Mohon tunggu...
Sirilus
Sirilus Mohon Tunggu... Guru - pencinta budaya terutama budaya Manggarai dan filsafat. Juga ingin studi antropologi.

Saya ingin mengajak kaum muda untuk melestarikan budaya kita. Ini adalah harta kekayaan kita yang berharga. Saya juga peduli dengan peristiwa yang terjadi di masyarakat. Untuk itu subscribe chanel youtube saya :motivasi hidup . Chanel ini berisi musikalisasi puisi dan video mengenai budaya dan daerah wisata.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Mama Memasak Daging Ayam dan Telur dengan Cinta

16 Desember 2020   21:01 Diperbarui: 16 Desember 2020   21:09 183
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mama pandai memasak. Masakannya laris dimakan oleh penghuni rumah. Tidak ada yang tersisa kalau mama memasak daging ayam. Mama memasak selalu dengan penuh cinta. Pokoknya daging olahan mama rasanya enak sekali. Saat mama mulai memasukkan bumbunya rasa lapar pun mulai ada. Rasa ingin segera makan dan menghabiskan lauk yang ada.

Saya sendiri merasa bahwa mama memiliki rahasia atas masakannya. Rahasia itu yang membuat kami sekeluarga ketagihan dengan masakan daging ayam olahan mama. Mama pun juga selalu menyediakan telur untuk kami anak-anaknya. Telur yang diolah mama cukup sederhana. Saya selalu merindukan telur hasil olahan mama.

Mama saya memang hanya mengenyam pendidikan sekolah dasar, itu pun tidak mendapatkan ijasah. Dia sekolah hanya sampai kelas 2 SD. Akan tetapi soal masakan mama seperti sudah pernah mengenyam pendidikan di bidang masakan. Saya memberi gelar kepada mama sebagai profesor dalam mengolah daging ayam.

Mama mengerti akan pentingnya gizi dan kesehatan bagi anak-anaknya. Sekali seminggu mama selalu memasak daging ayam buat kami sekeluarga dan dua kali seminggu mama selalu menyediakan telur untuk lauk sarapan. Mama tahu bahwa nutrisi yang baik untuk pertumbuhan adalah dengan anak mengonsumsi daging ayam dan telur.

Mama saya selalu mengatakan bahwa waktu saya kecil mama selalu memberi saya telur dan tujuannya menurut mama adalah agar saya dapat tumbuh sehat.

Ada satu hal yang spesial menurut pengetahuan mama, yaitu memberi saya telur puyuh agar saya dapat cepat bicara. Entah ini benar atau tidak dalam dunia kesehatan, mama saya berprinsip seperti itu bahwa telur puyuh akan membuat anaknya cepat bicara.

Saya pernah bertanya kepada mama mengenai rahasia masakannya. "Ma, apa sih rahasia olahan daging ayamnya mama? Mama tersenyum mendengar pertanyaan saya ini, dan dia bertanya balik ke saya, pentingkah pertanyaan itu diajukan? Saya mengatakan kepada mama, penting sekali mama, sebab suatu saat nanti saya ingin membuat masakan yang enak juga untuk anak-anak saya.

Mama saya pun mengatakan bahwa ada beberapa rahasia yang dapat membuat masakan daging ayam olahan mama terasa enak. Mama memberitahukan enam langkah membuat olahan daging ayam disukai oleh anak-anaknya dan keenam langkah itu adalah:

            Pertama, memasak dengan penuh cinta. Mama selalau memasak dengan penuh cinta. Setiap kali memasak mama selalu mengungkapkan dalam hati, "Semoga anak-anak menyukai masakanku". Dengan berprinsip memasak dengan penuh cinta ini mendorong mama untuk memahami selera anak-anak. Cinta membuat mama mampu mengolah daging ayam menjadi daging ayam spesial untuk anak-anaknya.

            Kedua, mama mengolah daging ayam dengan bumbu yang sederhana. Mama menyediakan bumbu-bumbu seperti serai, kunyit, halia, bawang merah, bawang putih, dan garam.

            Ketiga, mama mencampurkan bumbu-bumbu itu menjadi satu dengan takaran yang pas. Oleh karena itu, mama penuh hati-hati memasukkan takaran bumbunya. Kunyitnya seberapa besar, bawang merah dan putih berapa biji dan lain-lainnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun