Mohon tunggu...
Chelsy Angelica
Chelsy Angelica Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

beauty, make up and women stuff

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Peluang Bisnis Skincare yang Marak Terjadi di Masyarakat Indonesia Pasca Covid-19

30 Maret 2024   11:35 Diperbarui: 30 Maret 2024   11:58 121
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Peluang bisnis skincare yang marak terjadi di masyarakat Indonesia pasca Covid-19

          Skincare adalah serangkaian kegiatan perawatan kulit wajah untuk menjaga kesehatan dan tampilan kulit, sekaligus mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Sedari dulu baik skincare lokal maupun skincare luar negeri sudah sering kali kita jumpai tetapi pada saat itu masyarakat belum menyadari betapa pentingnya merawat diri dan menjaga penampilan diri mereka sendiri.  Pada saat itu juga lebih banyak skincare luar negeri yang beredar di Indonesia dibanginkan dengan skincare local, namun hal tersebut mulai berubah pada saat pandemi covid-19 sedang melanda. Di mana pada saat itu semua orang tidak dapat pergi kemana pun sehingga kita hanya dapat berada di dalam rumah mengandalkan internet dan orang-orang juga mulai sadar tentang betapa pentingnya merawat diri dan menjaga penampilan kita. Bisnis skincare ini pun juga memanfaatkan kesempatan yang ada.

       Dengan memanfaatkan media sosial yang penggunanya sedang sangat melonjak kala itu dan populernya tren gaya hidup sehat dan masyarakat yang mulai peduli  terhadap penampilan. Berbagai merek skincare lokal pun mulai bermunculan dan dikarenakan harganya yang jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan skincare luar negeri banyak masyarakat lebih memilih untuk membeli skincare lokal, akan tetapi skincare luar negeri masih memiliki konsumen yang cukup banyak di Indonesia. Para produsen skincare melakukan promosi secara besar-besaran di berbagai platform media sosial sehingga mereka mendapatkan pelanggan setia dari berbagai kalangan. Dapat dinilai bisnis ini cukup menguntungkan sehingga banyak diikuti dan diminati oleh orang-orang sampai saat ini. Pengaruh dari para influencer dan selebritas juga mengambil peran penting dalam maraknya bisnis skincare di Indonesia. Dimana pada masa pandemi Covid-19 banyak orang yang menghabiskan waktunya luangnya menjelajahi sosial media dan bertambahnya content creator terutama dalam bidang beauty dan skincare menyebabkan masyarakat Indonesia yang mempunyai sikap konsumerisme dan takut akan tertinggal suatu hal yang baru atau sedang popular membuat mereka selalu membeli atau melakukan hal-hal yang sedang marak diperbincangkan salah satunya adalah skincare.

     Pemasaran yang dilakukan oleh produsen skincare di Indonesia juga sangat berpengaruh kuat apalagi dengan slogan andalan mereka "gunakan dengan rutin agar mendapat hasil yang maksimal" sehingga membuat orang - orang menjadi ketergantungan dan selalu membeli kembali produk skincare yang mereka jual dan dikarenakan juga skincare adalah barang yang habis setelah satu kali pemakaian membuat para konsumen selalu membeli kembali produk skincare mereka setelah habis serta potongan harga yang diberikan oleh para produsen skincare biasanya hanya berlaku dalam minimal pembelian tertentu sehingga membuat para konsumen membeli produk mereka dalam jumlah yang jauh lebih banyak daripada yang seharusnya mereka butuhkan demi mendapatkan potongan harga.

    Pertumbuhan produk skincare yang sangat pesat di Indonesia juga dapat dilihat dari data statistika dimana Indonesia mengalami pertumbuhan akan penggunaan produk kecantikan sebesar 7 persen di tahun 2021. Terjadi peningkatan dari tahun 2020 yang sebesar 5,9 persen dan diprediksi tahun 2022 dan seterusnya akan terus mengalami pertumbuhan yang diikuti dengan tren dan jenis produk skincare terbaru. Produsen skincare pun selalu berinovasi dan mengeluarkan produk-produk baru setiap bulannya agar dapat menarik lebih banyak konsumen. Diketahui juga banyak merek skincare yang diproduksi oleh pabrik yang sama bahkan memiliki komposisi yang sama pula hanya merek dan pemiliknya saja yang berbeda. Hal ini juga yang membuat orang-orang semakin meminati bisnis skincare dikarenakan dianggap sebagai bisnis yang mudah dan cepat menghasilkan. Dimana mereka hanya perlu mengganti merek dan bungkusnya saja untuk membedakannya dari merek skincare yang lain.

    Oleh karena itu bisnis skincare adalah bisnis yang menjanjikan dikarenakan dengan sadarnya masyarakat Indonesia terhadap perawatan diri dan penampilan serta tren gaya hidup sehat membuat bisnis skincare kian naik daun dan meluas. Bahkan di daerah-daerah yang jauh dari kota sekalipun. Dan jika kita melihat dari data yang ada pengguna skincare di Indonesia selalu mengalami pelonjakan di setiap tahunnya yang menandakan bahwa bisnis skincare di  Indonesia akan terus tetap bertahan untuk jangka waktu yang lama bahkan akan terus melonjak setiap tahunnya.  

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun