Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Hallo teman,,,,, kembali lagi ,,,,, hehehehhe
Untuk menilai keberhasilan suatu kegiatan atau program, memang harus tampak nyata dihadapan penglihatan kita. Entah itu program kecil ataupun program besar harus diukur keberhasilannya, dengan apa kita mengukur ?????,,,,,,, dengan kegiatan evaluasi. Begitu juga dengan Bimbingan dan Konseling, harus diadakannya evaluasi, agar kita mengetahui kekurangan kita dan apa saja program yang belum dijalankan. Â Tentunya sebelum kita melakukan evaluasi tentunya kita harus lebih tahu seputar evaluasi, bagaimana tahap-tahap evaluasi, dan masih banyak lagi.
Evaluasi dalam Bimbingan dan konseling adalah upaya/usaha, untuk menilai bimbingan dan tujuan kita dalam melakukan bimbingan  tertersebut.
Ada dua tujuan dalam evaluasi BK. yang pertama, tujuan umum, maksudnya disini ketercapaian pelaksanaan Bimbingan dan Konseling. Yang kedua, tujuan Khusus, maksudnya ialah ketercapaian butir-butir program layanan BK, misalnya : program pengumpulan data, kegiatan bimbingan karir, konseling individual, konseling kelompok, dan lain-lainnya.
Fungsi Evaluasi Bimbingan dan Konseling itu apa ?,,,,,,, untuk memberikan umpan balik kepada guru pembimbing ( konselor ), untuk memperbaiki atau mengembangkan program serta kegiatan Bimbingan dan konseling , serta juga melaporkan atau memberi tahu tentang perkembangan sikap, perkembangan kognitif, perkembangan mental, perkembangan potensi siswa.
Aspek apa saja yang haru dievaluasi ?
Ada dua penilaian disini, pertama penilaian proses, yang kedua penilaian hasil. Penilaian proses dimana keefektifan proses bimbingan dan konseling, dimana kita tidak berlarut-larut dalam proses bimbingan step by step dengan strategi yang baik, serta penilaian hasil ini keefektifan hasil bimbingan dan konseling. Aspek-aspek yang perlu dievaluasi sendiri, yakni kesesuaian program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling, keterlaksanaan program, apa saja hambatan dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling tersebut , dampak bimbingan terhadap kegiatan belajar siswa, bagaimana respon siswa, personil sekolah, orang tua serta masyarakat, serta perubahan-perubahan apa saja yang terjadi pada siswa setelah bimbingan dan konseling dilaksanakan.
Bagaimana langkah-langkah dalam evalusi bimbingan dan konseling ?
yang pertama, menyusun rumusan masalah atau pertanyaan-pertanyaan yang terkait dengan aspek-aspek yang telah kita bahas diatas. Yang kedua, mengembangkan instrumen pengambilan data seperti angket, inventori, pedoman wawancara, dan masih banyak lagi. Yang ketiga, mengumpulkan dan menganalisis data dengan tujuan untuk mengetahui program mana saja yang sudah atau belum terlaksana dan program mana yang hasilnya maksimal dan kurang maksimal. Yang keempat, memperbaiki program yang kurang tepat maupun dengan menambah atau mengurangi atau bhkan mengubah suatu hal, yang bisa menambah keefekifan suatu program.