Mohon tunggu...
Charles Yohanes Olin
Charles Yohanes Olin Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Penerima Beasiswa Unggulan Kuliah 100% Dari Kemendikbud. Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti, Jakarta Selatan. Jurusan Perhotelan

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Berdoa Sambil Berwisata "Gua Santa Maria Bitauni"

23 Juli 2020   19:20 Diperbarui: 12 Agustus 2020   15:50 527
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Foto by Charles Y. Olin

Hallo Sobat Pembaca, Saya Charles Yohanes Olin mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti jurusan Perhotelan, dan saya adalah penerima Beasiswa Unggulan 100% dari Kemendikbud.

Kali ini saya akan mengajak kalian untuk mengenal salah satu tempat ziarah yang menarik dan cocok sekali bagi kalian para pencinta wisata religius. Tempatnya adalah di Gua Santa Maria Bitauni.

LOKASI

Gua Santa Maria Bitauni terletak di Desa Ainiut B, Kecamatan Insana, Kiupukan, Kabupaten Timur Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Gua ini merupakan sebuah gua alam yang ada di bukit bitauni, dan gua ini berjarak kurang lebih 28km dari Kefamenanu, Ibu kota Kabupaten Timur Tengah Utara.

SEJARAH

Gua yang sekarang ini merupakan tempat ziarah dan berdoa bagi umat Katholik di Keuskupan Atambua dan sekitarnya, dulunya merupakan benteng batu lokasi persembunyian untuk suku-suku tertentu, saat masih terjadi perang antar suku di wilayah Timor.

Seiring berjalannya waktu Gua ini ditemukan lagi oleh Pastor Petrus Noyen, SVD dan Pastor Arnoldus Verstralen, SVD. Sejak kedatangan kedua Misionaris asal Portugis tersebut Agama Katholik mulai berkembang disana.

Sebelum meninggalkan Bitauni kedua Pastor tersebut menitipkan sebuah Patung Bunda Maria yang terbuat dari kayu pada satu Keluarga untuk disimpan didalam Gua. Namun lama-kelamaan patung tersebut hilang dan tidak pernah ditemukan lagi. Diperkirakan patung tersebut hilang karena perdagangan barang antik karena bentuknya yang unik apalagi karena terbuat dari kayu.


Pada tahun 1920 datang lagi seorang Pastor bernama  Yohanes Smit, SVD. Dan sebelum meninggalkan Bitauni pada tahun 1936, Pastor tersebut menempatkan sebuah Patung Bunda Maria di dalam Gua. Dan sampai sekarang patung tersebut masih tersimpan dan terpelihara dengan baik.

Foto by Charles Y. Olin
Foto by Charles Y. Olin

Untuk mencapai Gua Santa Maria Bitauni, kalian harus menaiki beberapa anak tangga dan saat kalian memasuki Gua Bitauni, kalian bisa saja menabrak burung walet yang berterbangan keluar masuk dari dalam gua. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun