Mohon tunggu...
CHERRY GUNAWAN
CHERRY GUNAWAN Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiswa

Saya senang menonton film dan penyuka kucing

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Hominisasi 3 Desember

20 Desember 2022   22:43 Diperbarui: 20 Desember 2022   23:44 46
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Ketika pra geladi hominisasi saya belajar mengenai budaya tentang kue tradisional dan lagu Indonesia Raya bait ketiga yang sangat jarang dinyanyikan selain pada hari nasional dan upacara yang sangat sakral seperti pada hari kemerdekaan nasional. Di hari gladi hominisasi saya belajar tentang kerja sama, saya belajar mengenal teman-teman dari jurusan lain, bekerja sama dalam waktu yang pendek. Saya juga mempersiapkan diri sebelum gladi hominisasi dengan bertanya kepada teman-teman saya yang sudah melaksanakan gladi hominisasi sebelum saya, apa yang dilakukan ketika gladi hominisasi? apa yang harus saya persiapkan? bagaimana kegiatan gladi hominisasi? 

Menurut saya gladi hominisasi cukup menyenangkan, namun saya juga merasa durasinya cukup lama dan tidak ada waktu yang benar-benar berhenti bagi mahasiswa peserta untuk berisitirahat sebentar. Menurut saya diperlukannya kemampuan menggunakan logika dan bahasa sebagai warga negara adalah agar negara dapat lebih maju dengan warga negara yang cerdas. 

Manfaat yang saya rasakan dari gladi hominisasi ini adalah bagaimana saya dapat bekerja dengan tangkas dan cepat bersama dengan teman-teman yang baru. Cara saya meningkatkan kemampuan saya dalam berpikir berbahasa sebagai warga negara adalah dengan berpikir secara yuridis dan selalu mencari informasi mendalam tentang apa saja yang saya dengar dan pelajari, walaupun itu merupakan ajaran dari dosen, tetap harus saya cari tahu lebih mendalam dan verifikasi kebenarannya. 

Dengan begitu negara perlahan akan maju dengan warga negara yang memiliki kualitas yang baik, jika sumber daya manusianya dapat mengelola negara mulai dari perekonomian, pertahanan, sumber daya alam lainnya pasti perahan negara tersebut akan meju dan menjadi negara yang nyaman bagi warga negaranya juga. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun