Mohon tunggu...
Christabel Rusi
Christabel Rusi Mohon Tunggu... Wiraswasta - Penulis buku Puzzle of Happiness & Puzzle of Mindfulness. Podcaster LompatanHidup.com

Pembelajar di setiap saat. Pengajar di saat dibutuhkan.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Jadi Penulis?

25 Oktober 2019   00:00 Diperbarui: 25 Oktober 2019   00:42 25
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hobi. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Beberapa bulan belakangan ini sibuk banget sama kegiatan sekolah anak-anak. Anak yang sekolah, emaknya yang sibuk? Iya gue juga bingung. Hehehe.. Makanya dengan kepilihnya Om Nadiem jadi Mendikbud gue jadi punya harapan lebih untuk sistem pendidikan di Indonesia. Curcol yak gue..

Sebenernya gue masih bingung dengan ngeblog di Kompasiana, secara gue baru dapet mentor ciamik, Mas Hariadhi, yang ngajarin untuk buat blog di sini. Nyemplung dulu deh. Gelagapan dikit gak apa-apa ya..

Malem ini, abis nemenin anak nonton, gue udah ngantuk banget. Udah mau rebahan di kasur. Terus tergoda buka hape. Duh.. malah jadi baca kan materinya Mas Hariadhi soal nulis. Plus ada PR.. Tidur? Apa kerjain?

Kalo ditanya apa yang gue bayangin dari menulis masa kini, jawaban gue mungkin agak ngawur. Gue sumpah gak kebayang apa-apa. Yang gue tau, gue demen nulis, dan menulis jadi cara buat gue untuk menuangkan perjalanan pembelajaran gue.

Yup, gue belajar dengan menulis. Buat gue, ketika gue mendapatkan pengetahuan-pengetahuan yang merupakan jawaban dari pertanyaan dan pencarian gue, itu kaya gue dapetin kepingan-kepingan puzzle yang masih berantakan.

Gue tau ada hubungan antara yang ini dengan yang itu, yang itu dengan yang ono, tapi gambaran besarnya masih absurd. Dan menulis, membantu gue untuk menyusun kepingan demi kepingan itu jadi satu gambar yang jelas buat gue.

Seiring gue menuliskan pengetahuan dan pembelajaran gue, gue sebenernya belajar memformulakan sesuatu untuk diri gue sendiri, untuk pegangan gue. Karena kebetulan profesi suami gue dan gue adalah hipnoterapis, gue merasa formula yang gue rangkum dan puzzle yang gue susun satu per satu, bisa membantu orang lain juga selain diri gue sendiri.

Intinya, gue merasa menulis adalah terapi buat gue dan sekaligus jalan buat gue untuk bisa berbagi dan bermanfaat untuk orang lain.

Nah, disinggung soal menulis bisa menghasilkan duit malem ini oleh Mas Hariadhi, jujur ini topik yang lagi gue butuhin saat ini. Gue udah nulis dua buku, Puzzle of Happiness dan Puzzle of Mindfulness, dan gue cukup happy dengan gue bisa belajar sambil bikin buku, tapi secara hasil duit.. Hmm.. masih kecil. Hehehe.. Dan gue perlu banget belajar marketing! Gue suka nulis, tapi gue gak tau ke mana dan gimana gue mesti jualan.

Dari pilihan-pilihan yang diceritain Mas Hariadhi malem ini, jujur gue gak ada yang kepikiran. Mungkin bayangan gue tentang menulis masa kini adalah harapan gue bahwa dengan menulis untuk gue belajar, gue bikin buku, dan bisa juga gue pasarin sampai jadi uang.

Saat ini gue masih cukup happy dengan orang baca buku gue dan dapet manfaat dari situ.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun