatasku. Aku tidak tahu, dari tahun berapa keluargaku berlangganan Kompas. Tetapi yang jelas, Kompas merupakan bacaan utama keluargaku sejak aku kecil, selain beberapa Koran lagi karena papa harus memonitor banyak hal berhubungan dengan pekerjaannya sebagai pejabat Pemda, waktu itu .....

Dulu, papaku mengajarkan aku membaca koran hanya judul2 berita saja, karena aku belum tertarik membaca koran waktu aku masih duduk di bangku SD. Setiap hari, aku membaca judul2nya saja, ditemani papaku. Sekali2 aku membaca isi berita jika aku tertarik dengan judulnya. Dan jika aku membaca isi berita, papaku mengawalku untuk menerangkan isi berita itu. Maklum, kata2 sebuah koran sangat "tinggi" untuk ku waktu itu, sebagai pelajar SD.

Seiring dengan umurku dan ketelatenan papa membimbingku untuk membaca koran, Kompas sudah semakin nyata sebagai duniaku. Aku memang tidak pernah tertarik tentang berita politik. Untukku, politik "jahat" luar biasa. Aku mulai menyukai berita2 tentang alam dan lingkungan, arsitektur dan bangunan serta properti. 

Ketika papa pensiun tahun 1995 lalu, papa beralih sebagai wiraswasta di bidang konstruksi, dan langganan koran dihentikan KECUALI Kompas. Dan beralih dengan majalah2 konstruksi dan properti. Dan Kompas adalah tetap bacaan utama papa setelah jalan pagi dan juga bacaanku utama sebelum berangkat berkegiatan.

Papa selalu menggunting berita2 yang aku suka atau berita2 yang dibutuhkan untuk keluarga, sampai beliau dipanggil Tuhan tahun 2013 lalu. Misalnya, kesehatan atau berita2 update tentang kejahatan yang sedang booming (supaya kami semua behati2). Guntingan2 berita itu selalu diberikan padaku, mamaku atau anak2ku setiap malam. Dan jika adik2ku datang pas liburan dari Amerika dan Bali, papa juga memberikan guntingan2 berita yang sesuai dengan kebutuhannya.

 

 

Guntingan2 berita Kompas yang papa guntingkan untukku, yang belum sempat aku kliping ……


Banyak berita2 Kompas aku kliping. Selain memang hasil guntingan2 berita dari papa, aku pun selalu menggunting berita untuk yang aku butuhkan, terutama kebutuhan risetku sebagai dosen dan urban planner. Dan aku menikmatinya, sampai pada suatu saat .....

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun