Jika Anda seorang freelancer atau sering bekerja dari rumah, tentu ruang kerja menjadi salah satu tempat penting. Maka dari itu, Anda perlu merancangnya dengan tepat sehingga produktivitas bekerja jadi meningkat. Ruang kerja sebaiknya mampu memberikan aura baik dan nyaman bagi Anda. Sebelum mulai mendesain, ada 5 hal yang perlu dilakukan agar hasilnya lebih maksimal. Simak selengkapnya ya!
BERI ATENSI PADA WARNA DINDING
Sebelum mendesain ruang kerja, Anda perlu memperhatikan warna dinding. Pilih warna yang sesuai selera Anda, misalnya monokrom, earthy atau penuh warna. Hal ini akan mempengaruhi fokus dan rasa semangat saat bekerja. Anda juga bisa mengatur warna dinding agar senada dengan furnitur.
ATUR PERLENGKAPAN KERJA DENGAN RAPI
Anda wajib menata perlengkapan yang digunakan sesudah bekerja seperti menempatkan pada rak buku atau menyimpannya dalam laci dibawah meja. Ruang kerja yang berantakan bisa membuat Anda tidak nyaman. Selain itu, taruh minuman Anda pada tempat yang jauh dengan dokumen pekerjaan supaya tidak tumpah.
TENTUKAN GAYA DESAIN
Sama seperti warna dinding, gaya desain bisa diterapkan sesuai favorit Anda. Banyak gaya desain yang bisa Anda jadikan inspirasi mulai dari modern minimalis, industrial hingga skandinavia. Untuk gaya modern minimalis, perhatikan ukuran furnitur yang diletakkan agar ruangan tidak terasa penuh.
PILIH KURSI YANG NYAMAN
Melakukan pekerjaan sulit biasanya memakan waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, penting untuk memilih kursi yang senyaman mungkin sehingga tidak menganggu postur tubuh. Anda pun bisa tercegah dari nyeri sendi dan penyakit tulang.
PERTIMBANGKAN LETAK RUANGAN
Bekerja di rumah tentu tidak dapat disamakan dengan berada di kantor. Tantangannya, Anda mungkin akan mendengar suara-suara yang berasal dari luar ruangan. Misalnya saja suara kendaraan atau suara sang buah hati sedang asyik bermain. Untuk mengatasi hal ini, sebaiknya pilih letak ruang kerja yang tepat seperti berada pada lantai atas atau tidak berdekatan dengan jalan raya.