Fenomena kearifan lokal yang sedang menyeruak belakangan ini, turut memeriahkan kompetisi produk lokal, terutama di sektor pangan. Produk-produk nusantara mulai menjadi primadona, dan berhasil mengambil alih posisi top rank para pemain lama, baik dalam maupun luar negeri.Â
Yang buatan dalam dan masih memakai konsep lama kemungkinan besar akan keluar dari kompetisi. Yang franchise namun tidak agresif, tentunya membuat consumer berpikir dua kali, untuk apa beli, jika mahal, sementara konsumen bisa mendapatkan barang serupa dengan harga jauh di bawahnya.Â
Vice versa! Contohnya produksi kedai-kedai kopi lokal yang sedang menebar pesonanya di mana-mana. Sebut saja Tuku, dia berhasil mengambil adegan di dalam frame yang cukup besar, sehingga khalayak terbuai oleh cita rasa es kopi-nya yang sungguh nikmat, dan berhasil membuat orang-orang rela antri sepanjang setengah kilometer demi mendapatkan segelas es kopi susu khas mereka.Â
Tak hanya Coffee, mereka juga memiliki salad, pastry, burger, sandwich, serta berbagai macam menu breakfast, brunch, lunch maupun dinner yang mumpuni, di mana sang Chef sungguh menjaga ketat rasa yang ditampilkan kepada khalayak penikmat Coffee And Oven.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H