PRAKTIKUM I
MYOB ACCOUNTING
*Mengaktifkan Program MYOB Accounting
Prosedur mengaktifkan data akuntansi melalui MYOB dilakukan dengan langkah sbb :
1.Hidupkan komputer anda, setelahWindows aktif, klik start , pilih program. Pilih MYOB Accounting Versi 10, selanjutnya klik icon MYOP Accounting Versi 10 atau double klik.
2.Muncul Welcome To MYOB Accounting
3.Klik Salah satu dari lima pilihan. Untuk membuat data baru, pilih Create New Accounting Data.
*Membuat Data Akuntansi Baru
1.
Klik tombol Create New Accounting Data, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini.
2.Klik tombol Next> untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
3.Isikan nama dan alamat perusahaan, & nomor telepon perusahaan lalu klik tombol Next>.
4.Isikan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan pada isian Sales Tax Number, klik tombol Next> untuk melanjutkan proses.
5.Isikan data tahun dan bulan sebagai dasar untuk pencatatan transaksi, misalkan periode akuntansi dimulai bulan Januari dan berakhir bulan Desember, proses pengolahan data mulai tahun 2002. Current Financial Years diisi dengan 2002 dan Last Month of Financial Years diisi dengan Desember. Jika isian bulan pada Last Month of Financial Years tidak sesuai dengan yang diinginkan. Anda harus mengklik pada posisi ini dan pilih bulan yang dikehendaki. Klik tombol Next> untuk melanjutkan proses.
6.Isikan bulan mulai transaksi dicatat, misalkan proses pencatatan akan dimulai bulan January, maka pada Conversion Month pilih January. Klik tombol Next> untuk melanjutkan proses.
7.Pilih Twelve untuk periode akuntansi, sebagai contoh tahun proses data 2002, periode akuntansi dimulai bulan January sampai dengan December dan jumlah periode 12.
PERHATIAN :
Proses langkah diatas merupakan ketentuan yang dipakai sebagai dasar pencatatan akuntansi dan jika data yang diisikan tersebut terdapat kesalahan maka akan berakibat fatal, karena informasi tersebut sudah tidak dapat diperbaiki lagi.
CONTOH :
Anda telah menentukan tahun 2002 dan mencatat sebagai transaksi tahun 2002, ternyata terdapat kesalahan seharusnya data yang diproses adalah tahun 2001, maka harus dibuat data baru lagi mulai dari langkah pertama.
8.Klik Next> untuk melanjutkan proses setelahdata diatas benar.
9.Pilih jenis usaha sesuai jenis usahanya. Untuk latihan kali ini jenis usaha perdagangan komputer. Pilih El Computer Dealer lalu klik next>.
10.Tuliskan user ID dengan nama anda. Klik next>
11.Klik Next> untuk proses selanjutnya.
12.Simpan file di driveyang anda kehendaki, klik OK jika anda setuju.Apabila selesai klik Finish.
PRAKTIKUM II
MEMBUAT NOMOR DAN KELOMPOK REKENING
*Kelompok Rekening
Prinsip pencatatan MYOB digolongkan dalam berikut ini :
Asset (Aktiva)dimulai dengan nomor rekening 1
Liability (Hutang)dimulai dengan nomor rekening 2
Equity (Modal)dimulai dengan nomor rekening 3
Income (Pendapatan)dimulai dengan nomor rekening 4
Cost Of Sales(HPP/HP Produksi)dimulai dengan nomor rekening 5
Expense (Biaya)dimulai dengan nomor rekening 6
Other Income (Pendapatan Lain)dimulai dengan nomor rekening 8
Other Expense (Biaya Lain)dimulai dengan nomor rekening 9
Nomor rekening mak. 5 digit. Ada dua type rekening yaitu Header (induk) yaitu rekening yang masih punya sub rekening dibawahnya sedangkan rekening Detail dibagi 2 type Detaildan Detail Cheque atau Detai Credit Card Account yaitu rekening yang tidak mempunyai sub rekening dibawahnya lagi.
*Mengganti Nama Rekening
Jika anda menghendaki rekening dalam bahasa Indonesia maka harus diganti dengan cara :
1.Pilih nomor rekening yang sama.
2.Sorot rekening yang akan diganti
3.Klik tombol Edit atau klik ganda mouse Anda.
4.Ketikkan nama rekening lain yang diinginkan.
*Mencatat Rekening Baru
1.Pilih General Ledger lalu Chart Of Accounts, lalu pilih New.
2.Tentukan Type, Nomor dan nama rekening serta isikan saldo awal (jika ada) untuk rekening yang bertype Detail.
ContohKelompok aktiva(asset),
Aktiva Lancar bertype header
Piutang Karyawan type detail.(Rekening type detail terdapat file Opening Balance untuk mengisi saldo awal dan Linked Account For> yang menunjukkan kaitan dengan rekening lainnya. Linked Account For> Unlinked, artinya rekening bersangkutan tidak terkait dengan rekening lainnya)
MAN I COMPUTER
Jl. Moh. Seruji No. 68 Jember
Rekening per 1 Januari 2002
RekeningAccountType Saldo Awal
1-0000AKTIVAHeader0
1-1000Aktiva LancarHeader0
1-1100KasDetail5.000.000
1-1110Kas KecilDetailCheque4.750.000
1-1120BankHeader0
1-1121Bank MandiriDetail Cheque180.000.000
1-1122Bank BCADetail175.000.000
1-1200Piutang UsahaDetail0
1-1210Piutang KaryawanDetail0
1-1300Uang MukaDetail0
1-1400Persediaan Barang DaganganDetail0
1-2000Aktiva TetapHeader0
1-2100Peralatan KantorHeader0
1-2110HP Peralatan KantorDetail120.000.000
1-2120Akum. Penyusutan Peralatan KantorDetail2.600.000
1-2200KendaraanHeader0
1-2210HP. KendaraanDetail75.000.000
1-2220Akum. Penyusutan KendaraanDetail11.000.000
2-0000HUTANGHeader0
2-1000Kewajiban LancarHeader0
2-1100Hutang GajiDetail62.000.000
2-1200Pendapatan Diterima DimukaDetail0
2-1300Hutang UsahaDetail42.750.000
2-1400Hutang PPNDetail0
2-2000Kewajiban Jangka PanjangHeader0
2-2100Hutang BankDetail253.600.000
2-2200Hutang Jangka PanjangDetail0
3-0000MODALHeader0
3-1000Modal SahamDetail189.000.000
3-2000Laba DitahanDetail0
3-3000Laba Periode BerjalanDetail0
3-9999Hitorical Balancing AccountDetail26.000.000
4-0000PENDAPATANHeader0
4-1000Penjualan Peralatan KomputerDetail0
4-2000PenjualanKomputerDetail0
4-3000Pendapatan Jasa AngkutDetail0
4-4000Pendapatan Denda KonsumenDetail0
5-0000HARGA POKOK PENJUALANHeader0
5-1000HPP Peralatan KantorDetail0
5-2000HPP KomputerDetail0
6-0000BIAYA-BIAYAHeader0
6-1000Gaji KaryawanDetail0
6-1100PromosiDetail0
6-1200Administrasi BankDetail0
6-1300PerawatanDetail0
6-1400PenyusutanDetail0
6-1500Potongan PembelianDetail0
6-1600Denda Terlambat BayarDetail0
6-1700Ongkos Angkut PembelianDetail0
6-1800Biaya Listrik & TelponDetail0
6-1900Biaya Perlengkapan KantorDetail0
6-2000Biaya Sewa RuangDetail0
PRAKTIKUM III
PENCATATAN VENDOR CARD
*Pencatatan data pemasok (vendor) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.Klik menu Card File, selanjutnya akan tampil beberapa sub menu.
2.Klik tombol Card. Akan tampil kotak dialog View Card File seperti gambar berikut :
3.Klik icon New. Akan tampil dialog Card File Entry.
a)Pada Card Type, pilih Vendor
b)Isi informasi meliputi nama perusahaan, alamat, nomor telp/fax, orang yang dihubungi diperusahaan (kontak personal). Seperti gambar berikut ini.
4.Klik icon Terms, untuk mengisi termin pembelian dan batas kredit. Kotak dialog Credit Term ditampilkan. Isi termin dan batas kredit. Seperti gambar berikut ini.
Catatan :
Payment In Due: On A Day Of The Month
Discount Date:10 thn
Balance Due Date:30 thn
% Discount For Early Payment:2%
5.Klik OK. Apabila anda ingin menambahkan informasi rekening bank pemasok untuk transver maka klik iconBank Info. Seperti gambar berikut ini.
Banking Information :
Contoh :
PT. Trakindo Raya
BSB Code:001-214
Account Number:254
Account Name:Rizal
DATA PEMASOK (VENDOR)
Nama:PT. Adi Luhur PersadaPT. Sinar Mas Jaya
Alamat:Jl. Karimata No. 68Jl. PB. Sudirman 57
Kota:SurabayaJember
Negara:IndonesiaIndonesia
Kode Pos:1234523456
Kontak:Amir UbaidillahSukarno
No. Telp:031-25675480331-330768
No. Fax:031-25675280331-330742
Batas Termin:Rp. 9.800.000Rp.9.500.000
Termin:2/10,Net/303/10, Net/30
Nama:PT. Jaya UtamaPT. Trakindo Raya
Alamat:Jl. WR. Supratman 23Jl. Tamrin 45
Kota:MalangJakarta
Negara:IndonesiaIndonesia
Kode Pos:1567476890
Kontak: Moh. ZidaneSiswanto
No. Telp:0341-416988021-546832
No. Fax:0341-416967021-546845
BatasTermin:Rp. 1.750.000Rp. 2.500.000
Termin:2/10, Net/302/10,Net/30
PRAKTIKUM IV
PENCATATAN DATA CUSTOMER CARD
*Pencatatan data pemasok (vendor) dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :
1.Klik menu Card File, selanjutnya akan tampil beberapa sub menu.
2.Klik tombol Card. Akan tampil kotak dialog View Card File.
3.Klik icon New. Akan tampil dialog Card File Entry.
a)Pada Card Type, pilih Customer
b)Isi informasi meliputi nama perusahaan, alamat, nomor telp/fax, orang yang dihubungi diperusahaan (kontak personal).
4.Klik icon Terms, untuk mengisi termin pembelian dan batas kredit. Kotak dialog Credit Term ditampilkan. Isi termin dan batas kredit.
Catatan :
Payment In Due: On A Day Of The Month
Discount Date:10 th
Balance Due Date:30 th
% Discount For Early Payment:2%
% Monthly Charge For Late Payment:5%
5.Klik OK apabila anda sudah yakin sekali betul.
