Mohon tunggu...
chatarina lia
chatarina lia Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Teks Dalam Multimedia

5 Februari 2018   00:12 Diperbarui: 18 Februari 2018   22:34 7043
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Banyak definisi tentang multimedia, apalagi jika kita mencarinya dalam internet yang dianggap "serba tahu". Secara singkat, multimedia berasal dari kata, multi (latin nouns) yang berarti banyak; bermacam macam. 

Sedangkan kata medium (latin) adalah sesuatu yang dipakai untuk menyampaikan atau membawa sesuatu. Dapat disimpulkan bahwa mutimedia ialah penggunaan beberapa media baik cetak maupun online yang digabungkan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik, animasi mapun video.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:

1. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)

2. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick,

1996)

3. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini

dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan

gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

4. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif

yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin

dan Linda, 2001)

5. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah:

pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks,

grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan

pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

Kategori dalam Multimedia

Multimedia linier

  • Konten aktif linier berkembang tanpa control navigasi untuk pemirsa
  • Contohnya sinematografi

Multimedia non linier

Konten non linier menawarkan interaktivitas pengguna untuk mengendalikan kemajuan seperti yang digunakan dengan permainan computer.

Contohnya hypermedia

Teks dalam Multimedia

Ketika kita ingin menulis atau menginginkan sebuah informasi, tentunya kita harus mencari sumber yang kredibel sehingga informasi tersebut dapat dipercaya. Mencari sumber yang kredibel tentunya tidaklah sulit jika dilakukan di masa sekarang, karena internet sudah merajalela. Salah satunya berbentuk tulisan atau yang biasa kita sebut dengan teks.

Teks yang dapat diartikan kesatuan bahasa yang memiliki isi dan bentuk, diwujudkan melalui tulisan, disampaikan oleh pengirim guna menyampaikan pesan kepada penerimanya.

Sebuah teks sangat penting untuk memberikan kesan atau makna secara menyeluruh apabila elemen yang lain gagal dalam memberikan makna. Misalnya makna yang ada dalam gambra tanpa tulisan. Tidak semua orang memahami makna yang dimaksud dengan gambar tersebut tanpa tulisan.

Jenis -- jenis Teks

Plain teks

Teks berupa informasi yang tidak membutuhkan proses formatting khusus berupa ASCII dengan 7 -- 8 bit.

Contoh : teks pada notepad format file *.txt

                  Typeface Courier New

Biasanya digunakan dalam bidang IT. Peranan plain teks dalam produk multimedia tampak pada pre-produksi penulisan skenario/script/ naskah berbagai jenis film (mungkin terinspirasi pada zaman menggunakan mesin ketik).

Rich Text

Teks yang bisa diedit, diformat, diubah ukuran, warna, jenis huruf, serta efek khusus. Biasanya digunakan dalam penulisan naskah formal atau desain. Contoh : dokumen di MS Word, browser Corel Draw, buku di Indesign, dsb. Juga sering disebut Formatted Teks. Peranan Rich Teks dalam produk multimedia, tampak pada inforasi dalam iklan  (Komesial dan ILM). Informasi dalam media interaktif (presentasi, game, pembelajaran, company profile) serta informasi pada web. Khusus pada media interaktif dan website, penggunaan rich teks lebih tepat menggunakan typeface SAN SERIF karena memberikan kesan bersih, legibility dan readibiltyyang tinggi mengurangi kelelahan pada mata saat menatap layar.

Hyper Text

Teks yang mengandung navigasi kea rah tertentu (halaman, file, aplikasi) biasanya disebut sebagai LINK. Jenis HTML -- XML

Contoh : link website, tombol, dll

(Ditemukan oleh Ted Nielsen 1965)

Pedoman / Aturan penggunaan teks, khususnya Rich dan Hyper Text :

  • Gunakan typeface, warna dan ukuran yang bersesuaian
  • Pastikan teks tersebut mudah dibaca dan dikenali
  • Menjaga konsistensi penggunaan typeface (maks 3 type)
  • Pastikan typeface yang digunakan tersedia pada system computer lain

Label Text

Static text

Digunakan sebagai materi utama dalam web, media inteaktif atau iklan. Static text memiliki ciri khas seperti Rich dan Hyper Text. Contoh : informasi dalam web, running text dalam company profile, teks pada tombol.

Dynamic Text

Digunakan untuk menampilkan informasi yang dapat berubah sewaktu -- waktu. Contoh : scoe game, penunjuk waktu, dan visitor counter pada web

Input text

Biasanya digunakan dalam website login atau high score pada game yang diketikkan pada kolom yang tersedia. Contoh : input teks pada kolom search, username, dan password

Dunia multimedia tidak hanya sebatas teks saja, namun tanpa teks tidak semua manusia bisa mendapatkan informasi yang akurat.

<iframe width="undefined" height="undefined" src="http://www.powtoon.com/embed/c9yVUPowILX/" frameborder="0"></iframe> 

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun