chelsea AzkaNasia

Invita 2019

15 Oktober 2019   17:42 Diperbarui: 15 Oktober 2019   17:46 3
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Assalamualaikum, nama saya chelsea. Saya hari ini akan menceritakan mengenai perjalanan invita 2019 angkatan yang ke-27. Invita merupakan singkatan dari industrial visit dan tafakur alam. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun oleh SMP Labschool Jakarta. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 8-12 Oktober 2019

Hari selasa tanggal 8 oktober kita melakukan kegiatan invita. Kegiatan invita kali ini kita pergi ke kota Yogyakarta. Jadi aku berangkat dari rumah menuju stasiun gambir pada pukul 18.00.

Seharusnya sebelum maghrib udah harus sampai dan paling lambat jam 18.30 sudah di stasiun gambir tapi aku memilih untuk shalat maghrib dulu di rumah sekalian jamak qasar isya agar tidak usah ribet saat sampai di stasiun gambir.

Perjalanan dari rumah saya tidak terlalu lama kurang lebih 36 menit. Saya sampai di stasiun gambir pukul 18.36 dan untungnya saja masih ada guru yang menunggu dan kebetulan aku juga sampai bareng dengan Yasmin dan Ara. Setelah sampai saya minta kartu peserta dan tiket kepada wali kelas aku setelah itu aku pamitan dengan mama aku dan boarding.

Saat petugasnya mengescan tiket saya, saya lihat stasiun kereta sudah penuh dengan anak labschool. Saat pukul 18.45 teman-teman lain disuruh sholat isya terlebih dahulu, untungnya saya sudah sholat jadi tidak usah repot. Sekitar jam 19.10 kita diminta ngumpul untuk briefing invita.

Disitu kita diberitahukan banyak peraturan yang harus dipatuhi selama invita, yaitu: jika kita ketinggalan barang dan pindah gerbong melewati batas waktu yang ditentukan  kita akan dikenakan denda ringan sebanyak 125rb, jika kita melakukan pelanggaran besar seperti ketahuan membawa rokok/vape akan dikenakan denda sebesar 200+ serta akan ditindaklanjuti dengan bk/bidang kesiswaan saat sampai di sekolah. Kita juga diminta untuk membuat video 7-8 menit tentang perjalanan invita. Kita juga diperkenalkan dengan tur guide kita dari kusuma wisata.

Sekitar jam 19.40 kita berdoa lalu langsung menuju ke kereta. Kita sudah berada di kereta sekitar pukul 20.00 tapi kita masih rusuh menaikkan koper ke atas dan mencari tempat duduk sesuai tiket. Kereta berangkat jam 20.30 dan kita baru boleh tukeran tempat sesuai dengan teman yang kita mau. Saya duduk sebelah ara dan depan saya khadeeja dan nabila. Kereta kita bernama Argo Lawu. K

ereta kita menuju ke solo terlebih dahulu. Saat perjalanan kita makan Hokben lalu kita masih ngobrol sampai jam 10.30 dan setelah itu kita semua sudah tidur. Saya kebangun pada pukul jam 03.15 pagi karena khadeeja, nabila dan ara sudah bangun. Setelah itu saya menggosok gigi sekalian cuci muka di kamar mandi kereta agar tidak terlalu terburu-buru saat sudah sampai.

Setelah itu saya sholat subuh dan membereskan tas lalu kembali istirahat di tempat duduk. Pada jam 04.30 sudah dibangunkan untuk siap-siap karena 15 menit lagi sudah mau sampai. Setelah kita sampai kita langsung naik ke bis dan pergi sarapan di restaurant taman sari sekalian bersih-bersih.

Di taman sari resto kita ganti baju batik dan sarapan lalu saat udah selesai kita langsung menuju ke tujuan pertama yaitu ke museum sangiran. Di museum sangiran kita foto kelas dan juga membuat video apa saja yang ada di dalam museum sangiran.

Museum sangiran isinya seperti manusia purba pada jaman dahulu. Setelah dari museum sangiran kita menuju masjid Agung untuk melaksanakan sholat dzuhur sekalian di jamak Ashar. Setelah selesai sholat kita makan kfc di bus sambil perjalanan ke PT.Sritex (Sri Rejeki Isman). Sesampai disana kita disambut dengan salah satu karyawan yang kerja di PT.Sritex tersebut dan kita juga melihat pabriknya. Kita juga pergi ke toko belanjaannya disana dijual berbagai macam baju dan juga bahan-bahan