DATA CUSTOMER (PELANGGAN)
Nama:Vostex ComputerMillenium Computer
Alamat:Jl. Jawa No. 68Jl. Hayam Wuruk 57
Kota:SurabayaJember
Negara:IndonesiaIndonesia
Kode Pos:2567886537
Kontak:Dike HaniSalsabila
No. Telp:031-26749840331-330926
No. Fax:031-26749240331-330917
Batas Termin:Rp. 6.000.000Rp.5.500.000
Termin:2/10,Net/302/10, Net/30
Denda:5%/bulan5%/bulan
Nama:Langitan ComputerSOB Computer
Alamat:Jl. Anggur No. 63Jl. Kartini No. 34
Kota:JakartaMalang
Negara:IndonesiaIndonesia
Kode Pos:8765454387
Kontak:SriwijayantiRosmaladewi
No. Telp:021-26754780341-416755
No. Fax:031-26754260341-416767
Batas Termin: Rp. 8.000.000Rp.5.500.000
Termin:2/10,Net/302/10, Net/30
Denda:5%/bulan5%/bulan
Nama:Lautan ComputerPPKIA
Alamat:Jl. Mangga No. 76Jl. Kartini No. 34
Kota:JakartaJember
Negara:IndonesiaIndonesia
Kode Pos:5673489765
Kontak:SyaifulHidayat
No. Telp:021-45637870331-888938
No. Fax:031-45637450331-888923
Batas Termin:Rp. 4.000.000Rp.8.500.000
Termin:2/10,Net/302/10, Net/30
Denda:5%/bulan5%/bulan
PRAKTIKUM V
PENCATATAN INVENTORY
*Pencatatan barang/jasa yang diperdagangkan dicatat dengan langkah sebagai berikut :
1.Klik Menu Inventory.
2.Klik Items List. Seperti gambar dibawah ini.
3.Klikicon New.
4.Isi informasi barang/jasa
Contoh : A-01 (Kelompok Peralatan Kantor)
Dalam Item Information diisi :
Item Number:M-01
Name:Mesin Ketik 987-PC
Cost Of Sales Account:HPP Peralatan Kantor ( 1-2110)
Income Account For Tracking Sales:Penjualan Peralatan Kantor ( 4-2000 Rek. Baru) pilih New
Asset Account For Item Inventory:Persediaan Barang Dagangan ( 1-1400 )
Beri tandaĂĽpada Buy This Item (apabila barang dibeli dari pemasok)
Beri tandaĂĽpada Sell This Item(apabila barang dijual kembali)
Beri tandaĂĽpadaInventory This Item (apabila barang tersebut dicatat dalam rekening persediaan).
5.Klik BuyingDetail, kemudian akan tampil gambar seperti dibawah ini.
Keterangan :
Last Purchase Price:0
Buying Unit Of Measure:Unit
Number Of Item Per Buying Unit:1
Tax Code When Bought :Fre
Minimum Level:2
Primary Vendor:PT. Adi Luhur
Default Reorder Quantity:5
6.Selanjutnya, klik Selling Detail, seperti gambar dibawah ini. Lalu klik OK !!!
Keterangan :
Base Selling Price(harga jual):6.780.000
Selling Unit Of Measure:Unit
Number Of Items Per Selling Unit:1
Tax Code:Fre
DAFTAR BARANG DAGANGAN
PERALATANKANTOR
Kode:M-01M-02
Nama Barang:Mesin Ketik987-PCProjector PC-87
Satuan:UnitUnit
Pemasok:PT. Adi LuhurPT. Adi Luhur
Harga Jual:Rp. 6.780.000Rp.9.300.000
Harga Beli:Rp. 5.100.000Rp.9.200.000
Min Level:22
Restoking:55
Kode:M-03M-04
Nama Barang:Multimag 178 SSCasanova 430 BJ
Satuan:UnitSet
Pemasok:PT. Adi LuhurPT. Adi Luhur
Harga Jual:Rp. 4.145.000Rp.3.280.000
Harga Beli:Rp. 3.790.000Rp.2.350.000
Min Level:23
Restoking:105
Keterangan :
Harga Jual:Base Sell Price
Restoking:Default Reorder Quantity
DAFTAR BARANG DAGANGAN
PERALATAN KOMPUTER
Kode:Q-01Q-02Q-03
Nama Barang:Hardisk 470Motherboard BJ-02Acer Cd Rom
Satuan:SetSetSet
Pemasok:PT. TrakindoPT. TrakindoPT. Trakindo
Harga Jual:Rp. 5.400.000Rp.2.300.000Rp.1.900.000
Harga Beli:Rp. 3.980.500Rp.1.700.000Rp.1.200.000
Min Level:5510
Restoking:5515
Kode:Q-04Q-05Q-06
Nama Barang:Printer BJ-1000Printer Laser JetCasing T-ANT
Satuan:UnitUnitUnit
Pemasok:PT. TrakindoPT. Sinar MasPT. Sinar Mas
Harga Jual:Rp. 6.780.000Rp.7.300.000Rp.1.600.000
Harga Beli:Rp. 5.810.000Rp.4.200.000Rp.1.100.000
Min Level:151515
Restoking:201015
Kode:Q-07Q-08Q-09
Nama Barang:Printer BJ-234Printer Laser Jet A-98HDD Quantum 47
Satuan:UnitUnitUnit
Pemasok:PT. Sinar MasPT. Jaya UtamaPT. Jaya Utama
Harga Jual:Rp. 5.900.000Rp.8.700.000Rp.1.900.000
Harga Beli:Rp. 3.800.000Rp.6.800.000Rp.1.100.000
Min Level:11520
Restoking:15255
Kode:Q-10Q-11
Nama Barang:Monitor BJ-987Monitor GHJ
Satuan:UnitUnit
Pemasok:PT. Jaya UtamaPT. Jaya Utama
Harga Jual:Rp. 3.900.000Rp.4.700.000
Harga Beli:Rp. 2.800.000Rp.3.800.000
Min Level:2520
Restoking:1515
PRAKTIKUM VI
KEBIJAKAN AKUNTANSI & PENCATATAN TRANSAKSI
*KEBIJAKAN AKUNTANSI
1.Periode akuntansi (tahun buku) berawal pada tgl. 1 Januari dan berakhir tgl. 31 Desember 2002.
2.Dalam pencatatan kas kecil menggunakansistem imprest.
3.Persediaan barang dagangan dicatatberdasarkan harga perolehan (cost) dan dinilai dengan menggunakan penilaian persediaan Last Cost.
4.Pembayaran gaji karyawan dibayarkan setiap tgl. 3 setiap bulannya Rp. 5.800.000 (konstan selama setahun).
5.Biaya sewa toko Rp. 1.700.000 per bulan dibayarkan setiap tgl. 10.
6.Biaya penyusutan peralatan kantor Rp. 450.000 dan kendaraan Rp. 700.000 dicatat setiap tgl. 26.
*Berdasarkan kebijakan tersebut hal yang harus dilakukan sbb :
1.Klik menu inventory.
2.Klik Set Item Price. Kotak dialog Set Item Price ditampilkan.
3.Klik icon Last Cost.
4.Klik OK.
Contoh : Transaksi gaji karyawan, sewa toko, rekening telpon & listrik dan biaya penyusutan adalah transaksi yang bersifat rutin setiap bulan. Pencatatan tersebut akan lebih efisien denganfasilitasRecurring, salah satu contoh adalah transaksi pembayaran Gaji Karyawan yang dicatat dengan langkah berikut ini :
1.Klik menu General Ledger.
2.Klik GeneralJournal Entry. Kotak dialog akan muncul :
*Tentukan tanggal transaksi (11/3/02)
*Isi keterangan singkat transaksi pada kotak Memo
*Tentukan nomor rekening (pada kolom Acct #), dengan menekan enter. Kotak dialog Select Form List ditampilkan, pilih rekening untuk posisi Debit (selanjutnya Kredit), akhiri dengan menekan tombol Use Account.
*Isikan angka untuk rekening tersebut pada kolok Debit (selanjutnya Kredit).
*Isi kode Job (dalam kasus ini dikosongkan) apabila transaksi tersebut merupakan transaksi suatu divisi atau proyek yang masing-masing proyek membuat laporan rugi-laba tersendiri.
3.Klik icon Save (Recurring). Kotak dialog Save Rekurring ditampilkan.
*Tentukan frekwensi transaksi bulanan (Monthly), mingguan (Weekly) dan sebagainya pada kotak isian Frequency.
*Tentukan hari atau tanggal transaksi pada kotak isian Remind Every Month On The.
4.Klik tombol Record. Lakukan hal yang sama untuk transaksi lainnya.
A.TRANSAKSI DAN PENCATATAN TRANSAKSI
Berikut ini contoh transaksi selama bulan Nopember dan Desember 2002, diasumsikan harga jual barang sudah termasuk pajak penjualan. Jumlah transaksi kredit baik pembelian maupun penjualan sangat mungkin melebihi batas kredit baik batas kredit dalam MYOB dibatasi hanya sampai delapan angka. Namun nilai transaksi yang dapat dicatat oleh MYOB Accounting dapat mencapai trilyunan ( lebih dari 13 angka ).
*Tanggal 01Nopember 2002
Perusahaan membeli barang dari PT. Adi Luhur secara kredit dengan rincian :
Projector PC 872 Unit
Multimag 178 SS2 Unit
Casanova 430 BJ1 Set
Mesin Ketik 987-PC1 Buah
Penyelesaian :
1.Klik menu Purchases
2.Klik Purchases. Kotak dialog Purchases ditampilkan, klik Type ( service, item, professional atau miscellaneous ) ditampilkan. Untuk kasus ini Anda pilih item dengan mengklik icon tersebut.
3.Isi semua informasi tentang pembelian. Klik tombol Record. Proses pencatatan selesai.
*Tanggal 03 Nopember 2002
Perusahaan membayar biaya Gaji Karyawan sebesar Rp. 5.800.000 dengan dana yang diambi dari Bank BCA.
Penyelesaian :
1.Klik menu General Ledger.
2.Klik General Journal Entry. Klik icon Save Recurring.
3.Pilih Pembayaran gaji karyawan dan klik ganda atau tekan tombol OK. Kotak dialog General Journal Entry ditampilkan kembali. Periksa tanggal dan keterangan transaksi, nomor rekening dan jumlah debit atau kredit. Sebelum diproses Anda dapat menyunting data pada kotak dialog tersebut.
4.Klik tombol Record. Proses pencatatan selesai.
*Tanggal 08 Nopember 2002
Seorang karyawati Meike Handayani meminjam uang untuk keperluan pribadi sebesar Rp. 2.500.000. Perusahaan mengeluarkan cek dari Bank Mandiri untuk karyawati tersebut.
Penyelesaian :
1.Klik menu Chequebook.
2.Klik Write Cheques. Klik drop-down pada kotak pilihan card. Anda cari karyawati dengan nama Salsabila. Ternyata nama tersebut tidak mungkin Anda temukan karena belum pernah dicatat. Anda dapat menambahkan nama tersebut dengan mengklik icon New, selanjutnya catat data tentang karyawan tersebut ( alamat, telp dll …. Terserah anda ).
3.Isikan data tentang transaksi tersebut dan rekening untuk menampung saldo lawan dari rekening Java Bank. Klik tombol Record.
*Tanggal 10 Nopember 2002
Perusahaan membayar sewa ruang untuk bulan Nopember sebesar Rp. 1.700.000,00
Penyelesaian :
1.Klik menu General Ledger
2.Klik General Journal Entry
3.Klik icon Use ( recurring ). Kotak dialog Select a Recurring Transaction.
4.Pilih sewa ruang dan klik ganda atau tekan tombol OK. Kotak dialog General Journal Entry ditampilkan kembali. Periksa tanggal dan keterangan transaksi, nomor rekening dan jumlah debit atau kredit. Sebelim diproses Anda dapat menyunting data pada kotak dialog tersebut.
5.Klik tombol Record. Proses pencatatan selesai.
*Tanggal 12 Nopember 2002
Perusahaan membeli barang secara tunai dari PT. Trakindo dengan rincian sebagai beikut :
Jenis BarangJumlahHarga/UnitDiskon
Hardisk 4708 buahRp. 3.980.000,0010 %
Printer BJ 10004 buahRp. 5.810.000,0015 %
Penyelesaian :
1.Klik menu Purchase
2.Tampilkan kotak dialog Purchase item
3.Isi
Vendor: PT. Trakindo Raya
Ship To: Ditujukan pada ( otomatis ada )
Date: tanggal transaksi ( bulan/tgl/th)
Received: Jumlah barang yang dibeli
Back Order: Jumlah barang yang dikembalikan
Item Number: Kode barang
Deskription: Nama barang
Price: Harga beli barang
Disk: Diskon
Comment: komentar ( pilih/bebas/buat sendiri melalui menu New)
Ship Via: pengiriman dilakukan dengan cara ( pilih sendiri )
Paid Today: isi nilai uang sama dengan total amount
4.Klik tombolrecord ( untuk memastikan pencatatan pengeluaran cek ) lalu OK
*Tanggal 15 Nopember 2002
Perusahaan menjual barang secara tunai kepada PT. Duta Kencana dengan rincian barang sebagai berikut :
Jenis BarangJumlahHarga/UnitDiskon
Projector PC-87 3 UnitRp. 10.300.0000%
Motherboard BJ-02 5 setRp.2.300.0005%
HDD Quantum 47 7 buahRp.1.900.0005%
Monitor GAJ 3 buahRp.4.700.00010%
Penyelesaian :
1.Klik menu Sales.
2.Klik Sales. Klikpada Sales Service ( Anda tidak menemukan PT. Duta Kencana pilih New untuk membuat data baru). Isikan Informasi lain pada Ship to.
3.Isikan tanggal.
4.Deskription dengan jenis barang
5.Account diisi nomor account
6.Amount dengan harga barang
7.Paid today diisi dengan total amount.
8.Klik tombol Record.
*Tanggal 17Nopember 2002
a.Perusahaan mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.000.000,00 dari Bank BCAuntuk pemasangan iklan (promosi)
Penyelesaian :
Transaksi tersebut tidak terkait langsung dengan pembelian atau penjualan barang (jasa) sehingga di catat melalui menu General Ledger.
1.Klik menu General Ledger
2.PilihGeneral ledger Entry
3.Isikan …. Lalu kalau sudah yakin OK !!!
*Tanggal 18 Nopember 2002
Perusahaan membayar tagihan bulan Nopember 2002 berupa rekening listrik sebesar Rp. 147.500 dan rekening telepon sebesar Rp. 875.000
Penyelesaian :
1.Klik menu General Ledger
2.Klik General Journal Entry. Klik icon Use (reccurring)
3.Klik ganda Rekening Listrk & Telepon, selanjutnya pada kotak dialog General Journal Entry ditampilkan jurnal untuk transaksi tersebut. Tambahkan keterangan transaksi pada kotak ditampilkan jurnal untuk transaksi tersebut. Tambahkan keterangan transaksi pada kotak isian Memo (jika diperlukan) dan ganti angka dari 500.000 menjadi 1.022.500 (Rp. 147.500+Rp. 875.000) pada kolom Debit dan Credit. Klik OK. Angka 500.000 pada kolom Debit dan Credit merupakan angka yang telah diketikkan pada saat pencatatan transaksi recurring. Anda dapat memasukkan angka yang lain dengan catatan lebih dari 0 (nol) dan menggantinya sesuai dengan transaksi yang terjadi khususnya untuk transaksi dengan nilai yang berubah-ubah.
*Tanggal 21 Nopember 2002
Perusahaan menjual barang secara tunai kepada PT. Ogah Mundur dengan rincian barang sebagai berikut :
Jenis BarangJumlahHarga/UnitDiskon
Multimag 178 SS 1 UnitRp. 4.145.000,005 %
Casanova 430 BJ 1 SetRp. 3.280.000,005 %
Penyelesaian :
Merupakan transaksi penjualan sehingga di catat menggunakan menu Sales. Transaksi tersebut merupakan penjualan tunai sehingga pada kotak Paid Today diisi sesuai dengan nilai transaksi( Total Amount ), dan Balance Due ( piutang dagang / usaha ) sebesar nol ( 0 ). Lihat penyelesaian kasus tanggal 15 Nopember 2002.
*Tanggal 24 Nopember 2002
Perusahaan melunasi hutang kepada PT. Adi Luhur Rp. 181.210.000 ( transaksi tanggal 03 Nopember 2002 )
Penyelesaian :
1.Klik menu Purchases.
2.Klik Vendor Payments. Periksa saldo rekening untuk pelunasan transaksi ( dalam contoh Bank Mandiri ), apakah jumlah cukup untuk membayar ke pemasok atau tidak.
3.Klik drop – down pada kotak pilihan Vendor, pilih salah satu pemasok ( contoh PT. Adi Luhur ). Data transaksi dengan pemasok yang bersangkutan akan ditampilkan. Cek tanggal dan data transaksi yang bersangkutan, pastikan data tersebut benar dan jika terdapat kesalahan, telusuri kembali melalui bukti transaksi.
4.Klik icon Pay All ( kebetulan dalam kasus ini merupakan pelunasan ) atau ketik jumlah yang dibayarkan pada kotak Amount dan didistribusikan pembayaran tersebut ke kolom Amount
5.Klik Record.
*Tanggal 30Nopember 2002
Perusahaan menjual barang secara kredit kepada Indo Pratama dengan rincian barang sebagai berikut :
Jenis BarangJumlahHarga/UnitDiskon
Projector PC-871 UnitRp. 10.300.000,000 %
Casanova 430 BJ1 BuahRp.3.280.000,000 %
Penyelesaian :
Merupakan transaksi penjualan sehingga dicatat menggunakan menu sales. Transaksi tersebut merupakan penjualan kredit sehingga pada kotak Paid Today diisi 0 ( nol ) atau sesuai dengan uang yang diterima perusahaan, dan Balance Due ( piutang dagang/usaha ) secara otomatis akan terisi sebesar 0 ( nol ) atau selisih antara Total Amount dengan Paid Today.
PRAKTIKUM VII
MENCETAK LAPORAN KEUANGAN
LAPORAN KEUANGAN
General Ledger
1.Anda dapat mencetak berbagai macam laporan keuangan dengan mengklik drop-down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan General Ledger atau melalui menu Report – Index to Report dilanjutkan dengan mengklik tab General Ledger.
2.Neraca El Rahma Computer dapat dicetak melalui menu Report – Index to Report tab General Ledger pilihan Balance Sheet kemudian klik Display atau klik drop-down Report pada kotak dialog Command Centre pilihan General Ledger.
3.Laporan Rugi Laba dicetak melalui menu Report – Index to Report tab General Ledger pilihan Profit & loss kemudian klik Display atau klik drop-down Report pada kotak dialog Command Centre pilihan Profit & Loss.
Chequebook
*Laporan yang berisi saldo bank dapat Anda cetak dengan cara mengklik drop – down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan Chequebook atau melalui menu Report – Index dilanjutkan dengan mengklik tab Chequebook.
Sales
*Laporan yangterkait dengan penjualan baarang (jasa) yang diperdagangkan perusahaan dicetak dengan cara mengklik drop – down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan Sales atau melalui menu Report – Index to Report dilanjutkan dengan mengklik tab Sales.
Purchases
*Laporan yang terkait dengan pembelian barang yang di perdagangkan perusahaan dapat di cetak dangan cara mengklik drop – down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan Purchases atau melalui menu Report – Index to Report di lanjutkan dengan klik tab Purchases.
Inventory
*Anda dapat mencetak berbagai macam laporan tentang barang yang di perdagangkan oleh perusahaan. Proses pencetakan laporan dapat di lakukan dengan mengklik drop – down Report pada kotak dialog Command Centre dan klik pilihan Inventory atau melalui menu Report – Index to Report dilanjutkan dengan klik tab Inventory.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H