Dusun Rejopuro, Desa Kampunganyar memiliki potensi dalam pembudidayaan ikan koi. Hal ini dapat dilihat dari mudahnya dijumpai kolam ikan koi yang berada di sudut-sudut pemukiman warga. Selama ini, pemasaran ikan koi yang dilakukan hanya sekadar menjual di daerah Wisata Jopuro dan daerah sekitarnya melalui promosi media sosial Facebook. Menelaah kondisi tersebut, mahasiswa KKN UM membuat program kerja terkait sosialisasi pemasaran ikan koi melalui e-commerce.
 Kegiatan sosialisasi ini dilakukan pada hari Rabu (30/06/2021) pada pukul 19.30 WIB di rumah Bapak Heri sebagai salah satu dari pembudidaya ikan koi yang ada di Dusun Jopuro. Acara ini dihadiri oleh para pembudidaya ikan koi lainnya di Dusun Rejopuro. Saat ini, E-Commerce menjadi salah satu sarana terbaik dalam pemasaran berbagai produk. Sosialisasi pemasaran ikan koi dimoderatori oleh Isna Lutfiana, dilanjutkan pemaparan materi oleh Zakiy Zainul Amin. Materi yang disampaikan dalam sosialisasi ini adalah keunggulan penggunaan e-commerce untuk memberikan gambaran awal bentuk aplikasi tersebut. Kemudian pemateri menjelaskan tahapan cara membuat akun penjualan di e-commerce.
Pembuatan akun penjual melalui aplikasi e-commerce menjadi tindaklanjut dalam kegiatan sosialisasi ini. Pendampingan dilakukan oleh mahasiswa KKN UM Desa Kampunganyar. Protokol kesehatan di masa pandemi COVID-19 tetap diterapkan secara ketat dalam acara sosialisasi ini seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menggunakan hand sanitizer. Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan pembudidaya ikan koi di Dusun Rejopuro dapat memasarkan ikan koi dengan cakupan pasar yang lebih luas dan lebih meningkatkan perekonomian masyarakat Dusun Rejopuro.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H