Mohon tunggu...
Chepno Jr
Chepno Jr Mohon Tunggu... Mahasiswa - Komunitas literasi menulis

Silahkan bergabung dalam komunitas literasi menulis, artikel ini membawa kita dalam perubahan. Silahkan join linknya: https://www.kompasiana.com/chepnojr1949

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Media Sosial sebagai Perasarana, oleh Bung Chepno Jr

11 September 2024   21:48 Diperbarui: 11 September 2024   21:58 53
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
gambar, Bung A. Chepno Jr/dok. pri

                                                                                                                                       

                                                                                                                                  Bab ll                                     

                                                                                     Media social sebagai sarana pemasarana digital.

Salah satu bentuk digital yang bisa dimanfaatkan adalah media social. Media social didefinisikan sebagai sekelompok aplikasi berbasis internet yang menciptakan fondasi ideology dan teknologi dari web 2.0 yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content (stockdale, ahmed dan scheepers 2012). Aplikasi media social tersedia mulai dari pesan instan hingga situs jejaringan social yang menawarkan pengguna untuk berintraksi, hubungan, dan berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi-aplikasi ini bermaksud dengan tujuan utama meraih (engage) masyarakat. Dalam konteks bisnis, people engagement dapat mengarah kepada penciptaan profit menurut survey we are social menemukan bahwa social media merupakan aplikasi yang baling banyak digunakan khususnya masyarakat di Indonesia. Jadi media social sangat cocok dijadikan sebagai salah satu sarana promosi dan penjualan.

Dua experst di bidang media social yaitu P.N. Howard dan M.R Parks (2012) menjelaskan bahwa media social adalah media yang terdiri atas tiga bagian, yaitu: infrastruktur informasi dan alat yang digunakan untuk memproduksi dan mendistribusikan isi media, isi media dapat berupa pesan-pesan pribadi, perita, gagasan, dan produk-produk budaya yang berbentuk digital, kemudian yang memproduksi dan mengkomsumsi isi media dalam bentuk digital adalah individu, organisasi, dan insdustri. Seperti yang diterangkan oleh dua peneliti social media yaitu Caleb T.Carr dan Rebecca A. Hayes (2015) bahwa media social adalah media berbasis internet yang memungkinkan pengguna perkesempatan untuk berintraksi dan mempresentasikan diri, baik secara seketika ataupun tertunda, dengan khalayak luas maupun tidak yang mendorong nilai dari user generated content dan presepsi interaksi dengan orang lain. Platform social media yang baling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia antara lain WhatsApp, Instagram, Twitter, Facebook, TikTok, dan Youtube.

Jayapura, 11 november 2024

coretan : Bung A. Chepno Jr

media social:

facebook : chepno jr

instagram : chepnojr03

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun