Tujuan Pembelajaran Khusus:
CGP mampu menghubungkan materi modul ini dengan modul-modul yang didapatkan sebelumnya.
Kesimpulan Materi:
Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya
Jika sekolah diibaratkan sebagai sebuah ekosistem, sekolah adalah sebuah bentuk interaksi antara faktor Biotik (unsur yang hidup) dan Abiotik (unsur yang tidak hidup) saling berinteraksi antara satu sama lainnya, sehingga mampu menciptakan hubungan yang selaras dan harmonis.
Sekolah Sebagai Ekosistem Pendidikan :
yang termasuk dalam Biotik yaitu:
- Murid
- Kepala Sekolah
- Guru
- Staf/ Tenaga Kependidikan
- Pengawas Sekolah
- Orang Tua
- Masyarakat Sekitar Sekolah
- Dinas Terkait
- Pemerintah Daerah
Sedangkan, yang termasuk dalam Abiotik yaitu:
- Keuangan
- Sarana dan Prasarana
- Lingkungan Alam
A. Deficit Based - Approach (Pendekatan Berbasis Masalah)
- Fokus pada masalah dan isuÂ
- Berkutat pada masalah
- Selalu bertanya apa yang kurang
- Fokus mencari bantuan dari sponsor atau institusi lain
- Merancang program (Proyek) untuk menyelesaikan masalah
- Mengatur kelompok yang dapat melaksanakan proyek
B. Asset Based - Approach (Pendekatan Berbasis Asset)
- Fokus pada aset dan kekuatan
- Membayangkan masa depan
- Berpikir kesuksesan yang telah diraih dan kekuatan untuk mencapai kesuksesan tersebut
- Mengorganisasikan kompetensi dan sumber daya (aset kekuatan)
- Merancang rencana berdasarkan visi dan kekuatan
- Melaksanakan rencana aksi yang sudah diprogramkan