Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternative yang tepat dalam mengambil keputusan. Fungsiutama evaluasi dalam hal ini adalah menyediakan informasi-informasi yang berguna bagi pihak decision maker untuk menentukan kebijakan yang akan diambil berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan. Arikunto, (2004:1).
Tujuan evaluasi adalah proses penentuan nilai atau harga dari data yang terkumpul. Pemberian pertimbangan mengenai nilai dan arti tidak dapat di lakukan secara sembarang, oleh karenanya evaluasi harus dilakukan berdasarkan prinsip-prinsip tertentu. Amir, (2010:2).
Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga permainan yang sangat dikenal dan digemari masyarakat diseluruh dunia. Demikian juga di Indonesia, permainan ini dikenal dan dimainkan oleh sebagian besar lapisan masyarakat mulai dari anak-anak, remaja maupun orang tua, bahkan para wanitapun menggemari dan memainkan.
Pembelajaran sepak bola, kita mengenal aspek-aspek yang perlu dikembangkan. Seperti aspek psikomotor, yang meliputi kemampuan fisik dan keterampilan. Unsur- unsur kondisi fisik yang dapat dikembangkan melalui olahraga sepakbola seperti, kekuatan, kecepatan, kelincahan, daya tahan dan lainnya. Sedangkan aspek skill, sepak bola tergolong pada jenis olahraga yang memiliki keterampilan terbuka.
Evaluasi pada dasarnya sangat dibutuhkan dan mempunyai peran yang penting dalam mengetahui keberadaan tingkat keterampilan bermain sepak bola pada atlet.
1. Dari aspek apa penilaian keterampilan dasar terhadap atlet sepak bola?
 Yaitu dari aspek Teknik-teknik yang tergolong sebagai foundation (dasar) tersebut merupakan menu latihan yang paling mendasar atau paling rendah tingkatnya. Latihan-latihan teknik itu ditujukan untuk mengembangkan keterampilan dasar yang diperlukan oleh semua pemain, namun menu latihan ini tidak ditujukan untuk menghadapi kondisi pertandingan yang sesungguhnya.
2. Bagaimana cara menilai keterampilan dasar atlet sepak bola?
Sebelum dilaksanakan penilaian terlebih dahulu mempersiapkan segala sesuatu yang diperlukan atau menyangkut dengan kelancaran penilaian. Setelah tersedianya alat dan perlengkapan yang lengkap, kemudian diberikan pengarahan adalah tes tehnik keterampilan bermain sepak bola.
Keseluruhan rangkaian pelaksanaan pengumpulan data penilaian yaitu berupa kuantitatif atau data bentuk angka dan diolah secara statistik kedalam bentuk kualitatif untuk mencari tingkat keterampilan atlet langsung dari tes keterampilan dasar bermain sepak bola yaitu tes memainkan bola dengan kepala (heading), menyepak dan menghentikan bola (passing dan stopping), menggiring bola (dribbling), menendang bola ke sasaran gawang (shooting), lemparan bola (throw in), sentuhan terhadap bola (running with the ball).
3. Bagaimana evaluasi dari tes keterampilan dasar sepak bola tersebut?