Mohon tunggu...
Chipriant Antok
Chipriant Antok Mohon Tunggu... -

aku hanya seorang yang suka menulis dan penyuka karya kreatif. menulis di kompasiana adalah ilmu, utamanya untuk berbagi di http;//www.teraswarta.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Ngeblog Otodidak ala Saya

1 Oktober 2013   11:25 Diperbarui: 24 Juni 2015   07:09 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
1380601219651148984

Berawal dari kesukaan menulis yang “ala saya”, pernah menjadi dan masih aktif di media online sampai sekarang adalah pengalaman yang memang tak terlupakan. Bukan semata senangnya saja melainkan juga karena susahnya...hehehe.

Pernah saya rasakan bagaimana bekerja sebagai penulis (wartawan). Pontang-panting ke sana kemari dengan menenteng kamera apa adanya berikut pena dan kertas kosong di antara para pendemo toh akhirnya tak mendapatkan imbalan yang sesuai dengan apa yang dijanjikan. Lantas saya berfikir bagaimana membuat sebuah media sendiri tanpa lupa memohon ijin pada media lain yang masih setia saya ikuti tanpa maksud menandingi.

Atas kejadian tersebut saya mencoba berlatih sendiri bagaimana membuat web sederhana berbekal berlatih dan membaca “mbah google”. Sampai akhirnya saya mencoba mengotak-atik apa itu HTML dan lainya yang sama sekali tak saya tahu sebelumnya. Tak saya pikirkan memang bagaimana “benar” atau “tidaknya”, yang penting bagaimana saya mampu membuatnya.

Halaman demi halaman dengan judul template gratis saya buka dan saya coba unggah dalam halaman yang saya dambakan. Tak mudah memang, terlebih bagi yang awam seperti saya. Lebih dari hal itu lantas saya nekatmembeli hosting dan domain atas sebuah nama yang hanya berawal dari bayangan saya saja. Http://www.teraswarta.com akhirnya menjadi pilihan saya membuat web blog sendiri dengan dasar template unduhan yang saya otak-atik alakadarnya.

Eh, alhasil saya mendapatkan beberapa manfaat :

  • 1.Saya jadi tahu apa itu template
  • 2.Apa itu HTML dengan kode-kode yang memang saya akui masih banyak yang belum saya mengerti
  • 3.Memiliki tempat menorehkan karya atau bahkan share karya orang lain
  • 4.Mendapatkan banyak teman dari blog
  • 5.Dan lainnya

Mencoba dan mencoba itu yang akan saya lakukan dengan harapan apa yang saya buat bisa juga menjadi tempat bagi yang lain untuk berbagi. Dan lebih dari itu saat ini sudah ada juga penulis dari luar negeri yang boleh dan juga mengirimkan karyanya untuk saya share di web blog pribadi saya. Turut berperan mengabarkan hal positif dan potensi daerah, potensi kreatif serta profil positif untuk menjadi inspirasi bagi yang lain.

Non profit memang, hanya tentu manusia boleh berharap hasil juga pada nantinya. Namun yang pasti belajar untuk diri sendiri, belajar berbagi, dan juga mencoba memberi ruang bagi para penyuka menulis dan tidak mendapatkan tempat, atau yang hanya menjadi lembar-lembar terbuang di kolong-kolong meja kamarnya adalah harapan terbesar. Tidak menutup kemungkinan memang nantinya akan saya bangun dan lengkapi semua syarat-syarat menjadi media yang sebenarnya setelah cukup modal untuk membangunnya. Sedang saat ini cukup keniatan saja untuk berbagi.

Keniatan inilah yang sampai saat ini saya bangun sampai saat beberapa teman malah bergabung dalam sebuah team. MIMPI itulah yang mencoba kami nyatakan, bersyukur juga ada beberapa yang usul menyediakan kolom banner atau meminta dibuatkan banner dengan memberikan imbalan sebagai pengganti lelah....(ayo siapa yang mau menyumbang tulisan atau donatur...hehehe).

Mungkin ini bukan apa-apa hanya sekedar share bagaimana mencoba dan belajar itu bisa dilakukan kapan saja, apalagi itu menyangkut kesukaan kita. Web blog saya belum dan masih jauh dari kata baik dan benar karena saya masih terus belajar. Hanya tentu bisa dibayangkan bagaimana senangnya bisa membuat sebuah web dengan beberapa teman yang bergabung dari bangunan oleh daya awam. Selamat mencoba juga bagi yang lain.

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun