PANDUAN IMPLEMENTASI MICROSOFT WORD BAGI PEMULA
ABSTRAK
Jurnal ini berisi tentang penerapan pengoperasian Microsoft Word yang memiliki peran yang sangat penting bagi setiap orang. Pertama di terbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan buat berbagai sistem operasi, contohnya DOS, Apple Macintosh, SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows. Microsoft word merupakan perangkat lunak pengolahan kata dengan menggunakan sistem operasi windows yang cukuphandal dalam memberikan kemudahan untuk para pemakainya. dalam perkembangannya, Microsoft Word sekarang tidak hanya bisa digunakan buat mengolah kata, melainkan pula mampu untuk menyisipkan gambar, tabel, atau grafik, sehingga dapat membentuk tulisan jadi lebih informatif. Microsoft Word yang kerap disebut dengan Ms Word atau Word punya desain utama yang bernama WYSIWYG (what you see is what you get). Hasil yang diperoleh yaitu, pengertian serta sejarah Microsoft Word serta perkembangannya, fungsi dan manfaat bagi setiap orang Microsoft Office Word berperan penting pada kemudahan seseorang melakukan perkerjaannya. Maka pada antara laju teknologi yang diyakini masih akan terus berkembang, kita diharapkan mampu menguasai Microsoft Word dan sadar betapa pentingnya software ini buat diterapkan.
Kata kunci : Implementasi, Microsoft Word
LATAR BELAKANG
Sejarah Perkembangan Microsoft Word
Dalam era sekarang ini dengan kemajuan teknologi yan luarbiasa menjadi faktor penting dalam mempengaruhi kebutuhan manusia yang semakin bertambah. Microsoft word merupakan salah satu contoh kebutuhan yang dibutuhkan pada zaman ini. Microsoft Word ialah aplikasi pengolah kata yang dikembangkan oleh Microsoft. Pertama kali diperkenalkan pada 25 Oktober 1983, nama pertamanya adalah Multi-Tool Word. saat itu baru bisa dipergunakan pada sistem Xenix. Seiring berkembangnya teknologi, Multi-Tool Word juga mulai digunakan untuk sejumlah platform sistem lainnya seperti komputer IBM, Apple Macintosh,komuter AtdanTUnix,Atari ST OS/2, SCO Unix dan macOS. Penggunaannya pada Microsoft Windows sendiri baru terjadi di tahun 1989.
Seiring berjalannya waktu, Multi-Tool Word kemudian disederhanakan namanya menjadi Microsoft Word. tidak seperti kebanyakan program MS-DOS lainnya saat itu, Microsoft Word dibuat dipergunakan dengan mouse. Kemampuannya ketika itu baru sebatas melakukan undo, display teks bold, italic, serta underline.lalu, Word dengan cepat mengalahkan aplikasi pengolah kata lainnya yaitu WordStar karena tampilannya yang sangat berbeda. Microsoft terus menyempurnakan Word dengan merilis versi dua.0 sampai lima.0 hanya pada kurun waktu enam tahun. Di tahun 1985, Word buat perangkat macOS dirilis. semenjak perilisannya tersebut, penjualan macOS lebih tinggi dibandingkan saat menggunakan perangkat MS-DOS selama empat tahun lamanya.
Rilis kedua macOS dirilis pada tahun 1987 menggunakan nama Word tiga.0. Versi ini dirancang untuk sinkronisasi antara pengguna macOS serta DOS. Ini artinya pertama kalinya pengguna macOS yg menggunakan DOS dapat berbagi file Word. Word 3.0 menyertakan banyak peningkatan dan fitur baru, termasuk implementasi pertama Rich Text Format (RTF). Sayangnya, implementasi RTF ini penuh menggunakan bug. namun, beberapa bulan kemudian, Microsoft merilis versi 3.01 menggunakan perbaikan bug. Versi 3.01 dikirimkan gratis ke pengguna Word 3.0 yang terdaftar.
Pada pertengahan 90an, posisi Word pada perangkat macOS tidak mempunyai saingan berarti. MS Word 5.1 yang dirilis tahun 1992 sangat populer sebab tampilannya yang elegan menggunakan berbagai kemudahan fitur yang berguna. banyak penggunanya berkata MS Word 5.1 merupakan versi terbaik yang pernah dirancang Microsoft. pada tahun 1997, Microsoft membentuk Macintosh Business Unit, sebuah grup independen di dalam perusahaan Microsoft yang fokusnya adalah mengerjakan aplikasi yang ingin dirilis di perangkat Mac OS. Versi Word pertama yang berhasil ditelurkan oleh kelompok ini adalah Word 98.
Seperti yang kita ketahui fungsi utama dalam microsoft word yaitu pembuatan atau pengeditan dokumen. Banyak hal yang dapat kita lakukan misalnya, pengguna dapat mengetik kata bahkan menjadi kalimat maupun paragraf.
PEMBAHASAN
Microsoft Word atau yang biasa disebut dengan word processing ialah software yang digunakan untuk membuat, mengubah, dan menghasilkan dokumen berupa teks (Budihardjo, 2004:3). Program ini menyediakan semua alat yang diperlukan untuk dengan cepat membentuk berbagai tipe dokumen pengolah kata sebagai akibatnya bisa
mengasilkan dokumen yang profesional karena menggunakan alat-alat yang dimiliki oleh word memungkinkan buat melakukan banyak sekali formating contohnya formating teks, memperbaiki kesalahan penulisan kata-kata dan menampilkan pekerjaan sebelum mencetaknya.
I. Istilah Screen Layout, Menu, dan Toolbar.
Sebelum memulai mengoperasikan Microsoft Word, ada baiknya Jika kita mengenal beberapa istilah kata yang akan digunakan dalam Micrisift Word. Di antaranya merupakan istilah Screen Layout (tampilan layar), menu, serta Toolbar.
*Screen Layout (tampilan layar)
Screen Layout, sesuai dengan arti kata-kata penyusunnya,ialah sebuah tampilan yang ditunjukkan komputer anda saat mengoperasikan program ini.Untuk tampilan pada Microsoft Word, bisa dicermati di gambar pada bawah ini.
*Menu
Istilah menu yang dipergunakan dalam Microsoft Word mempunyai pengertian yang hampir sama dengan pengertian menu pada kehidupan sehari-hari. di dalam menu ini, ada beberapa perintah yang bisa kita pilih dengan menyorot perintah tersebut pada Baris menu.
*Toolbar

contoh menu toolbar
Toolbar menyediakan beberapa tombol sederhana yang dipakai untuk mengakses sebuah perintah yang tertulis di pada menu. Cara memakainya yaitu dengan menekan tombol-tombol pada toolbar tadi. Dalam Microsoft word ada beberapa perintah yang dapat dikerjakan, agar kita dapat memahami perintah tersebut kita perlu memahaminya terlebih dahulu.
II. Menu dan fitur-fitur yang ada di Microsoft word
Berikut ini perintah yang dapat dijalankan melalui menu dan ikon pada Microsoft Word sebagai berikut ini:
>FILE

Pertama ialah menu file, disini ada banyak sekali perintah dasar dan terdapat juga bagian buat menyesuaikan pengaturan lembar kerja.
- Save, buat menyimpan dokumen word yang sudah kita kerjakan.
- Save AS,Hampir seperti mirip save, namun kegunaannya merupakan menyimpan menjadi dokumen menggunakan nama baru.
- Open, Membuka file dokumen yang sebelumnya telah kita simpan.
- Close, Menutup dokumen yang sedang kita buka.
- Info, Menampilkan rincian info terkait dengna dokumen yang sedang dikerjakan.
- Recent, Menampilkan daftar dokumen yang dibuka/diedit.
- New, menghasilkan lembar kerja MS word baru.
- Print, untuk mengeprint dokumen yang telah kita buat.
- Save and Send, Berfungsi buat menyimpan dokumen lalu mengirimnya lewat email ataupun diposting ke website.
- Help, hidangan donasi bila terdapat masalah di Microsoft Word.
- Option, Berisi banyak sekali hidangan untuk melakukan penyesuaian terhadap dokumen.
- Exit, Berfungsi buat menutup aplikasi MS Word
>HOME

- Clipboard, Ribbon group ini terdiri dari beberapa ikon yang umumnya berfungsi untuk mengcopy ataupun memindah elemen dalam dokumen.
- Font, Ribbon group yang terdiri dari berbagai ikon buat mengganti serta menyesuaikan font baik itu rona, berukuran, jenis serta berbagai efek lainnya.
- Paragraph, Ribbon group yang berisi banyak sekali ikon menggunakan fungsi untuk mengatur serta menyesuaikan paragraph di dokumen.
- Style, Ribbon group yang terdiri dari berbagai text formatting yang sudah disetting sedemikian rupa sehingga mampu digunakan secara cepat dilain ketika tanpa wajib mengaturnya balik .
- Editing, Ribbont group yang berisi beberapa ikon buat melakukan editing terhadap dokumen.
>INSERT

Tab menu ini secara keseluruhan berisi fungsi buat memasukan objek ke pada dokumen.
- Pages, Ribbon group berisi ikon buat mengatur serta menyesuaikan pengaturan di laman dokumen.
- Table, Ikon buat menyisipkan/membuat tabel pada dokumen
- Illustratisons, Ribbon group berisi aneka macam ikon buat menyisipkan objek seperti gambar, clipart, tabel, chart dll.
- Links, Ribbon group yang berisi ikon dengan fungsi buat menghubungkan ke url/link, dokumen ataupun objek lain.
- Header & Footer, Ribbon group yang satu ini berfungsi buat menyesuaikan pengaturan pada bagian header serta footer dokumen.
- Text, Ribbon group dengan fungsi untuk membuat teks menggunakan berbagai efek dan bentuk.
- Symbol, Ribbon group yang bermanfaat buat menyisipkan aneka macam symbol yang awam digunakan.
>LAYOUT

Tab menu ini berisi berbagai ikon yang mempunyai fungsi buat mengatur serta menyesuaikan segala hal yg berhubungan dengan laman lembar kerja MS Word.
- Themes, Ribbon group menggunakan aneka macam ikon buat menyesuaikan tema dan tampilan halaman.
- page Setup, Ribbon group yang berguna buat mengatur segala hal yang bekerjasama dengan page.
- page Background, Ribbon group buat mengatur efek pada laman.
- Paragraph, Ribbon class buat menyesuaikan pengaturan terkait paragraph.
- Arrange, menata objek agar terlihat rapi dan menarik.
>MENU FORMAT
Menu format adalah perintah yang digunakan untuk mengatur format pada sebuah dokumen yang memuat perintah pada sebuah dokumen. Berikut yang terdapat dimenu format :
- Font buat mengatur alfabet
- Paraghraf buat mengatur sebuah paragraf
- Columns buat mengatur format kolom.
>MENU TOOLS
Menu ini memiliki beberapa perintah seperti, Grammar, Spelling, translate, pembuatan macro dan lain-lain.
>MENU TABLE
Men table adalah perintah dipakai untuk sedang bekerja dengan menggunakan table seperti membuat rincian atau detil pembelian
>MENU WINDOWS
Menu windows ini memiliki perintah mengatur tampilan pop jendela microsoft word seperti new windows, arrange all, dan split.
>MENU HELP
Menu help memiliki fungsi memuat perintah bantuan apabila mengalami permasalahaan saat mengakses microsoft word.
III. Cara memulai Mengoperasikan Microsoft Word
a. membka microsoft word
Untuk membuka aplikasi ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
- Klik Tombol Start yang ada pada taskbar
- Pilih menu program
- lalu pilih serta klik program software Microsoft Word.Tunggu hingga jendela program Microsoft Word ditampilkan
b. membuka dokumen baru
Untuk membuat dokumen baru ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
- Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
- Jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu file | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
- Anda juga dapat langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan.
c. membuka file yang telah tersimpan
Untuk membuka file yang sudah disimpan ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
- Klik menu file serta klik tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
- Pilih file yg ingin dibuka dengan memilih letak foldernya terlebih dahulu.
- Klik pada nama file yang akan dibuka.
- Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
d. menyiapkan dokumen
Untuk menyimpan dokumen ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
- Pada baris menu klik tombol save
- Kemudian layar akan ditampilkan kotak dialog save, lalu ketik nama dokumen lalu save
e. menutup file dokumen
Untuk menutup file ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
- Setelah menyimpan file dokumen, buat menutup file pada jendela Microsoft Word, pilih menu file, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup file dokumen yang sedang aktif.
- Atau dilakukan dengan menekan tombol close di baris menu
f. menutup jendela microsoft word
Untuk menutup jendela microsoft word ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yakni:
- Dalam jendela Microsoft Word, pilih menu file, klik Exit, maka jendela Microsoft Word akan tertutup. Kemudian Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik sudah tersimpan dengan benar.
- Selain menggunakan menu file, menutup jendela Microsoft Word juga bisa dilakukan dengan meng-klik tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
IV. Cara mengedit teks pada word
a. cara mengedit teks
Bila anda membuat kesalahan selama proses pengetikan, Anda dapat memperbaikinya menggunakan berbagai cara berikut ini :
- Tekan tombol BacksSpace buat menghapus satu karakter di kiri kursor.
- Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan kursor.
- untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
- untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih serta klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
- untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah pertanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
b. cara mengcopy dan menyalin teks
Buat menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut adalah:
- Pilih teks yang akan Anda salin.
- lalu pilih serta klik menu Edit, Copy (Ctrl+C).
- Tempatkan kursor di lokasi baru.
- kemudian pilih serta klik menu Edit, Paste (Ctrl+V)
c. cara menghapus teks
Untuk menghapus teks, ikuti langkah berikut ini :
- Pilih teks yang ingin dihapus
- Lalu klik menu edit lalu tekan tombol delete
d. cara memindahkan teks
Buat memindahkan teks yang dipilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah berikut adalah :
- Pilih teks yang akan Anda pindahkan
- kemudian pilih serta klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
- Tempatkan kursor di lokasi baru. lalu pilih serta klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
e. cara memformat teks
Anda dapat mengatur format teks menggunakan salah satu cara berikut adalah :
- Pilih atau sorot teks yang akan anda format, lalu atur formatnya sinkron yang anda inginkan.
- Tempatkan kursor di posisi awal pengetikan teks,atur formatnya, lalu ketik teks yang Anda inginkan. menggunakan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi kursor akan mengikuti format yang Anda pilih hingga Anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain di dokumen.
1. cara mengubah bentuk huruf (font)
Buat mengubah Font dari teks yang sebelumnya sudah Anda ketik, ikuti langkah berikut :
- Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
- Pilih serta klik font yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan font yang ada pada baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+F.
2. cara mengubah ukuran huruf (font size)
Buat mengubah ukuran alfabet (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
- Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
- Pilih serta klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang ada di baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P
3. cara membuat garis bawah (underline)
Buat memberi garis bawah dari teks yang sebelumnya telah anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
- Pilih atau sorot teks yang akan Anda beri garis bawah.
- tekan tombol Ctrl+U buat memberi garis bawah tunggal, atau Ctrl+Shift+D memberi garis bawah ganda, atau Ctrl+Shift+W buat memberi garis bawah tunggal hanya pada kata.
4. cara menyalin gaya tampilan huruf (font style)
Buat mengubah gaya tampilan huruf (font style) dari teks yang sebelumnya telah anda ketik, ikuti langkah berikut adalah :
- Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah gaya tampilannya.
- buat menampilkan alfabet tebal, pilih dan klik tombol toolbar Bold yang terdapat di baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+B.
- buat menampilkan alfabet miring, pilih dan klik tombol toolbar Italic yang ada di baris toolbar Formatting atau tekan tombol Ctrl+I.
5. cara menentukan warna huruf ( font colors)
Untuk mengganti warna huruf (font color) dari teks yang sebelumnya telah anda ketik, ikuti langkah berikut adalah :
- Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah warnanya.
- Pilih dan klik warna yang Anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Color yang terdapat di baris toolbar Formatting.
V. Mengatur Format Paragraph di Word
a. Pada Microsoft Word, paragraf ialah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombol Enter. Anda bisa mengatur format paragraf dengan memakai salah satu cara berikut ini :
- Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sinkron dengan keinginan anda.
- Tempatkan pada kursor di posisi awal pengetikan paragraf atau formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. menggunakan cara ini, seluruh paragraf yang anda ketik mulai dari posisi kursor akan mengikuti format yang anda pilih hingga anda melakukan perubahan kembali atau memindahkan posisi kursor ke bagian lain pada dokumen.
b. cara mengatur teks dalam paragraph
Buat mengatur perataan teks dari paragraf, ikuti langkah berikut adalah:
- Pilih dan tempatkan kursor pada paragraf yang akan anda format.
- Pilih dan klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog paragraph akan ditampilkan.
- pada kotak dialog Paragraph, klik tab Indent and Spacing. di tombol daftar pilihan, Alignment, pilih perataan teks yang anda inginkan.
-Left untuk perataan kiri
-Centered untuk penempatan pada tengah
-Right buat perataan kanan.
-Justified buat perataan penuh pada kiri serta kanan.
- Format paragraph yang dipilih dapat dilihat pada menu preview.
c. cara mengatur identasi
Buat mengatur indentasi paragraf, ikuti langkah berikut ini :
- Pilih dan tempatkan titik sisip pada paragraf yang akan Anda format.
- Pilih dan klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan.
- pada kotak obrolan tadi, klik tab Indents and Spacing.
- di bagian Indentation, atur indentasi yang anda inginkan.
-Kotak isian Left, untuk menentukan jarak indentasi dari margin kiri.
-Kotak isian Right, buat menentukan jarak indentasi berasal margin kanan.
-Kotak daftar pilihan Special, buat menentukan indentasi spesifik dengan jarak sesuai dengan yang Anda isi pada kotak By.
-(none), Jika tidak ada indentasi khusus.
-First line, Bila indentasi kiri hanya buat baris pertama saja.
-Hanging, Bila ingin membuat indentasi gantung, yang diindentasi ialah baris lain selain baris pertama.
- model format paragraf yang anda pilih, bisa anda lihat di bagian kotak Preview.
d. cara mengatur jarak spasi baris
Buat mengatur jarak spasi baris menggunakan menu, ikuti langkah berikut :
- Pilih atau tempatkan titik sisip di paragraf yang akan Anda format.
- Pilih serta klik menu Format, Paragraph. Kotak dialog Paragraph akan ditampilkan.
- di kotak dialog tersebut, klik tab Indents and Spacing.
- pada bagian Spacing, tentukan jarak spasi baris yg anda inginkan.
-Kotak isian Before, diisi menggunakan jarak spasi sebelum paragraph
-Kotak isian After, diisi menggunakan jarak spasi selesainya paragrap
- Kotak daftar pilihan Line Spacing, diisi menggunakan jarak spasi baris yang diinginkan.
-Single buat jarak spasi satu.
-1.5 lines, buat jeda spasi satu setengah.
-Double, buat jarak spasi dua.
-At least, buat menentukan jarak spasi minimal.
-exactly, buat memilih jarak spasi yang sempurna.
-Multiple, buat menggandakan jeda spasi Single menjadi dua, 1.lima lines menjadi 3 serta Double sebagai Empat.
- Contoh format paragraf yang anda pilih bisa dicermati di kotak Preview.
VI. Cara Mengatur Format Halaman
Dalam mengatur format halaman ada beberapa yang perlu dilakukan yaitu mengatur margin, mengubah ukuran kertas, memasang nomor halaman dan yang lainnya.
a. cara mengubah ukuran kertas dan orientasi pencetakan
Untuk membarui ukuran kertas, dan orientasi pencetakan,ikuti langkah berikut adalah :
- Pilih dan klik menu file, halaman Setup. Kotak dialog laman Setup akan ditampilkan.
- di kotak dialog page Setup, klik tab Paper Size.
- pada tombol daftar pilihan Paper Size, pilih serta klik berukuran kertas yang akan Anda pakai. Atau gunakan kotak Width buat menentukan lebar kertas, serta kotak Height untuk menentukan tinggi kertassesuai dengan keinginan Anda.
- di kotak Orientation, beri tanda atau klik tombol pilihan Portrait buat pencetakan menggunakan posisi tegak atau Landscape buat pencetakan menggunakan posisi tertidur.
- pada tombol daftar pilihan Apply To, pilih serta klik bagian dokumen yang akan menggunakan ukuran kertas dan orientasi yang baru. Whole Document, pengaturan baru akan berlaku buat semua halaman. This Point Forward, Microsoft Word akan menyisipkan tanda pemisah Continuous di titik sisip serta pengaturan baru akan dimulai pada bagian yang baru. This Section, pengaturan baru akan berlaku pada bagian tempat titik sisip berada.
- Lihat hasilnya di kotak Preview dan klik OK untuk menutup kotak dialog.
b. cara mengatur margin
- Margin ialah jarak antara tepi wilayah pengetikan teks menggunakan tepi halaman kertas. Buat mengatur margin dari dokumen dengan memakai menu, ikti langkah berikut adalah :
- Pilih serta klik menu file, page Setup. Kotak obrolan halaman Setup akan ditampilkan.
- di kotak dialog page Setup, klik tab Margins.
- Tentukan jarak dari batas margin yang Anda inginkan.
-Top, buat memilih batas margin atas.
-Bottom, buat menentukan batas margin bawah.
-Left, buat menentukan batas margin kiri pengetikan.
-Right, buat memilih batas margin kanan pengetikan.
-Gutter, buat menambahkan spasi lebih pada margin kiri Jika Anda tidak memberi pertanda pemilihan pada kotak cek Mirror margins atau menambahhkan spasi lebih di bagian pada (margin kiri buat halaman ganjil serta margin kanan buat halaman genap) buat wilayah penjilidan Jika Anda memberi tanda pemilihan pada kotak cek Mirror margins.
- pada kotak isian Header, tentukan jarak dari tepi atas kertas ke isi header. serta di kotak isian Footer, tentukan jarak dari tepi bawah kertas ke isi footer.
- di kotak pilihan Apply To, pilih dan klik bagian mana dari dokumen yang akan menggunakan margin baru.
- Beri tanda atau klik kotak cek Mirror Margins, Bila Anda ingin ukuran margin kiri pada halaman genap menjadi ukuran margin kanan di page ganjil serta ukuran margin kanan pada halaman genap akan sebagai ukuran margin kiri di halaman ganjil .
- Lihat hasilnya di kotak Preview, serta klik OK buat menutup kotak dialog.
c. cara menyisipkan nomor halaman
Buat memasang nomor halaman di dokumen anda, ikuti langkah berikut :
- Pilih serta klik menu View, page Layout.
- Pilih serta klik menu Insert, page Numbers. Kotak dialog page Numbers akan ditampilkan.
- Di tombol daftar pilihan Position, pilih dan klik posisi nomor halaman yang Anda inginkan. Top of page(Header), buat menempatkan nomor halaman pada atas. Bottom of page(Footer), buat menempatkan nomor halaman di bawah.
- Tombol daftar pilihan Alignment, pilih dan klik perataan nomor halaman yang Anda inginkan.
-Left, buat penempatan nomor pada sisi kiri.
-Center, buat penempatan angka pada tengah.
-Right, buat penempatan nomor di sisi kanan.
-Inside, buat penempatan nomor pada bagian dalam halaman dengan dua muka.
-Outside, buat penempatan angka pada bagian luar halaman dengan dua muka.
- Nomor halaman akan muncul pada semua halaman yang terdapat pada dokumen mulai dari halaman pertama. Jika halaman pertama tidak ingin di beri nomor halaman, hilangkan tanda pemilihan di kotak cek Show number on first page.
- Klik tombol perintah Format, buat menentukan format angka yang akan anda pakai (default 1, 2, 3). kemudian klik OK.
VII. Cara Mencetak Dokumen
Buat mencetak dokumen yang sedang aktif pada layar, ikuti langkah berikut ini :
- Pilih dan klik menu file, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
- pada tombol daftar pilihan Name, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
- Anda bisa memilih halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak page Range. Klik tombol pilihan All, Jika Anda bermaksud e. mencetak semua isi dokumen. Klik tombol pilihan Selection, bil Anda hanya ingin mencetak teks yang anda pilih.
- bila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
- di tombol daftar pilihan Print what, pilih Document Bila ingin mencetak isi dokumen.
- Tentukan page yang akan dicetak di tombol pilihan Print.
-All pages in range, Jika anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
-Odd pages, Bila Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
-Even pages, Jika Anda ingin mencetak halaman genap saja. lalu klik OK.
VIII. Cara Mengakhiri Ms. Word
Maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik serta edit terlebih dahulu, baru kemudian keluar dari Microsoft Word. Untuk keluar dari Microsoft Word, bisa dipilih pada antara cara-cara berikut adalah :
- Pilih dan klik tombol di menu file, Exit .
- Klik tombol bertanda silang di pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
- Tekan Alt +F4.
IX. Shorcuts Keyboard Microsoft Word
Dalam melakukan trik shorcuts ini pengguna merasa sangat terbantu dan membuat pekerjaan mereka lebih efisien.
Berikut ini beberapa pintasan keyboard dalam Microsoft Word sebagai berikut ini:
1. Shorcuts menurut abjad sebagai berikut ini:
- .Ctrl + A = memilih/memblok semua teks
- Ctrl + B = Menebalkan pilihan yang disorot (bold)
- Ctrl + C = Menyalin teks yang dipilih (copy)
- Ctrl + D = memilih format huruf (font)
- Ctrl + E = membuat teks rata tengah (center)
- Ctrl + F = Membuka kotak pencarian (find)
- Ctrl + G = Masuk di laman tertentu (go)
- Ctrl + H = mengganti teks, item khusus atau format spesifik (replace)
- Ctrl + I = membentuk alfabet miring pada pilihan yang disorot (italic)
- Ctrl + J = membuat teks rata kiri kanan (justify)
- Ctrl + K = Memasukkan tautan (insert hyperlink)
- Ctrl + L = membuat teks rata kiri (left)
- Ctrl + M = Meratakan paragraf ke kanan
- Ctrl + N = membuat dokumen baru (new)
- Ctrl + O = Membuka dokumen atau arsip (open)
- Ctrl + P = Melakukan pencetakan dokumen (print)
- Ctrl + Q = Menghapus pengaturan yang telah didesain
- Ctrl + R = membentuk teks homogen kanan (right)
- Ctrl + S = Menyimpan dokumen (save)
- Ctrl + T = Menggeser tabulasi bagian bawah ke atas
- Ctrl + U = membuat garis bawah (underline)
- Ctrl + V = Menempelkan teks atau objek (paste)
- Ctrl + W = Menutup atau keluar
- Ctrl + X = Memotong teks atau objek (Cut)
- Ctrl + Y = Menjalankan aksi terakhir (redo)
- Ctrl + Z = Membatalkan aksi sebelumnya (undo)
2. Shorcuts yang kombinasi sebagai berikut:
- Ctrl + Shift + C = Menyalin teks atau objek (copy)
- Ctrl + Shift + D = Menambahkan garis bawah ganda (double underline)
- Ctrl + Shift + E = Melihat perubahan yang telah dilakukan
- Ctrl + Shift + F = mengubah atau menentukan font
- Ctrl + Shift + H = Menyembunyikan tulisan teks yang dipilih
- Ctrl + Shift + K = menghasilkan huruf menjadi kapital
- Ctrl + Shift + L = membentuk teks yang dipilih menjadi daftar poin
- Ctrl + Shift + N = menjadikan paragraf yang dipilih sesuai pengaturan asal
- Ctrl + Shift + P = mengubah ukuran font
- Ctrl + Shift + Q = mengganti alfabet yang dipilih menjadi simbol
- Ctrl + Shift + S = Menerapkan gaya (style)
- Ctrl + Shift + T = Menggeser paragraf ke kiri
- Ctrl + Shift + V = Menempelkan teks atau objek (paste)
- Ctrl + Shift + W = Menerapkan garis bawah (underline)
- Ctrl + Shift + > = Menyorot teks ke kanan
- Ctrl + Shift + < = Menyorot teks ke kiri
- Ctrl + 1 = menghasilkan spasi tunggal
- Ctrl + 5 = menghasilkan spasi 1.5
- Ctrl + 2 = menghasilkan spasi ganda
- Ctrl + Alt + 1 = membarui teks menjadi heading 1
- Ctrl + Alt + 2 = mengganti teks menjadi heading 2
- Ctrl + Alt + 3 = mengubah teks menjadi heading 3
- Ctrl + S = Menyimpan dokumen
- Ctrl + W = Menutup dokumen
- Ctrl + Del = Menghapus istilah di sebelah kana kursor
- Ctrl + Backspace = Menghapus istilah di sebelah kiri kursor
- Ctrl + End = Memindahkan kursor ke akhir dokumen
- Ctrl + Home = Memindahkan kursor ke awal dokumen
KESIMPULAN DAN SARAN
Microsoft Word merupakan perangkat lunak dari microsoft office yang dapat digunakan untuk mengelola kata dan memiliki fungsi mengoreksi dan mengedit sebagai dokumen lalu di save kedalam bentuk file maupun cetakan. Microsoft Word sudah menjadi standar industri buat pengolahan kata dan dipergunakan secara luas pada berbagai lingkungan, baik di tempat tinggal, tempat kerja, maupun lembaga pendidikan. Program ini terus berkembang dengan penambahan fitur baru dalam setiap rilisnya.
Microsoft word juga memiliki peran yang sangat penting bagi setiap kegiatan, karena aplikasi ini merupakan aplikasi terbanyak yang di gunakan di dunia sehingga persentasinya hingga mencapai 50% selain itu microsoft word juga memiliki banyak sekali fitur dan menu yang dapat mempermudah kita dalam bekerja, dengan adanya software ini dapat membantu para mahasisawa dalam pembuatan makalah, jurnal, surat, skripsi, serta laporan, bahkan dapat membuat grafik/diagram yang dapat membantu penggunanya. Microsoft juga aplikasi yang sering digunakan dalam bidang pekerjaan aplikasi ini juga sangat membantu sekali sehingga dapat membuat pekerjaan semakin efisien dan efektif. Maka dari itu diharapkan untuk semua kalangan baik itu para mahasiswa sampai para pekerja untuk dapat lebih terbuka dan lebih memahami dengan baik aplikasi ini karena aplikasi ini sangat penting untuk kehidupan semua orang apalagi terhadap zaman teknologi yang akan semakin berkembang terus menerus.
REFERENSI
Pengabdian Kepada Masyarakat, J., Word, I. M., Mengolah, U., Kegiatan, L., Taruna, K., Cipinang, P., Marlinda, L., Nusa, S., Jakarta, M., Supendar, H., Sw, S., Radiyah, U., & Handayanna, F.(n.d.). JURNAL ABDIMASUBJ. http://ojs.ubharajaya.org/index.php/jabdimas
Pelatihan Komputer Implementasi Microsoft Ofice Untuk Aplikasi Perkantoran. (n.d.).
3957-Article Text-6851-1-10-20220722. (n.d.).
Trik Rahasia Kerja Kilat dengan Microsoft Word. (n.d.).
"KAMARUDDIN BILATULA." (2012, September 7). Makalah Microsoft Word . Repository.
"Chairunisa." (2022, September 12). MICROSOFT WORD: SEJARAH, PENGERIAN, DAN FUNGSINYA. Dailysocial.
Nama mahasiswa dan Dosen Pengampu
Chindy Apriani Napitupulu1 , Realize2
1 Chindy Apriani Napitupulu, Administrasi Negara, Universitas Putera Batam
2 Dr. Realize, S.Kom., M.SI , Komputer Aplikasi, Universitas Putera Batam
email: pbNPM@upbatam.ac.id
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI