Mohon tunggu...
Chofifah Nuri Rosidah
Chofifah Nuri Rosidah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Memasuki Pertemuan Kelima, Mahasiswa UNISA dan UMKM Pelajari Social Media Strategy and Optimization

25 Oktober 2022   21:20 Diperbarui: 29 Oktober 2022   22:22 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada Digital Marketing Program (DMP) batch 2, para mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas 'Aisyiyah Yogyakarta (UNISA) dan UMKM, telah memasuki pertemuan kelima. Kelas ini dilaksanakan pada Jumat (21/10/22) di Rumah BUMN Yogyakarta (RuBY) BRICafe X Couvee. Para mahasiswa dan UMKM banyak melakukan diskusi kelompok. Pada pertemuan ini, Bondan Satria memberikan materi social media strategy and optimization.

Social media strategy and optimization merupakan penghubung antara customer dan produsen untuk mengembangkan suatu bisnis. Dalam mengembangkan bisnis, kita dapat memulai dengan membuat akun media sosial. Dalam membuat akun, kita memerlukan 1 akun utama, dan minimal 1 akun pilar. Akun utama merupakan akun untuk mempromosikan brand kita, sedangkan akun pilar merupakan akun berisi konten lain, yang sesekali mempromosikan brand kita untuk menambah followers pada akun utama.

Dalam mengoptimalkan media sosial, diperlukan beberapa strategi, yaitu:

1. Melakukan riset untuk membuat konten

Dalam hal ini, kita perlu melakukan riset tentang topik yang sedang viral, hastag, dan lain sebagainya dari target pasar, untuk membuat konten yang relevan.

2. Mengoptimalkan profil media sosial

Dalam mengoptimalkan profil media sosial, hal yang pertama kali dilakukan yaitu membuat foto profil mengguanakan logo dari brand kita. Kemudian gunakan merek produk kita sebagai username. Pada bagian bio, kita dapat menjelaskan tentang bisnis yang kita jalankan.

3. Mengoptimalkan konten

Dalam membuat konten, terdapat 2 jenis konten, yaitu konten asli dan konten dari situs lain. Konten asli, merupakan konten yang kita buat sendiri. Jika kita menemukan konten yang relevan dengan target pasar, maka kita dapat membagikannya di akun kita dan mengajak customer untuk memberikan komentar.

4. Menentukan jadwal posting

Dalam memposting konten, kita perlu menyesuaikan waktu dari customer. Jika kebanyakan customer kita membuka Instagram pada jam 19.00, maka kita perlu mengupload konten pada kisaran jam 18.00. Selain itu, kita juga perlu membuat jadwal jumlah konten yang akan diposting pada setiap minggunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun