Dalam pembelajaran, diperlukan bagi guru dalam mengimplementasikan perkembangan fisik, kognitif, dan sosio emosional. Dengan perkembangan siswa yang di fahami guru akan dapat memberikan metode dan pendekatan pembelajaran yang tepat bagi siswanya sehingga perkembangan fisik, kognitif, dan sosio emosionalnya dapat bekerja dengan baik. Perkembangan fisik, kognitif, dan sosio emosional dapat diberikan dengan adanya pendekatan konstruktivitas, pembelajaran kelompok, dan pembelajaran pengaturan diri serta juga dapat dikembangkan melalui ekstrakuliluler yang ada di sekolah.Â
Dalam perkembangan fisik remaja, pada pertumbuhan sistem-sistem organ tubuh lebih tinggi kematangannya dan pertubuhan badan tingkatannya bertambah. Dalam perkembangan kognititf, remaja mengalami tahapan operaasional formal, yaitu pada tahapan ini remaja mampu membayangkan situasi rekaan, kejadian hipotesis, proposisi abstrak, mengolah pikiran dengan pemikiran logis. Dalam perkembangan sosio emosional, remaja berusaha mengenali diri dalam menjalani hidup, yang disebut indentity versus identity confusion dan mulai berfikir tentang sekelilingnya kemudian mengapresiasikan emosinya baik dalam tingkah laku ataupun yang lain.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H