Dalam organisasi tentunya kita harus mempunyai skill dalam mengelola sebuah organisasi. Agar organisasi itu dapat linear dengan tujuan yang harus dicapai oleh organisasi itu sendiri. Istilah pengelolaan sendiri merupakan merupkan pengertian istilah dari management ( inggris ). Dan dalam kegiatan konseling tentunya ada tujuan yang harus dicapai antara konselor dan klien tentunya,yang  bekerja sama dalam tercapainya tujuan tersebut.
Fungsi manajemen dalam BK ada empat : yang pertama, Perencanaan ( P ), Pengorganisasian ( O ), Pelaksanaan ( A ), Pengontrolan ( C ). POAC ini sangat berpengaruh sekali dalam proses konselor yang mempunyai klien bermasalah. Arah POAC dalam bimbingan dan konseling
Perencanaan, Bagaimana konselor membuat perencanaan layanan dan kegiatan pendukung, mulai dari membuat program tahunan, semesteran, bulanan, dan mingguan sampai dengan harian.
Pengorganisasian, Bagaimana konselor mengorganisasikan berbagai unsur dan sarana yang akan dilibatkan di dalam kegiatan. Unsur-unsur ini meliputi unsur-unsur personal (seperti peranan pimpinan sekolah, wali kelas, guru, siswa, orang tua), sarana fisik dan lingkungan (seperti ruangan dan mobiler, alat bantu seperti komputer, film, dan objek-objek yang dikunjungi), urusan administrasi, dana, dan lain lain.
Pelaksanaan, Bagaimana konselor mewujudkan dalam praktik jenis-jenis layanan dan/atau kegiatan pendukung melalui SPO masing-masing kegiatan yang telah direncanakan dan diorganisasikan.
Pengontrolan, Bagaimana konselor mengontrol praktik pelayanannya dalam bentuk penilaian hasil dan proses kegiatan serta mempertanggungjawabkannya kepada stakeholders. Kegiatan ini melibatkan peran pengawasan dan pembinaan baik dari pihak interen maupun eksteren satuan pendidikan, serta organisasi profesi.
Organisasi sendiri dalam manajemen BK juga sangatlah penting, karena organisasi sendiri adalah koordinasi rasional dari segala  aktivitas sejumlah orang, yang tentunya sejumlah orang itu juga sama mempunyai tujuan untuk menyelesaikan masalah klien.
Ada beberapa program dalam pengembangan layanan BK , diantaranya :
Layanan dasar, program yang secara umum dibutuhkan oleh seluruh siswa pertingkatan kelas
Layanan responsif, program yang secara khusus dibutuhkan untuk membantu para siswa yang memerlukan layanan bantuan khusus
Layanan perencanaan individual, program yang mefasilitasi seluruh siswa memiliki kemampuan mengelola diri dan merancang masa depan,
Dukungan sistem, kebijakan yang mendukung keterlaksanaan program, program jejaring baik internal sekolah maupun eksternal
Rencana operasional kegiatan
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H